Dua  anggota club senam erobik mengunggah dokumentasi acara rekreasi ke pantai.Emak A mengunggah 30 foto dengan diberi caption ‘simpen disini aja’.Â
Emak B menggungah video durasi 30 detik  dengan narasi sejak awal keberangkatan,tiba di lokasi,suasana pantai,dan saat pulang.
 Siapakah diantara  dua emak tersebut yang memenuhi kriteria konten kreator?
Kalau  kriterinya adalah banyak-banyakan posting foto di media sosial maka ibu-ibu arisan di komplek rumahku pasti langsung dapet nominasi  sebagai contributor teraktif.
Untungnya jadi konten kreator itu tidak sesederhana yang kamu bayangkan Markonah.Â
Konten yang bermanfaat  pasti akan menarik
Influencer yang sudah punya team creator dan  perlengkapan ngonten yang cangih tentu akan lebih mudah membuat konten yang menarik secara visual. Terus gimana dengan pejuang konten seperti diriku yang cuma modal HP dan doa?Â
Jangan putus asah bestie, karena nilai menarik dan bermanfaat itu relative banget. Lagi pula konten creator itu idelanya adalah orang yang  membuat sesuatu yang biasa aja menjadi luar biasa banget.Â
Gunakan apapun yang kamu punya saat ini lalu buatlah konten sebagus yang kamu bisa.Â
Contohnya, selama Ramadan kemarin aku ingin bikin konten kebutuhan hari raya. Yang upload tutorial bikin kue lebaran udah banyak. Apalagi konten OOTD baju lebaran malah lebih banyak lagi.
Kira-kira apa  belum banyak digarap. Gimana kalau harga sayur-mayur dan kebutuhan dapur lainnya?
Konten Kreator Membuat Hal Biasa Menjadi Luar Biasa
Orang-orang pasti ingin tahu kira-kira berapa harga buncis atau santan kelapa untuk bikin kuah lontong lebaran nanti. Akan sangat membantu kalau ada informasi harga sembako sebelum mereka pergi berbelanja.Â
Baiklah, pamit dari rumah untuk belanja mingguan sampai di pasar langsung disambi membuat konten sembako.
Sambil menunggu  Ibu penjual ayam menimbang dan memotong,aku bertanya perkiraan kenaikan harga ayam potong pada H-1.Â
Begitu juga waktu lewat di lapak penjual santan  kelapa,aku mendekat dan bertanya berapa banyak stok mereka untuk menghadapi hari raya.
Keuntungan kita  membuat konten pada bidang yang kita kenal dengan baik itu banyak. Antara lain :
Lebih mudah mendapat informasi karena sebelumnya  sudah mengenal para pedagang.
Lebih cepat mendapakan sudut yang bagus untuk mengambil foto/video karena sudah tahu  spot-spot foto menarik di lokasi itu
Informasi yang disampaikan lebih akuratÂ
Tentu saja aku tidak langsung upload konten dari  tengah pasar. Beberapa bagian perlu di edit dan dilengkapi text agar informasi yang dapat diterima dengan baik.
Selain tidak aman,aku juga amat fanatik dengan  Internet Provider yang sudah terbukti cepat,stabil dan tahan cuaca seperti IndiHome dari Telkomsel Indonesia***Rahma Dona Palembang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H