Search engine optimization (SEO) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan jika ingin situs webmu berada pada halaman pertama di mesin pencari.Â
Dengan demikian, seseorang dapat dengan mudah menemukan situs web Anda. Mungkin dalam kasus lain Anda memerlukan pelanggan untuk berkunjung ke halaman situs web Anda.
Dalam artikel singkat ini, Anda akan mengetahui bagaimana keyword dalam situs web Anda dapat menempatkan situs web Anda di atas indeks pencarian.Â
Secara keseluruhan setidaknya terdapat tiga hal yang dapat Anda lakukan, antara lain research kata kunci dan memilih kata kucni.
1. Keywords Research
Penelitan (research) mengenai kata kunci dapat menjadi langkah awal dalam menentukan kata kunci. Â Hal tersebut penting karena kata kunci menjadi fungsi dasar dalam search engine optimization.Â
Menurut Tobias Ebner dan Levin Granitza (2019), terdapat beberapa jenis kata kunci, yakni kata kunci dalam bentuk komersial, informatif, dan navigasi.
Kata kunci dalam bentuk komersial sangat cocok bagi pencari yang sedang ingin membeli atau mengonsumsi sesuatu. Pada umumnya mereka akan menuliskan kalimat, "Beli parfum murah" dan para penjual parfum mampu memanfaatkan kata kunci ini sebagai SEO.
Jika kata kunci yang bersifat infromatif umumnya akan ditunjukkan dengan kalimat, "Seberapa besar...", "Berapa banyak...", dan "Bagaimana cara...". Dan kata kunci yang ditujukan sebagai navigasi akan berbentuk, seperti "Di mana..." dan "Jalan menuju..."
2. Memilih Kata Kunci
Ketika sampai pada tahap ini, penulis atau kreator situs web sebaikanya memperhatikan apakah kata kunci tersebut familiar kepada pengunjung situs. Beberapa kata yang tepat secara susunan kata belum tentu familiar dan sesuai dengan tujuan pencarian pengunjung.
Tobia Ebner dan Levin Granitza (2019) memberikan contoh bahwa kata "outerwear" mungkin memang benar secara susunan kata namun kata tersebut tidak cukup familiar.Â
Dengan kata "outerwear" mungkin saja yang dimaksud oleh pengunjung adalah "jaket" atau "kaos". Hal ini disebabkan "jaket" dan "kaos" merupakan kata komersial.
Prinsipnya, semakin general kata kunci yang digunakan, semakin besar jumlah halaman yang akan ditemukan mesin pencari. Namun demikian, akan menimbulkan kompetisi yang tinggi dan creator situs web diharapkan lebih terampil dalam memilih kata kunci komersial yang tepat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H