Zaman sudah berubah dengan segala perkembangannya.
Banyak urusan yang dulunya susah dan kini menjadi lebih mudah, termasuk dalam urusan email marketing bisnis.
2 dekade lalu, email masih menjadi satu-satunya alternatif bisnis melakukan digital marketing.
Namun, di tahun-tahun itu, mengirimkan email marketing sulitnya bukan main.
Tetapi, seiring berkembangnya teknologi digital, berkirim email marketing juga menjadi sangat mudah. Hanya beberapa klik saja.
Apa saja faktor yang membawa segala kemudahan dalam email marketing bisnis ini?
Canggihnya peralatan digital yang tersedia
Zaman dahulu, repotnya mengirim email marketing sangatlah berlapis-lapis.
Mulai dari susahnya membuat konten, mengirim dalam jumlah masif, membuat email Anda "dipercaya" oleh internet, dan masih banyak lagi.
Namun, hadirnya solusi digital seperti email marketing tool membuat segala kesulitan tersebut seketika sirna.
Email marketing tool seperti DocoBlast, contohnya, mampu mempermudah proses pembuatan hingga pengiriman email marketing.
Bisnis cukup melakukan beberapa klik saja untuk membuat badan konten yang nampak apik.
Setelah itu, dengan beberapa klik lainnya, email tersebut bisa langsung terkirim ke ratusan hingga jutaan penerima.
Tak hanya itu, bisnis juga bisa melihat performa email yang baru mereka kirimkan.
Data performa tersebut dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan penyesuaian untuk pengiriman email marketing tahap selanjutnya.
"Dipercaya" internet
"Apa maksudnya email marketing kini dipercaya internet?"
Maksudnya, saat mengirimkan email marketing, Anda tak perlu khawatir email tersebut akan dicap sebagai spam atau email penipuan.
Ya, layaknya manusia, internet punya caranya sendiri untuk membangun kepercayaan terhadap sesuatu.
Ada berbagai algoritma dan mekanisme teknis yang membuat internet bisa mempercayai konten digital.
Entah, website, artikel blog, maupun email marketing.
Zaman dahulu, mendapatkan kepercayaan internet sangatlah sulit.
Banyak orang menggunakan cara "curang" untuk memperoleh kepercayaan ini.
Sebagai contoh, misalnya di email marketing, orang bisa saja mengirim email sebanyak-banyaknya setiap hari, hanya untuk meyakinkan internet bahwa akun pengirim email ini benar-benar melakukan strategi marketing.
Kalau dipikir-pikir, repot juga kan harus melakukan hal tersebut terlebih dahulu?
Nah, sekarang, memperoleh kepercayaan ini tidak perlu dilakukan sendiri secara manual.
Selain karena internet sudah lebih pintar, kini ada banyak email marketing provider pula yang sudah lama dipercaya oleh internet.
Artinya, jika Anda menggunakan layanan ini, Anda bisa langsung memperoleh kepercayaan internet secara instan.
Beberapa penyedia layanan ini ialah Mailchimp, HubSpot, dan DocoBlast.
Banyaknya template email yang menarik
Zaman dahulu, membuat email yang menarik secara visual sangatlah susah.
Kendala tersebut pun menambah tingkat kesulitan memperoleh perhatian dari penerima email.
Pasalnya, email yang lebih menarik baik secara visual maupun kontennya cenderung dibuka dan dibaca lebih banyak orang.
Namun, adanya kemudahan dari tools email marketing sekarang memungkinkan pengirim email menciptakan email yang menarik tanpa harus bersusah payah.
Saya pernah mencoba iseng-iseng membuat newsletter sederhana untuk email marketing di DocoBlast.
Ketika saya membuka template banknya, saya sempat bingung memilih karena ada banyak sekali opsi yang bisa saya pilih.
Alhasil, ketika saya sudah memilih dan menggunakan template tersebut, menuju ke proses pengiriman pun sangat cepat.
Hanya dalam beberapa klik saja.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H