Media cetak atau media analog konvensional memang tidak sepraktis media digital. Jika ingin membawa lebih banyak berita, seseorang perlu membawa beberapa eksemplar koran atau media cetak lain. Tidak seperti media digital yang dapat diakses dalam genggaman tangan—melalui smartphone.
Sebagian besar orang masih meyakini bahwa media cetak konvensional memiliki derajat kredibilitas yang lebih tinggi dari pada penerusnya, media digital.
Proses panjang yang dilalui, mulai dari penulisan, penyuntingan, hingga penyetakan membuat media cetak lebih banyak menlalui proses pengawasan dan penyaringan. Dengan demikian, produk yang dihasilkan pun lebih matang.
Namun demikian, dengan menerapkan beberapa elemen berikut, Anda dapat meningkatkan kredibilitas sebuah situs digital Anda. Menurut Brian Carol (2010, h. 28) Anda dapat meningkatkan derajat kredibilitas di mata pembaca dengan:
1. Easy-to-Use and Intuitive Site Navigation
Pembaca ingin mendapatkan informasi yang dicari dengan cepat dan tepat. Sehingga buang bagian-bagian yang tidak penting dalam kolom situs digital Anda. Anda dapat memulai dengan merancang hierarki yang tepat bagi paragraph-paragraf dalam situs digital Anda.
2. User Friendly Site Design
Sebagai pembaca, layar yang mereka tatap merupakan kanvas yang terbatas. Pembaca, sekali lagi, ingin segera menemukan informasi yang dicari.
Oleh karena itu, hindari menggunakan spanduk iklan digital yang terlalu memenuhi ruang tulisan Anda. Jangan sampai iklan-iklan tersebut mengacaukan perhatian pembaca ketika mencari suatu informasi.
3. High-Quality Graphics
Brian Carol (2010, h. 29) mengatakan, “First Impressions online are important. People tend to determine the credibility of a site based upon how professional they think the site looks.”
Secara jelas Brian Carol menyatakan bahwa tampilan adalah yang utama. Ketika seluruh visual berkualitas tinggi dan ditata dengan baik, situs digital Anda telah merepresentasikan situs profesional.
4. Good Writing
Rancang konten Anda dengan menarik. Anda dapat menggunakan kata kerja (predikat) yang kuat hingga memperhatikan atas bias, plagiarisme, dan menggeneralisasi. Jika ingin tulisan dalam situs digital menarik, Anda dapat membaca selengkapnya di sini!
5. Full Contact Information
Informasi kontak dapat membantu pembaca mengetahui latar belakang atau afiliasi seorang penulis/creator digital. Dengan begitu, seorang pembaca akan menganggap bahwa seorang perancang situs atau tulisan digital merupakan seseorang yang bertanggung jawab atas tulisan atau karyanya.
6. Expertise in The Subject Area
Seorang penulis digital yang telah lama menulis topi serupa akan lebih dipercaya oleh seorang pembaca. Hal tersebut disebabkan oleh derajat keahlian (skill) seseorang yang berbanding lurus dengan waktu atau jam terbang—dalam kasusl ini adalah jumlah karya yang ditulis dengan topik atau tema serupa.
7. Link Outside to Other Relevant Web Sites
Tautan (link) dalam tulisan digital berbasis situs Web sangat bermanfaat bagi pembaca. Tautan yang disematkan dalam suatu tulisan digital dapat menjadi rujukan jika informasi yang dimuat dirasa belum lengkap. Sehingga seorang pembaca tidak perlu bersusah payah mengetikkan kata kunci kembali.
Namun demikian, pastikan tautan yang disematkan berfungsi dengan baik. Dengan kata lain, bukan merupakan broken link.
Demikian ulasan elemen penunjang kredibilitas sebuah tulisan dan situs digital.
Pada intinya, seorang penulis naskah atau kreator situs digital wajib mengutamakan kenyamanan bagi user atau pembaca saat membaca. Entah itu terkait dengan kebermanfaatan konten atau struktur (visual) tulisan digital yang ditulis.
Daftar Pustaka
Carrol, Brian. (2010). Writing for Digital Media. New York, NY: Routledge
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H