Pemuda.. itu, harus cakap disegala bidang. Akademik okee.. Good Attitude.. and then have a good Skill.
Selain pemuda harus pintar, melek isu, Pemuda juga harus bisa berbicara di depan UMUM.. Yapp.. Public Speaking, Publik Relation..
Pada PKMU I, kami.. Para peserta PKMUNJ telah mendapat beberapa materi diantaranya;
- Management Isu dan Opini Public
- Rekayasa Sosial
- Counter Intelligence
Namun, belum lengkap rasanya.. bila materi Public Relation terlewatkan begitu saja.
Dengan diisi oleh pembicara Super.. Dosen Teknik Elektro UNJ yang dulunya pernah menjabat sebagai KaDept SosPol BEM UNJ (Dulu IKIP) pada tahun tahun sulit yaitu tahun 98.
- Kamis, 14 Juli 2016 –Rangkaian PKMU II hari ke-1
Bertempat di Kampus B UNJ, Ruang 1.6 – 1.7 (Pukul 08.00 – 17.00 WIB)
PUBLIC RELATION
Oleh : Muhammad Yusro (Dosen Teknik Elektro UNJ)
Moderator : M. Hafizh
Ada pepatah yang mengatakan bahwa…”The silent is gold” yaa itu benar, namun apakah pepatah tersebut berlaku untuk semua keadaan? Tentu Tidak!!! Diam bukan berarti Netral. Diam adalah Mati. Mati karena membiarkan Nuraninya memilih suatu pilihan maupun menyuarakan kebenaran. Karena sesungguhnya aktivitas Organisasi tidaklah melemahkan aktivitas Akademik.
Maka setiap dari kita harus melakukan PR (Public Relation). Karena secara tidak langsung segala aktivitas kita sehari-hari pastilah.. pernah melakukan Public Relation untuk suatu kepentingan tertentu.
Kemudian, apa itu definisi dari Public Relation?
Public Relation : Orang yang bisa berinteraksi dengan orang lain, baik internal maupun eksternal. Aktivitas mengelola informasi antar organisasi dan publik. Suatu hal yang bertujuan untuk memikirkan, merencanakan, menjaga untuk membangun rasa saling pengertian di Organisasi. Dengan mencurahkan daya / kemampuan agar pekerjaan suatu organisasi.
PR juga dilakukan untuk mengidentifikasi opini, persepsi, dan tanggapan masyarakat. Dan PR merupakan suatu pekerjaan uatama dalam suatu perusahaan/organisasi. Karena tanpa PR suatu perusahaan maupun organisasi sulit terkenal (publikasi/branding).
Kemudian Apa perbedaan PR dengan marketing dan adverticing ?
- Marketing : bersifat promosi untuk dirinya sendiri
- Adverticing : Mengiklankan dirinya sendiri
- Public Relation : Bersifat meyakinkan (Trust Me)
Fungsi Public Relation ?
- Memberikan Penerangan
- Melakukan persuasi untuk merubah sikap
- Meyakinkan masyarakat
Publish = Branding
5 hal untuk menjadi PR yang handal ;
- Kemampuan berkomunikasi
- Kemampuan untuk mengorganize (mengatur)
- Ability to get on with people
- Berintegritas (Sifat, Sikap, dan Kepribadian yang Positif)
- Imagination (Bisa berimajinasi / berimprofisasi)
Secara keseluruhan, Public Relation merupakan suatu cara yang dilakukan untuk menciptakan citra positif suatu perusahaan maupun organisasi dengan meyakinkan (Trust Me) / secara persuasi.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Selanjutnya setelah pemaparan materi dari bapak M.Yusro, selanjutnya adalah mengimplementasikan materi materi yang telah di dapat selama PKMU mulai dari PKMU I hingga PKMU II yaitu;
- Management Isu dan Opini Public
- Rekayasa Sosial
- Counter Intelligence
- Public Relation
Kedalam Sosial Drama mengenai 4 isu yang sedang hangat dimasyarakat, yaitu
- Reklamasi
- Bom Sarinah
- Vaksin Palsu
- Tax Amnesti
Peserta PKMU yang hadir dibagi kedalam 4 kelompok besar yang nantinya akan memerankan SosioDrama mengenai isu yang telah diberikan agar menyelipkan keempat materi yang telah diberikan, gunanya agar para peserta PKMUNJ dapat menganalisis keempat materi yang telah diberikan dalam suatu paparan isu (kejadian sehari-hari) yang digambarkan dalam SosioDrama.
Ke-empat kelompok isu diberikan waktu 30 menit untuk mendiskusikan masing masing isu yang telah diberikan untuk kemudian membuatnya menjadi sebuah drama yang berisikan keempat materi yang telah diberikan secara tersirat nilai-nilainya dalam sebuah drama yang diperankan. Masing-masing kelompok mempunyai cara dan gayanya masing-masing dalam menampilkan Sosio-Drama tersebut. Dan berakhirnya Sosio-Drama diakhiri dengan kesimpulan secara keseluruhan oleh kak Fakhrunnisa (ica).
Setelah ishoma Ashar, agenda dilanjutkan dengan presentasi penugasan kelompok oleh 3 kelompok tercepat yang ingin memaparkan presentasinya.
Acara PKMU II hari ke-1 berakhir pada pukul 17.00 WIB.
================================================================================================================================
- Jumat, 15 Juli 2016 –Rangkaian PKMU II hari ke-2
Bertempat di Kampus B UNJ, Ruang 1.6 – 1.7 (Pukul 08.00 – 17.00 WIB)
PRESENTASI PENUGASAN KELOMPOK dan DISKUSI UPT
Pada PKMU II hari ke-2, kegiatan full diisi dengan pemaparan penugasan Wawancara Anjangsana ke Badan Eksekutif Mahasiswa dari berbagai Universitas di Jabodetabek, Bandung, dan Banten, yang telah ditentukan oleh panitia. Kunjungan ke Kementrian yang telah di tentukan, dengan konsultasi terlebih dahulu kepada Dosen Ahli dibidangnya masing masing.
Dan yang terakhir adalah diskusi bersama mahasiswa (penyebaran angket, dsb) yang kemudian akan dibawa untuk ditanyanyakan pada lembaga UPT untuk dicari titik temu (solusi) atas suatu permasalahan yang terjadi. Kemudian para peserta PKMU, mendiskusikannya melalui forum besar yang dibagi kedalam dua kelompok besar. Dengan memaparkan hasil konsisi UPT berdasarkan hasil riset, baik survey, wawancara, maupun penyebaran angket yang nantinya didiskusikan untuk dicari solusinya secara bersama-sama.
Selesainya Rangkaian PKMU II ditutup dengan pemaparan kesimpulan hasil diskusi. Dan pengumuman PKMU III (Pengabdian Masyarakat) yang akan dilakukan pada Hari Minggu, 17 Juli 2016.
Sekian~
_DONA DIANISYA_Kelompok 13_
#PKM UNJ 2016
#PemudaYangDirindukanBangsa
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H