Brand Famos Company
Famos Company merupakan sebuah brand yang berwujud agensi desain grafis dan pengelolaan media sosial. Famos Company memiliki slogan "Connecting brands with creative pros" yang menjadi pedoman dalam kegiatannya. Sehingga dengan demikian Famos Company akan selalu berusaha dengan memberikan yang fresh dan unik dalam setiap deliverables-nya.
Famos Company memiliki media online presence yakni melalui akun resmi Instagram. Akun resmi Instagram Famos Company adalah @famoscompany. Akun sosial media Famos Company saat ini dikelola oleh pihak internal Famos Company. Mereka memiliki tim yang berisikan beberapa anggota yang mengelola akun sosial media mereka. Sejauh ini akun media sosial Famos Comapny di Instagram memiliki 2.741 pengikut.
Instagram Bio
Bio akun Instagram berisi nama brand, yakni Famos Company, slogan yang bertuliskan, "Connecting brands with creative pros"; deskripsi layanan yang ditawarkan oleh Famos Company, meliputi branding, desain grafis, manajemen sosial media, serta video dan animasi.
Famos Company, melalui akun resmi Instagram-nya juga menyertakan tautan Linktree yang jika dikunjungi, tautan tersebut akan menampilkan berbagai macam kolom, seperti pendaftaran internship, kanal Youtube, konsultasi gratis, Tiktok, dan lain sebagainya.
Melalui tautan Linktree tersebut, Famos Company telah memberikan beragam informasi yang mungkin dibutuhkan oleh pengunjung akun agar mampu mengenal lebih dalam mengenai perusahaan. Secara umum, informasi yang ditautkan pada bio Instagram Famos Company sudah cukup infromatif dan jelas.
Instagram Highlight
Dalam akun resmi Instagram-nya, Famos Company memiliki 4 highlight story. Keempat highlight tersebut masing-masing berjudul Post A Picture, Intern Club, Branding Case, dan Eid Holiday. Keempat highlight tersebut memberikan sedikit gambaran mengenai peristiwa yang terjadi di dalam Famos Company. Salah satu yang memberikan gambaran yang jelas adalah highlight yang berjudul Intern Club, yang menunjukkan suasana internship di Famos Company.
Secara umum, highlight yang diberikan kurang menggambarkan identitas Famos Company, karena sedikit postingan yang menyertakan anggota atau crew dari Famos Company.
Instagram Feeds
Hingga artikel ini ditulis, postingan Instagram Famos Company berjumlah 127 postingan yang terdiri dari single post, multiple post, dan motion graphic post. Dalam setiap postingan yang diunggah, Famos Company (social media manager) memperhatikan tema, gaya, dan warna. Terlihat jelas bahwa postingan-postingan yang diunggah memiliki kesemaan tone warna dan gaya.
Gaya yang konsisten terlihat dari bahasa yang digunakan baik dalam postingan maupun dalam caption yang disertakan. Begitu pula dengan ilustrasi yang digunakan. Sebagian besar memiliki pola dan jenis ilustrasi yang sama, yakni flat ilustration. Pada bagian postingan Instagram ini, Famos Company berhasil membuat identitas akun Instagram yang konsisten dan jelas.
Namun demikian, rupanya enggagement yang ada dalam rata-rata postingan terbilang rendah. Sebagian besar postingan yang diunggah hanya disukai oleh kurang dari 50 akun; dan jumlah komentar yang ada sebagian besar adalah 0.
Dalam bagian ini, social media manager Famos Company, perlu bekerja lebih untuk mendapatkan traksi enggagement yang lebih kuat terhadap pengunjung atau pengikut. Mungkin dengan memodifikasi jenis konten dan memberikan konten yang attractive secara isi mempu membantu peningkatan traksi.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan akun media sosial Famos Company di Instagram cukup baik. Dari segi kualitas tampilan postingan sudah baik dan konsisten, namun perlu ditingkatkan dari segi kualitas isi (pesan) postingan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H