Dalam penggunaan email marketing, bisnis kecil sangat mungkin kalah dari bisnis besar dari segi kapital serta jangkauan.
Namun, bukan berarti email marketing bisnis kecil tersebut tidak bisa lebih efektif dibandingkan email bisnis yang dikirimkan perusahaan besar.
Alasannya sederhana. Penentu efektivitas sebuah email marketing tidak bertumpu pada seberapa besar kapital dan audiens yang bisa dijangkau.
Penentunya, yang paling dominan, adalah konten beserta strateginya.
Kapital dan jangkauannya besar, tapi strategi dan kontennya buruk ya percuma juga. Yang ada malah buang-buang tenaga, masa, dan dana. Untuk apa?
Oleh sebab itu, bagi bisnis kecil yang menggunakan email marketing, sangat penting untuk mengetahui strategi dan konten yang seperti apa yang tepat agar tidak kalah dalam kompetisi.
Yang bisa bisnis kecil lakukan adalah ...
Menciptakan konten dengan formula yang tepat
Kalau bicara email marketing, formula konten tepat bukan hanya terdiri atas promosi yang ditulis secara apik, namun juga memberikan kesan urgensi.
Pasalnya, kesan urgensi membuat penerima membuka email bisnis Anda secepat mungkin, dan mengambil aksi serta tindakan secepat mungkin pula. Contohnya seperti melakukan pembelian.
Misalnya, Anda bisa membuat promosi yang hanya berlaku untuk periode waktu tertentu. Jangan terlalu cepat karena bisa jadi batas waktunya berakhir sebelum penerima email sadar bahwa ada kesempatan yang tidak boleh mereka lewatkan.