Mohon tunggu...
Domenico Wisnu
Domenico Wisnu Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi UAJY

Solus populi suprema lex

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Search Engine Optimization (SEO) dalam Situs Web

5 Oktober 2021   22:31 Diperbarui: 6 Oktober 2021   13:06 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi SEO | Unsplash | Stephen Phillips

Search engine optimization (SEO) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan jika ingin situs webmu berada pada halaman pertama di mesin pencari. 

Dengan demikian, seseorang dapat dengan mudah menemukan situs web Anda. Mungkin dalam kasus lain Anda memerlukan pelanggan untuk berkunjung ke halaman situs web Anda.

Dalam artikel singkat ini, Anda akan mengetahui bagaimana keyword dalam situs web Anda dapat menempatkan situs web Anda di atas indeks pencarian. 

Secara keseluruhan setidaknya terdapat tiga hal yang dapat Anda lakukan, antara lain research kata kunci dan memilih kata kucni.

1. Keywords Research

Penelitan (research) mengenai kata kunci dapat menjadi langkah awal dalam menentukan kata kunci.  Hal tersebut penting karena kata kunci menjadi fungsi dasar dalam search engine optimization. 

Menurut Tobias Ebner dan Levin Granitza (2019), terdapat beberapa jenis kata kunci, yakni kata kunci dalam bentuk komersial, informatif, dan navigasi.

Kata kunci dalam bentuk komersial sangat cocok bagi pencari yang sedang ingin membeli atau mengonsumsi sesuatu. Pada umumnya mereka akan menuliskan kalimat, "Beli parfum murah" dan para penjual parfum mampu memanfaatkan kata kunci ini sebagai SEO.

Jika kata kunci yang bersifat infromatif umumnya akan ditunjukkan dengan kalimat, "Seberapa besar...", "Berapa banyak...", dan "Bagaimana cara...". Dan kata kunci yang ditujukan sebagai navigasi akan berbentuk, seperti "Di mana..." dan "Jalan menuju..."

2. Memilih Kata Kunci

Ketika sampai pada tahap ini, penulis atau kreator situs web sebaikanya memperhatikan apakah kata kunci tersebut familiar kepada pengunjung situs. Beberapa kata yang tepat secara susunan kata belum tentu familiar dan sesuai dengan tujuan pencarian pengunjung.

Tobia Ebner dan Levin Granitza (2019) memberikan contoh bahwa kata "outerwear" mungkin memang benar secara susunan kata namun kata tersebut tidak cukup familiar. 

Dengan kata "outerwear" mungkin saja yang dimaksud oleh pengunjung adalah "jaket" atau "kaos". Hal ini disebabkan "jaket" dan "kaos" merupakan kata komersial.

Prinsipnya, semakin general kata kunci yang digunakan, semakin besar jumlah halaman yang akan ditemukan mesin pencari. Namun demikian, akan menimbulkan kompetisi yang tinggi dan creator situs web diharapkan lebih terampil dalam memilih kata kunci komersial yang tepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun