Prof. (Riset) Naniek Harkantiningsih menjadi salah seorang narasumber dalam bincang keramik yang diselenggarakan oleh Museum Seni Rupa dan Keramik, Minggu, 6 Agustus 2017. Museum ini terletak di Jalan Poskota, di kawasan kota tua Jakarta. Sebagai arkeolog yang bekerja di Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, tentu saja Prof. Naniek berbicara tentang pecahan keramik, yang umumnya ditemukan pada sejumlah situs arkeologi. Keramik berbentuk utuhan memang jarang sekali ditemukan dalam kegiatan arkeologi.
Meskipun berbentuk pecahan, Prof. Naniek mampu mengenali dan mengidentifikasi temuan-temuan itu. Di dalam disiplin arkeologi, keramik merupakan artefak bertanggal mutlak. Tarikhnya bisa diketahui. Tarikh ini bisa digunakan untuk memberi pertanggalan pada temuan-temuan lain.
Keramik Tiongkok memiliki ciri tertentu, begitu pula keramik dari negara-negara Asia dan Eropa. Rupa-rupanya pada masa dulu, menurut Naniek, keramik merupakan barang dagangan. Keramik sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Dari Nusantara, para pedagang asing membawa barang-barang khas setiap daerah.
Akulturasi
Budi Pranata ikut memberi wawasan. Ia seorang kolektor, saat ini menjabat Ketua Himpunan Keramik Indonesia. Sebagai kolektor, tentu saja koleksinya bukan berupa pecahan. Keramik-keramik utuhan pastinya.
Namun setelah itu mereka tidak langsung kembali ke negaranya. Mereka masih menunggu datangnya angin muson. Kemungkinan mereka menetap di Nusantara selama beberapa bulan. Akibatnya terjadi akulturasi budaya. Mereka, misalnya, mengajarkan cara-cara membuat makanan. Dari penduduk Nusantara yang disinggahi, mereka juga belajar sesuatu untuk dibawa ke negaranya.
Budi pernah menulis buku tentang martavan atau guci. Menurutnya, koleksi martavan terbaik terdapat di Kalimantan. Semula martavan yang berasal dari Tiongkok itu berisi arak. Namun sesampainya di Kalimantan, orang Dayak membuang isi martavan. Hanya martavannya yang digunakan. Sejak itu hanya martavan kosong yang dijual di Kalimantan.
Sebagai kolektor, Budi mempunyai kelebihan dibandingkan masyarakat awam. Ia mampu mengidentifikasi benda keramik asli atau palsu. Bahkan umur benda tersebut.
Bregas H.M dari Sahabat Keramik berbicara tentang keramik masa kini. Ia mempunyai studio keramik di kawasan Pamulang, Banten. Katanya, menjual keramik di Indonesia susah. Para peminatnya justru adalah orang-orang asing yang tinggal di Indonesia.
Ada satu pertanyaan menarik dari pengunjung. Seorang perajin keramik, Soraya, bertanya soal mengfungsikan pecahan keramik. "Sebenarnya pecahan keramik kuno bisa dimanfaatkan untuk membuat cenderamata, seperti gantungan kunci," katanya. Menurut Naniek, di luar negeri memang ada tanda-tanda khusus terhadap cenderamata yang dijual karena bahannya merupakan benda kuno.