Mohon tunggu...
DODYK ARIF SUWANDONO
DODYK ARIF SUWANDONO Mohon Tunggu... Administrasi - Koorcam TPP Prambon, SDA, Jatim. 351502

Hanya pengabdi di Desa-desa se-Kecamatan Prambon dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa sesuai tujuan pembangunann nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Peran TAPM Kab. Sidoarjo Mandirikan Pendamping Desa melalui IST

15 Januari 2025   13:33 Diperbarui: 15 Januari 2025   13:33 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

#KompasianaDESA.

In-service training (IST) adalah program pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan pengetahuan individu yang sudah bekerja di suatu organisasi. Program ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran berkelanjutan kepada para profesional agar mereka dapat beradaptasi dengan perkembangan terbaru di bidangnya, antara lain Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan di desa dengan cara memperbaiki kinerja, serta meningkatkan efisiensi kerja. In-service training sering dilakukan dalam berbagai sektor, Ada 5 (lima) Bidang wajib didalam sistem Pemerintahan Desa (Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan, Pemberdayaa, dan Keaddan darurat mendesak). Diantaranya dilakukan rutin oleh TAPM Kabupaten Sidoarjo. Termasuk Mandiri kepada TPP Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo-Jatim. Prambon, 15 Januari 2024.

Tujuan In-Service Training

Tujuan utama dari in-service training adalah memberikan pembelajaran berkelanjutan yang relevan dengan kebutuhan pekerjaan. Berikut beberapa tujuan spesifiknya:

  1. Peningkatan Kompetensi Profesional

Pelatihan ini membantu pekerja untuk tetap relevan dengan perkembangan teknologi, metode, dan kebijakan terbaru.

  1. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Dalam sektor pelayanan seperti pendidikan atau kesehatan, in-service training bertujuan meningkatkan kualitas interaksi dan hasil layanan kepada masyarakat.

  1. Adaptasi terhadap Perubahan

Dengan perkembangan teknologi dan perubahan kebijakan yang cepat, in-service training membantu pekerja memahami dan menerapkan perubahan tersebut dalam pekerjaan sehari-hari.

  1. Pengembangan Karir

Pelatihan ini juga memberikan peluang bagi individu untuk mengembangkan karir mereka melalui peningkatan keterampilan dan kualifikasi.

Manfaat In-Service Training

Manfaat dari in-service training dapat dirasakan oleh individu maupun organisasi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Bagi Individu
    • Meningkatkan Keterampilan: Peserta dapat belajar teknik atau alat baru yang relevan dengan pekerjaan mereka.
    • Pengembangan Pribadi: Selain keterampilan teknis, pelatihan ini juga sering mencakup pengembangan keterampilan lunak seperti komunikasi, manajemen waktu, dan kerja tim.
    • Kepercayaan Diri yang Lebih Tinggi: Dengan peningkatan keterampilan, individu cenderung merasa lebih percaya diri dalam menjalankan tugas mereka.
  2. Bagi Organisasi

    • Kinerja yang Lebih Baik: Karyawan yang terlatih dapat bekerja lebih efisien dan produktif.
    • Kepuasan Pelanggan yang Lebih Tinggi: Dalam sektor pelayanan, pelatihan dapat meningkatkan kualitas interaksi dengan pelanggan atau klien.
    • Loyalitas Karyawan: Organisasi yang menyediakan pelatihan menunjukkan komitmen terhadap pengembangan stafnya, yang dapat meningkatkan loyalitas karyawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun