Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Prasasti Kuno yang Ditemukan di Mojokerto Berisi Ancaman yang Mengerikan

12 Februari 2022   15:25 Diperbarui: 17 Maret 2022   11:36 171510
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Terbayangkah Anda bila ada orang dibelah kepalanya, dirobek perutnya, dimakan dagingnya, dan diminum darahnya. Bahkan dimakan macan, dipatuk ular, disambar petir, dan dicaplok buaya? Ih ngeri yah mendengarnya.

Namun ini bukanlah sungguhan. Ini hanya sumpah atau kutukan yang terdapat dalam prasasti kuno. Salah satunya prasasti yang baru beberapa hari ditemukan di Situs Gemekan, Mojokerto, Jawa Timur. Silakan lihat tulisannya [di sini].

Prasasti batu tersebut ditemukan di dalam tanah ketika tim arkeolog melakukan ekskavasi. Kondisi prasasti sudah tidak utuh. Bagian terbesar berbentuk segienam. Diketahui bagian yang ditemukan itu merupakan bagian atas. Bagian bawah masih dicari. Beberapa bagian yang terpotong-potong sudah berhasil ditemukan. Entah apakah bentuk prasasti bisa lengkap atau tidak.

Tulisan pada prasasti dalam kondisi bagus, meskipun ada beberapa aksara yang aus atau meragukan sehingga menyulitkan pembacaan. Menurut pembacaan sementara, bagian pertanggalan tertulis angka 8 dan 5 dengan jelas. 

Namun satu angka lagi agak samar-samar, apakah 2, 3, atau 9. Seandainya 2, maka prasasti tersebut bertarikh 852 Saka atau 930 Masehi. Perbedaan Tahun Saka dengan Tahun Masehi umumnya 78 tahun. Seandainya kemudian disepakati 3 atau 9, yah tinggal ditambah saja. Nama Mpu Sindok berikut gelarnya dan nama-nama pejabat disebutkan  dalam prasasti itu.  

Keletakan prasasti setelah diekskavasi (Sumber: Youtube Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur)
Keletakan prasasti setelah diekskavasi (Sumber: Youtube Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur)

Pembacaan sementara

Tulisan pada prasasti tidak hanya terdapat di bagian muka. Pada bagian sisi pun terdapat tulisan. Menurut pembacaan sementara Pak Ageng Gumelar Wicaksono demikian:  

potong muncungnya, belah ke[palanya], robek perutnya sisakan jeroannya....makan dagingnya minum (darahnya), lalu lengkapi dengan sisakan..... jika menuju hutan dimakan macan dipatuk ular pla..... oleh dewamanyuh jika pergi ke tegal (lapangan terbuka) disambar petir dirobk-robk olh raksasa dimakan olh wuil si pramunguan.

indahkan wahai kalian hyang kuika garga metr kuruya ptjala pelindung arah utara, pelindung selatan, barat, timur buang ke angkasa dirobk olh hyang semuanya jatuhkan ke mahsamudra (lautan luas) tenggelamkan di awu[han]/bendungan bawalah sang hyang dalam air tarik (dibawa ikut) olh tuwiran, dicaplok olh buaya.....matilah orang tersebut [dengan cara] dianiaya....

mbur tersebut di tanah sawa....

Semoga bagian prasasti yang hilang bisa segera ditemukan lalu disambung sehingga menjadi bagian yang utuh. Dengan demikian pembacaan menjadi lebih lengkap.

Membaca prasasti sungguh tidak mudah. Ada beberapa aksara dan bahasa kuno yang terdapat pada prasasti. Prasasti di atas diketahui beraksara dan berbahasa Jawa Kuno. Banyak pakar pasti bisa membaca prasasti tersebut, terlebih yang tergabung dalam Perkumpulan Ahli Epigrafi Indonesia. Bukan cuma arkeolog, mereka yang berpendidikan non-arkeologi juga mahir dengan aksara Jawa Kuno.

Potongan prasasti/kiri dan Goenawan A. Sambodo sedang membaca potongan itu/kanan (Sumber: FB Deni Indianto)
Potongan prasasti/kiri dan Goenawan A. Sambodo sedang membaca potongan itu/kanan (Sumber: FB Deni Indianto)

Sapatha

Kata-kata kasar sebagaimana di atas, hanyalah sebagian dari isi prasasti. Dalam dunia epigrafi disebut kutukan/sumpah serapah (sapatha). Biasanya sapatha diucapkan oleh sang makudur atau pemimpin upacara dalam peresmian penetapan prasasti sima.  Sapatha ditujukan kepada siapa saja agar tidak melanggar ketentuan di dalam prasasti raja (sabdanata) tersebut.  Prasasti tersebut kemudian diletakkan di tempat strategis agar mudah dilihat masyarakat.

Sapatha diucapkan dengan lantang supaya didengar oleh seluruh hadirin pada peresmian prasasti sima. Bersamaan dengan itu abu ditaburkan. Kalimat ancaman yang mengerikan itu biasa disebut panca mahapataka (lima jenis petaka atau kesengsaraan), yakni

  • dibelah kepalanya,
  • disobek perut dan ususnya,
  • dikeluarkan isi perutnya,
  • dimakan hati maupun dagingnya, dan
  • diminum darahnya oleh para mahluk halus.

Belum lagi tambahan dimasukkan ke dalam neraka jahanam dan direbus di dalam kawah Sang Yama. Selain itu disampaikan harapan negatif yang semoga bakal menimpanya, yakni disambar petir, dipatuk ular, dimakan macan, dicaplok buaya, dsb.

Sapatha yang cukup dikenal terdapat pada beberapa prasasti masa Kerajaan Sriwijaya, terutama Telaga Batu. Prasasti-prasasti Sriwijaya dikeluarkan pada abad ke-7, jadi lebih tua dari prasasti di atas.

Menurut penelitian Nainunis Aulia Izza, pencantuman sapatha pada prasasti-prasasti tertua Sriwijaya bertujuan sebagai upaya melakukan kontrol terhadap wilayah dan penduduk yang berada di wilayah Sriwijaya. "Sapatha pada prasasti-prasasti tertua Sriwijaya dapat dikaitkan dengan upaya mempertahankan wilayah-wilayah strategis dengan menempatkan pihak-pihak yang dikuasai sebagai subyek yang selalu diintai sapatha jika melakukan kejahatan dan pengkhianatan," kata Nainunis.

Kembali ke soal prasasti di Situs Gemekan, tentu timbul pertanyaan, "Mengapa prasasti bisa ada di dalam tanah dan terpotong-potong. Bukankah prasasti harus diletakkan di lokasi strategis?" Kemungkinan prasasti itu dirusak oleh pemburu harta karun yang pernah marak pada masa 1960-an hingga 1980-an di kawasan Trowulan. Setelah diambil dari daerah lain, dibuang ke lokasi candi.

Adanya perusakan tampak dari lapisan tanah. Banyak plastik terdapat di dalam tanah, menandakan tanah pernah teraduk. Bagian candi juga tidak lengkap, pasti bata-batanya diambili maling harta karun.

Semoga dengan pembacaan yang segera dilakukan, data masa lampau semakin banyak kita dapatkan. Dengan demikian penyusunan sejarah kuno Nusantara akan lebih lengkap.***

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun