Menemukan nilai tambah utama akan produk / jasa yang kita miliki.
Melanjutkan point pertama yi :
100 Juta Orang Pengguna Smartphone Lalu Perlu Diapakan?
Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/dokterpim.com/100-juta-orang-pengguna-smartphone-lalu-perlu-diapakan_57a08d1ab07e613136dafefd
Nilai tambah adalah fungsi dan manfaat baru dari sebuah produk dan jasa yang mana bernilai lebih jika memberikan pembedaan dengan produk sejenis dan TELAH diterima oleh masyarakat luas dengan harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan produk sejenis
Definisi diatas kami coba paparkan dalam 2 contoh dibawah ini. Sebagai catatan 2 contoh ini betul-betul telah dibukti untuk melayani kebutuhan masyarakat luas
SERAGAM HOTEL
Seorang designer pakaian Bp Valentino hadir di kantor kami www.DokterPIM.com 6 tahun lalu dengan membawa cerita bahwasanya beliau sedang melakukan inovasi produk untuk 3 pakaian yang akan ia bentuk : pertama adalah seragam kantor dengan bordiran ; kedua adalah baju pesta dan baju pengantin dan ketiga adalah seragam hotel
Dari usulan 3 pakaian itu kami akan melihat potensi kebutuhan dari masyarakat online melalui Google Tools pada kata kuncinya. Ketiganya mantap banyak pencarian setiap harinya. Saat ini tahun 2000 perbulan pencarian dengan kata kunci dasar misalnya seragam hotel ada diatas 1000 kali pencarian sebulan , apalagi baju pesta SANGAT banyak
Apakah cukup sampai disitu ? Tidak ….kami tidak menentukan langsung produk bernilai tambah manakah yang perlu diambil. Kami lanjutkan ke Google Indonesia di google co id dan masukkan kata kunci misalnya baju pesta , seragam kantor dan seragam hotel dan….ternyata Tingkat Persaingan baju pesta sangat banyak dan setelah ditilik produk dan model baju pestanya hamper mendekati dengan baju pesta yang dibawa oleh Bp Valentino ini. Dari 3 yang kami amati persaingan maka seragam hotel lah yang dipilih selain produk ini banyak yang sedang mencari juga persaingannya masih rendah
Kemudian setelah itu kami lanjutkan kepada point entry for the business diantara ke 3 nya yang entry termudah adalah seragam kantor , sedangkan baju pesta dan seragam hotel lebih komplek dan peran ia sebagai designer menjadi point penting dalam ke 2 bisnis ini. Hal ke 4 yang kami coba tilik adalah perilaku. Bagaiamanakah kaum hawa memilih baju ? Ternyata selain banyak persaingannya maka dalam menentukan baju pesta seorang wanita akan berputar ke banyak vendor sehingga probabilitas untuk merealisasikan baju pesta menjadi bisnis kami sampaikan perlu waktu jauh lebih panjang karena perilaku kaum hawa itu. Dan pada akhirnya ….diputuskanlah Seragam Hotel.
Selepas 6 tahun Bp ini mengelola Seragam Hotel dan telah merealisasikan order total hampir 250 client dan 70% adalah hotel-hotel di Indonesia.
Nah itulah NILAI TAMBAH dengan mempertimbangan data nyata dari Google
MASCOT
Kami kehadiran Bp Yo sebagai pembuat robot setinggi manusia dan bisa bergerak maju, mundur, berputar ; kemudian bisa berbicara dan mengeluarkan bubble sebagai variasi kemenarikan sebuah hasil teknologi ; dan juga robot ini bisa badan, kepala dan tangannya bisa berputar
Lihat di youtube com dan ketikkan Robot Ropi dan ditemukan banyak video menarik tentang robot ini termasuk dari NET TV, TransTV, KompasTV, MetroTV dll
Apa yang kami lakukan adalah kami kembali mencari pembanding produk sejenis. Kami cek di Indonesia (Google co id) ternyata untuk di Indonesia robot setinggi manusia ini belum pernah ada yang buat dan hanya Bp ini yang buat. Trus step berikutnya kami masuk lebih dalam apa kata kunci yang mendekati pencarian  kebutuhan akan robot untuk wilayah kita Indonesia dan belum terekspresikan ….
Kemudian diskusi dilanjutkan dan diperoleh bahwasanya kemampuan Robot ukuran besar ini yaitu
Bergerak maju , mundur , berputar dan sensor stop dan kemudian belok dll adalah kemampuan yang bisa diterapkan untuk sebuah boot outlet yang mana bisa ditemukan banyak di modern market, mall dan hypermarket
Gerakan kepada Kepala Robot yang bisa menoleh ke kiri ke kanan dan  mata Robot yang bisa digerakkan adalah kemenarikan yang bisa ditambahkan pada patung fiber glass di pusat rekreasi, kebun binatang, taman bermain, game center, sekolah dll termasuk variasi Robot tersebut bisa mengeluarkan bubble, suara, angin, asap dan bicara
Jadi dengan 3 kemampuan utama Robot yang diperlihatkan di www.RobotRopi.com kami mengusulkan untuk Bapak ini menjangkau market MASCOT dan PATUNG Fiber Glass
Jadi Mascot yang awalnya terbuat dari kain bisa dimodifikasi dengan Fiber Glass atau Silikon dan kemudian diberikan sentuhan teknologi untuk bergerak dan berinteraksi dengan orang disekitarnya. Contoh misalnya Booth Noodle / Mie di sebuah supermarket tidak hanya diam di tempat tetapi bisa bergerak menjangkau pusat berkumpulnya konsumen di Hypermarket.
Lalu untuk  kemampuan geraknya pada bagian dan kepala dari Robot kami usulkan diterapkan di Patung Mascot yang mana jika kita bayangkan di kebun binatang nasional kita ada patung komodo ukuran tinggi 2 meter dan panjang 7 meter maka kepalanya bisa menoleh ke kiri ke kanan dan ekornya bisa meliuk-liuk dan bisa bersuara dan menarik perhatian para pengunjung wahana tersebut . Dari mulutnya bisa mengeluarkan semburan asap, air atau api….
Itulah ke 2 contoh Nilai Tambah dan dilihat dari beberapa aspek / sudut pandang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H