Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat saat ini telah mengubah beragam aspek kehidupan masyarakat. Proses pemenuhan kebutuhan hidup yang serba online, transaksi tukar menukar barang yang cepat dan mudah, serta membanjirnya informasi di situs maupun sosial media menuntut adaptasi yang baik termasuk dalam sektor perdagangan dan perbisnisan dalam menyongsong era industri 4.0.
Dalam kancah perbisnisan, setiap perusahaan membutuhkan pengadaan (procurement) untuk mendapatkan barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhannya dalam menunjang aktivitas usaha. Tidak jarang proses pengadaan barang dan jasa yang dilakukan secara manual membutuhkan waktu yang lama dan beresiko tidak transparan.  Ini sangat terasa bagi pelaku usaha berskala kecil atau menengah  yang tidak membutuhkan begitu banyak barang namun proses procurement-nya sama dengan perusahaan besar.
Mengatasi hal ini, 'Mbizmarket' sebagai 'Pionir Solusi Pengadaan Online No 1' hadir sebagai bentuk dari ekspansi strategis dalam bisnis dan skalabilitas yang memudahkan proses pengadaan barang dan jasa berbasis online bagi perusahaan di berbagai skala mulai dari kecil, menengah, hingga besar untuk belanja pengadaan secara online (e-procurement) memasuki era industri 4.0 sehingga tercipta aktivitas usaha yang lebih efektif, efisien, dan transparan. 'Mbizmarket' secara khusus menyediakan solusi terpadu terhadap beragam hambatan dan permasalahan umum yang dialami oleh banyak perusahaan besar dalam proses pengadaan barang konvensional.
Metode procurement sangat penting diperhatikan karena erat kaitannya dengan kegiatan produksi dan operasional perusahaan. Efektivitas nilai perusahaan bisa ditentukan lewat pengadaan barang atau jasa dalam perusahaan tersebut.
Mbizmarket.co.id adalah Business to Business (B2B) marketplace dengan fokus solusi e-procurement yang berguna untuk membantu pengadaan perusahaan secara menyeluruh.
Berbekal pengalaman memiliki keunggulan dalam melayani pengadaan perusahaan skala besar selama 3 tahun, Mbizmarket kini juga melayani segmen industri kecil & menengah atau small medium enteprise (SME).
Apa saja kelebihan Mbizmarket?
- Belanja Pengadaan Lebih Efisien Dengan Sistem Terintegrasi
Mbizmarket.co.id adalah pionir solusi total e-procurement karena berhasil mengubah seluruh proses administrasi dari pengadaan yang rumit menjadi berbasis online, serta mengintegrasikannya ke dalam bentuk B2B marketplace. Efisien, dengan sistem e-procurement, para pelaku usaha dari berbagai skala dapat dengan mudah berkomunikasi dengan vendor penyedia barang atau jasa tanpa harus bertatap muka.
- Pilihan Harga Terbaik dan Kompetitif Dari Ribuan Penjual
Situs Mbizmarket.co.id memastikan perusahaan mendapatkan penawaran produk dengan pilihan harga terbaik dan transparan dari semua penjual terdaftar.
- Transaksi Aman dan Transparan                                                                                                             Kenyamanan saat bertransaksi online melalui fitur yang ada, dimana pembayaran baru diteruskan ke penjual setelah pesanan Anda terima. Terintegrasi dengan payment gateway terpercaya untuk kenyamanan bertransaksi. Akuntabilitas terjaga karena semua transaksi dan aktivitas akan tercatat dengan baik sehingga berguna kala pemilik usaha menyusun laporan pengadaan.                                                          Â
- Efektif dan meningkatkan jaringan bisnis
Bisa melakukan multi login karena penjual dapat menggunakan lebih dari 1 akun untuk mengelola transaksi. Potensi bisnis lebih luas dengan menjangkau banyak pembeli di Mbizmarket.co.id
Mbizmarket.co.id dihadirkan khusus untuk para penjual atau pemilik produk yang ingin mendapatkan banyak keuntungan tanpa harus melalu beragam proses rumit. Dengan platform B2B Marketplace untuk belanja perusahaan, keuntungan berjualan dan jangkauan bisnis menjadi lebih luas sehingga berpeluang meningkatkan omzet bisnis dengan menjadi penjual di Mbizmarket.co.id.
Bagaimana cara bertransaksi di Mbizmarket.co.id ?
1. Daftar atau masuk ke situs Mbizmarket.co.idÂ
  Daftarkan diri dan perusahaan terlebih dahulu agar dapat bertransaksi melalui sistem  Mbizmarket.co.id atau gunakan akun Anda (apabila sudah terdaftar) untuk Masuk
2. Pilih produk yang diinginkan, masukkan ke dalam keranjang belanjaÂ
  Cari produk sesuai kebutuhan bisnis Anda melalui fitur pencarian dengan memasukkan nama produk, atau gunakan navigasi kategori dan subkategori produk yang tersedia.
3. Selesaikan proses belanja dengan membuat permintaanÂ
  Anda dapatkan melanjutkan belanja dengan memilih produk lainnya atau menekan tombol Membuat Permintaan RFQ (Request for Quotations) pada  halaman keranjang untuk menyelesaikan proses berbelanja (periksa kembali pesanan sebelum membuat permintaan).
4. Terima Penawaran (Quotation) dari Penjual
  Pesanan segera diproses dan Anda akan menerima penawaran (quotation) dari Penjual.
5. Setujui penawaran penjualÂ
  Jika penawaran telah sesuai kriteria pesanan, Anda dapat menyetujuinya dengan membuat purchase order (PO).
 6. Tunggu konfirmasi Penjual, terima tagihan dan lakukan pembayaran.
   Pastikan Anda telah menerima konfirmasi dari Penjual Anda terhadap purchase order. Selanjutnya secara otomatis Anda akan mendapatkan dokumen tagihan / invoice dan segera lakukan pembayaran agar penjual kami dapat mengirimkan pesanan.
7. Pesanan anda diterima
Setelah pesanan diterima, harap gunakan fitur Konfirmasi Penerimaan Barang yang tersedia pada sistem Mbizmarket.co.id, agar pembayaran Anda dapat kami teruskan ke Penjual dan memastikan transaksi Anda telah selesai.
Bagaimana Cara Berjualan di Mbizmarket.co.id?
1. Bergabung menjadi Penjual
Setiap calon penjual wajib melakukan pendaftaran untuk bisa bertransaksi melalui sisterm kami. Atau silakan manfaatkan akun Anda jika sudah terdaftar untuk Masuk ke Mbizmarket.co.id.
2. Daftarkan produk untuk mulai berjualan
Telah tersedia ribuan informasi produk pada platform Seller Center Mbizmarket.co.id yang dapat dipilih atau di sesuaikan dengan produk Anda. Penjual hanya perlu memilih produk dan melengkapi beberapa atribut seperti harga, stok, garansi dll.
3. Terima dan konfirmasi permintaan (RFQ) Pembeli
Penjual akan menerima notifikasi apabila ada pesanan atau permintaan dari pembeli. Segera konfirmasi pesanan dengan melengkapi informasi pengiriman dan menekan tombol konfirmasi pada (pada dokumen permintaan RFQ terkait) untuk mengirimkan penawaran (Quotation) Anda kepada pembeli.
4. Pembeli mengirimkan purchase order
Jika penawaran telah diterima dan disetujui oleh pembeli, secara otomatis Anda akan dikirimkan dokumen Purchase Order (PO). Harap lakukan konfirmasi kembali dengan menekan tombol Proses PO agar sistem dapat mengirimkan informasi tagihan kepada pembeli.
Dari uraian di atas, dapat dilihat bahwa Mbizmarket.co.id siap menjadi solusi untuk pengadaan online perusahaan yang menjunjung transparansi, akuntabilitas, penghematan waktu dan biaya.  Di sinilah terlihat, pentingnya memilih e-procurement  sebagai solusi dan strategi pengadaan yang jitu yang berdampak pada performa perusahaan.
Mari bergabung di Mbizmarket untuk mempermudah pengadaan perusahaan Anda.
Tunggu apa lagi ?
b2b marketplace untuk belanja perusahaan adalah solusi nomor 1.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H