Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Kartu Integrasi TransJakarta dan KWK Selalu Datang Terlambat

5 Oktober 2017   09:57 Diperbarui: 5 Oktober 2017   12:41 2961
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagian muka dan belakang kartu integrasi. Tiap bulan berbeda warna (Dokpri)

Salah satu cara untuk 'memanjakan' penumpang bis TransJakarta (TJ) adalah menyediakan feeder atau kendaraan pengumpan. Kendaraan itu bisa berupa bis besar atau kecil yang dikenal sebagai angkutan kota (angkot). Untuk angkot, pengelola TJ bekerja sama dengan Koperasi Wahana Kalpika (KWK) menerbitkan kartu integrasi.

Kartu integrasi hanya berlaku bila kita naik kendaraan atau angkot yang berstiker khusus. Jam berlakunya pukul 05.00-09.00 dan pukul 16.00-20.00. Harga kartu integrasi cukup murah, hanya Rp15.000. Pada jam-jam khusus itu bila kita turun dari angkot, cukup perlihatkan kartu integrasi. Jadi tidak perlu membayar lagi. Bayangkan kalau kita membayar. Paling tidak Rp4.000 keluar untuk satu kali perjalanan.

Buat karyawan yang bekerja tiap hari, adanya kartu integrasi tentu saja amat menghemat pengeluaran. Kartu integrasi berlaku selama sebulan penuh. Setiap bulan kartu integrasi memiliki warna berbeda.

Meskipun saya jarang sekali naik angkot, setiap bulan saya selalu membeli kartu integrasi. Untuk rute Rawamangun-Kelapa Gading atau Goro-Kelapa Gading, kartu integrasi mulai dikeluarkan Mei 2017. Menurut informasi yang saya baca, beberapa rute KWK juga sudah menggunakan kartu integrasi, antara lain dari terminal Pulogadung dan Cililitan.

Lambat

Kartu integrasi hanya bisa dibeli pada bulan berjalan. Artinya begini, untuk kartu integrasi Oktober 2017, kita tidak bisa membelinya pada akhir September. Harus pada Oktober juga. Oh ya, saya membeli kartu integrasi di halte TJ ASMI atau Pulomas. Kedua halte cuma berjarak sekitar 500 meter.

Sayang, ketika hendak membeli kartu integrasi untuk periode Oktober 2017 saya kena pengalaman yang kurang mengenakan. Pada 2 Oktober pagi saya hendak membeli kartu integrasi di halte Pulomas, tapi kata petugasnya belum ada. Siangnya ketika pulang, saya biasa turun di halte ASMI. Di situ pun belum ada.

Stiker khusus dipasang di bagian muka dan belakang KWK (Foto: kumparan.com)
Stiker khusus dipasang di bagian muka dan belakang KWK (Foto: kumparan.com)
Pada 3 Oktober kembali saya pergi. Paginya tanya di halte Pulomas masih belum ada. Begitu pun siangnya di halte ASMI. Malah kata mbak penjaga loket, "Pakai aja yang lama pak, masih berlaku sampai 5 Oktober".

Sore hari 4 Oktober kembali saya pergi. Begitu saya tunjukkan kartu integrasi September 2017, ditolak oleh sopir. "Kartu sudah ada tadi pagi," kata si sopir. Terpaksa saya membayar.

Eh lagi-lagi bernasib apes ketika mau membeli di loket. "Kartu sudah habis tadi pagi pak, kita cuma dapat jatah 200," kata si mbak di halte Pulomas.

Terus terang, saya jarang sekali keluar rumah. Kebetulan saja saat itu saya diundang teman menghadiri acara pameran dan seminar. Maklum kerja bisa di rumah, apalagi Jakarta selalu macet. Jadi bisa menghemat ongkos dan tenaga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun