Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kita Kehilangan Lagi Seorang Pakar Membaca dan Menerjemahkan Tulisan Kuno

21 September 2020   15:20 Diperbarui: 21 September 2020   15:28 496
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Epigraf yang sudah almarhum. Trigangga/kiri dan Richadiana/kanan (Sumber: tweeter siasat partikelir/kiri dan epigraphyscorner.blogspot.com/kanan)

Dunia arkeologi kembali kehilangan lagi seorang pakar. Jumat, 18 September 2020, Dr. Djoko Dwiyanto meninggal dunia. Djoko adalah seorang ahli membaca dan menerjemahkan prasasti atau populer disebut epigraf. Sebagian besar kariernya didedikasikan sebagai tenaga pengajar di Jurusan Arkeologi UGM. Ia lahir pada 1953.

Djoko lulus dari Jurusan Arkeologi UGM pada 1979. Sebagai arkeolog muda, ia memilih bidang epigrafi. Ketika itu ia berguru kepada seniornya di UGM, Riboet Darmosoetopo. Juga kepada seniornya di Balai Arkeologi DI Yogyakarta, M.M. Soekarto Karto Atmodjo dan dosen Epigrafi di Jurusan Arkeologi UI, M. Boechari.

Djoko Dwiyanto, kedua dari kanan dalam peluncuran buku 2018 (Foto: jogja.tribunnews.com)
Djoko Dwiyanto, kedua dari kanan dalam peluncuran buku 2018 (Foto: jogja.tribunnews.com)
Orang asing

Kalau berbicara prasasti, tentu kita akan menyebut nama-nama orang asing seperti F.H. van Naerssen, N.J. Krom, F.D.K. Bosch, L. Ch. Damais, dan J.G. de Casparis. Mereka memang para perintis epigrafi Indonesia. Namun mereka hadir pada zaman baheula.

Djoko mulai cinta prasasti saat mengadakan penelitian arkeologi. Soalnya, selain penemuan benda, ia selalu berhadapan dengan tulisan kuno. Karena tidak ada yang paham tentang Bahasa Jawa Kuno, banyak prasasti di Indonesia justru dibaca dan diterjemahkan orang asing. Lihat [di sini]

"Jadi saya pikir, saya harus bisa, biar enggak tergantung orang lain," demikian pernah dikatakan Djoko kepada Merdeka. 

Tingkat kesulitan membaca aksara Jawa Kuno dalam prasasti pun membuatnya semakin tertantang. Berbekal bimbingan dari guru-gurunya tadi, Djoko mulai merintis karier sebagai Epigraf pada 1982. Saat ini sepeninggal Djoko, di UGM tinggal seorang epigraf senior, Tjahjono Prasodjo.  

Epigraf yang sudah almarhum. Trigangga/kiri dan Richadiana/kanan (Sumber: tweeter siasat partikelir/kiri dan epigraphyscorner.blogspot.com/kanan)
Epigraf yang sudah almarhum. Trigangga/kiri dan Richadiana/kanan (Sumber: tweeter siasat partikelir/kiri dan epigraphyscorner.blogspot.com/kanan)
Rukam

Sepanjang pengalamannya membaca dan menerjemahkan prasasti, menurut Djoko suatu ketika, ia paling sulit mengartikan Prasasti Rukam di Temanggung. Prasasti itu terbuat dari lempengan tembaga. Uniknya, tulisan Jawa Kuno ditulis bolak-balik dalam satu lempeng. "Kayak nulis di buku, di sisi sebaliknya membekas jadi sulit dibaca," kata dia.

Prasasti Rukam pernah dibaca oleh Richadiana Kartakusuma, epigraf wanita dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Beberapa tahun lalu Richadiana meninggal dunia di Jakarta. Kalau Boechari dikenal sebagai 'epigraf pemberi nama bayi', maka Djoko dikenal sebagai 'epigraf penentu hari jadi sebuah daerah'.

Menurut Djoko, pembacaan prasasti kuno tidaklah semata hanya menerjemahkan teks, namun juga si epigraf harus menggunakan pengalaman dan pemahaman diri sendiri supaya nantinya dinilai peneliti lain. 

Ia mengemukakan pula, penelitian sejarah berbasis kesusastraan sudah dilakukan sejak bertahun lalu. Contohnya penelitian tentang naskah Nagarakretagama dan Pararaton.

Keinginan dan dorongan itu disampaikan Djoko saat peluncuran dan diskusi buku karyanya, Refleksi Penelitian Epigrafi dan Prospek Pengembangannya. Auto dan filoepigrafi, begitu ia menyebutnya. Kegiatan tersebut berlangsung pada 2018 sekaligus menyambut purnatugas Djoko sebagai dosen UGM.

Pada 2015 Djoko sempat mendatangi Prasasti Kedulan. Namun ia sulit membacanya karena hurufnya kecil, berdempet-dempet dan patah juga.

Satu di antara kontribusi besar Djoko bagi penulisan sejarah kuno, ia berhasil membaca Prasasti Wanua Tengah lll. Prasasti tersebut ditemukan di Temanggung, menyebutkan secara rinci urutan penguasa Mataram Kuno sejak Rakai Sanjaya, lengkap dengan periode kekuasaannya. Prasasti itu dibuat oleh Sri Maharaja Dyah Balitung Darmodayyamahasambu (bertakhta sejak 898 Masehi).

Namun pertanggalan prasasti tersebut dikoreksi oleh Trigangga, epigraf dari Museum Nasional. Ia menuliskannya dalam Jurnal Berkala Arkeologi (Tahun XIV, 1994). Soalnya, kata Trigangga, sebelum ini ditemukan Prasasti Wanua Tengah I dan Wanua Tengah II. Trigangga juga sudah meninggal dunia pada awal 2020 lalu.

Djoko pernah menjabat Kepala Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta. Juli lalu ia baru saja dilantik menjadi Ketua Dewan Kebudayaan DI Yogyakarta.

Dalam waktu beberapa tahun saja, kita kehilangan tiga orang epigraf senior. Saat ini masih tersisa Dr. Ninie Susanti di Jurusan Arkeologi UI, Dr. Tjahjono Prasodjo di Jurusan Arkeologi UGM, dan Dr. Titi Surti Nastiti di Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Semoga muncul epigraf-epigraf muda.***

Sumber bacaan: [1] [2] [3]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun