Mohon tunggu...
Dody Kasman
Dody Kasman Mohon Tunggu... Administrasi - Manusia Biasa

Wong Ndeso yang bukan siapa-siapa. Twitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

"Saya, di Antara Fatin dan Salma"

3 April 2023   21:53 Diperbarui: 3 April 2023   22:23 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Siang itu seorang sahabat menyapa lewat chat WA, "Assalamu'alaikum Pak, Salma Idol piye Pak?." Salma yang dimaksud di sini adalah Salma Salsabil 'Aliyyah Putri Mandaya, salah satu kontestan Indonesian Idol musim ke-12. Tak lama kemudian chat tersebut langsung saya balas, "Wa'alaikumsalam. Salma bagus. Potensial jd musisi hebat." Percakapan via chat pun berlanjut menjadi agak seru. "Pean kok gk seheboh Fatin pak?. Klo dulu Fatin pean supportnya berasa heheh Fatinisme. Ni kok gk kedengeran heheh." Chat itulah yang akhirnya mengusik saya untuk kembali menulis di Kompasiana.

Ya, dulu 10 tahun yang lalu saya mulai aktif menulis tentang Fatin Shidqia Lubis, salah satu peserta ajang pencarian bakat X Factor Indonesia (XFI) musim perdana. Puluhan artikel tentangnya saya tulis dari Maret 2013 hingga akhirnya ia sukses tampil sebagai jawara pertama XFI.

Mungkin karena itulah, sahabat yang dulu sempat membaca artikel-artikel saya tentang Fatin, akhirnya mempertanyakan hal yang sama untuk Salma. Mengapa respon saya biasa-biasa saja, tidak seheboh saat pertama kali Fatin muncul. Apalagi Salma sedaerah dengan saya, Probolinggo. Mungkin kebanggaan saya sebagai orang sedaerah yang dipertanyakan di sini.

Di artikel ini saya tak akan membandingkan antara Fatin dan Salma. Sebab untuk hal-hal terkait cita, rasa dan kesukaan tentu berbeda-beda tiap personalnya. Baik Fatin maupun Salma, keduanya belum pernah berkomunikasi langsung dengan saya. Kecuali Fatin yang dulu sempat beberapa kali berbalas mention di Twitter. Meski Salma orang Probolinggo, hingga saat ini saya belum pernah mampir ke rumahnya. Saya tahu tentang Salma lewat berbagai tayangan dan tulisan di media.

F A T I N

Awal kemunculan Fatin benar-benar sensasional dan menarik perhatian jutaan pemirsa televisi ketika itu. Karena Fatin saya semangat menulis lagi. Fatin juga yang membuat saya akhirnya punya akun pribadi di Kompasiana dengan tulisan pertama tentu saja tentang Fatin.

Awal kemunculannya sangat mengejutkan. Baru pertama kali ikut ajang pencarian bakat, iseng ikut audisi XFI di akhir tahun 2012 dengan masih berseragam sekolah putih abu-abu, ia sukses mencuri perhatian para juri dan penonton. Para juri yang notabene artis papan atas seperti Ahmad Dhani, Rossa, Bebi Romeo dan Mulan Jameela dibuat tercengang saat ia membawakan lagu "Grenade" Bruno Mars di babak audisi.

Alhasil Fatin sukses melewati babak-babak berikutnya dengan ciri khas vokalnya yang unik dan penampilannya yang selalu memukau berkat bimbingan Rossa sebagai mentornya, hingga mengantarkannya menjadi jawara XFI edisi perdana. Sebagai hadiah kemenangan, kontrak rekaman dengan major label diperolehnya plus single perdana "Aku Memilih Setia" yang langsung menjadi hits.  Album pertamanya "For You" juga berhasil meraih tujuh platinum hanya dalam waktu tiga minggu.

Pencapaian Fatin yang ketika itu pendatang baru dan minim pengalaman terbilang luar biasa. Kemunculannya menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi remaja seusianya. Tampil berhijab dengan gaya apa adanya, seperti anak sekolah yang biasa lewat depan rumah, Fatin mampu memaksimalkan daya tarik personalnya yang bersahaja dan kekhasan karakteristik vokal yang dimiliki. Dari bukan siapa-siapa, kini Fatin masuk dalam jajaran artis papan atas negeri ini.

Namun sayang, 10 tahun berlalu, belum juga ada album baru setelah "For You" yang dirilis meskipun sempat ada beberapa single yang dilaunching dalam format video musik di Youtube. Meski demikian, para penggemar fanatik Fatin alias Fatinistic tak perlu khawatir, sebab Fatin masih aktif berkarya lewat podcast dan channel Youtube resminya.

S A L M A

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun