Mohon tunggu...
Dody Fathin
Dody Fathin Mohon Tunggu... wiraswasta -

Kadang nulis, kadang baca, seringnya ngetwit di @DodyFathin

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Tilang: Jangan Asal Minta Slip Biru

19 Januari 2012   12:07 Diperbarui: 4 April 2017   17:55 64217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hari ini, 3 hari setelah SIM saya ditilang karena hanya menyalakan lampu kecil, bukan lampu besar motor. Ceritanya telah saya sharing di sini. Seperti kata petugas polisi F. Soedik yang berdinas kemarin, SIM yang ditilang biasanya 3-4 hari baru diserahkan di polwiltabes jl. Jawa. Jadi hari ini saya iseng-iseng berhadiah pergi ke sana. Sebenarnya saya sudah siap, seandainya SIM saya ditahan, karena saya kemarin keukeuh minta slip biru. Terpaksalah bayar 100rb. Pagi ini setelah antar anak ke sekolah, saya menuju jl. Jawa.

Saat itu sekitar jam 8.30. Parkir sudah penuh, tapi aktivitas tidak terlalu sibuk. Saya menuju ruang Tilang. Di depan ruangan, banyak orang yang sedang ngantri. Ntah ngantri untuk nebus tilang, atau baru mau bikin SIM.

Saya langsung masuk ke ruangan, tersenyum manis pada bapak-bapak polisi dan bertanya dengan sopan.

"Pagi pak, saya mau nebus SIM yang di tilang".
"Ya, kemarin ditilang sama siapa?"
"Sama polisilah, masa sama tukang parkir!" kata saya dalam hati.
"Sama pak Edwin, bripka Edwin" kata saya pada si pak polisi,sambil menyerahkan slip tilang biru.

Setelah ketemu di antara tumpukan hasil tilangan, SIM saya dengan surat tilangnya diserahkan kembali ke saya. SIM itu dibungkus plastik kecil dan dihakter ke slip tilang. Saya liat ada sekitar 5 kotak dengan isi sekitar lebih dari 100an surat tilang per kotak.

"Urusnya di sana Dik," kata pak polisi menunjuk sebuah ruangan kecil.

Saya bersyukur dua kali. Pertama karena kekhawatiran bakal dikerjain tidak terjadi. Kedua karena muka saya masih dianggap tampang mahasiswa oleh si bapak. Mungkin mahasiswa S3 abadi.

Di dalam ruangan itu ada 2 orang polisi sedang ngobrol santai. Mungkin sedang membahas pembatasan BBM, saya kurang jelas. Setelah menerima slip tilang dan SIM saya, si bapak bilang "30 ribu, lain kali jangan minta slip biru ya".

"Ga pak, terima kasih." Saya langsung ngacir dengan happy. Keluar duit kok ya happy.

********

Di milis dan fb sering kita temui cerita gagah berani tentang pengalaman "mengalahkan" polisi dengan meminta slip biru. Kalau polisinya tidak mau ngasih slip biru, foto aja dengan kamera hp.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun