Membicarakan tentang kebutuhan customer service dalam bisnis tentu tidak terlepas dari peran customer juga. Bisa dibilang hadirnya customer service dalam bisnis sendiri untuk memenuhi layanan kepada customer.
Lalu, bagaimana kondisi sebenarnya kebutuhan customer service dalam sebuah bisnis saat ini? Apakah masih penting dan wajib ada?
Bisa dibilang jawabannya sangat mudah yaitu masih penting dan wajib ada yah. Hal ini dapat kita lihat dari beberapa data acuan yang berkaitan dengan customer service.
Salah satu contohnya data dari microsoft yang menyebutkan bahwa 95% pelanggan bisnis atau customer menentukan loyalitas mereka berdasarkan hadir atau tidaknya customer service dalam sebuah bisnis.
Tentunya survei ini benar adanya, karena bisa dibilang customer memang selalu menginginkan pelayanan after sales yang jelas salah satunya dengan mudahnya menghubungi customer service.
Tanpa adanya customer service dalam sebuah bisnis tentunya pelanggan atau customer akan kebingungan untuk menjangkau bisnis tersebut dan berujung kekecewaan.
Tentunya hal ini sangat dihindari. Mengingat menjaga loyalitas customer atau pelanggan merupakan salah satu cara yang diterapkan agar bisnis terus berkembangan dan bertahan loh.
Oleh karena itu, bisa dibilang kehadiran customer service saat ini masih sangat penting dalam bisnis bahkan bisa dibilang customer service sering dilihat sebagai representasi sebuah perusahaan.
Untuk menciptakan customer service yang mempuni, tentunya diperlukan berbagai cara yang dilakukan oleh bisnis. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan platform komunikasi yang mumpuni.
Salah satu platform komunikasi yang mempuni dan bisa menjadi saran untuk kamu gunakan dalam bisnis sendiri adalah WhatsApp Business Platform Wappin.
Dimana melalui platform komunikasi ini masalah yang dihadapi customer service kamu dalam bisnis bisa teratasi dengan lebih mudah loh.
Saat ini sendiri untuk menggunkan platform komunikasi ini sebenarnya bukan hal sulit, pasalnya tersedia banyak penyedia layanan WhatsApp Business Platform.
Tentunya ada banyak kelebihan dari masing-masing penyedia layanan WhatsApp Business Platform tersebut. Mulai dari fitur yang dimiliki hingga layanan yang ditawarkan.
Nah, kamu sendiri bisa memilih layanan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan dalam bisnis kamu saat ini yah.
Jadi tentunya sudah paham kan kenapa customer service dalam bisnis saat ini sangat dibutuhkan? Selain memang dibutuhkan oleh customer. Hadirnya customer service juga membantu bisnis berkembangan lebih baik loh.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H