Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Arkeolog mandiri, senang menulis arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, olahraga, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Harta Karun Kuno dari Perairan Nusantara Dipajang di Galeri Warisan Maritim

5 Mei 2017   13:16 Diperbarui: 9 Mei 2017   05:36 544
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Koleksi yang dipajang di lantai (Foto: Djulianto Susantio)

Perairan Nusantara kita sangat luas. Sejak lama nenek moyang kita telah berdagang dengan bangsa-bangsa mancanegara. Kadang kita yang ke sana. Kadang mereka yang ke sini. Bahkan perairan kita sangat strategis, karena terletak di antara dua benua dan dua samudera besar. Maka sejak ratusan tahun bahkan ribuan tahun lalu, perairan Nusantara sering dilalui atau disinggahi kapal-kapal  mancanegara.

Musibah memang bisa terjadi mana saja dan kapan saja. Kapal-kapal dagang yang berlayar ke Nusantara atau melewati Nusantara, tercatat banyak yang mengalami bencana. Ada yang menabrak karang, mungkin ada yang terbalik kena badai, bisa jadi karena alasan teknis seperti layar robek atau bocor. Bahkan ada yang tenggelam karena peperangan. Maklum, saingan dagang kala itu memang ketat.

Rupanya bangsa Barat, seperti Spanyol, Belanda, dan Inggris sangat teliti. Mereka mencatat perjalanan kapal-kapal dagang mereka ke mana dan membawa apa. Kapal-kapal yang tidak kembali inilah yang mereka identifikasi sebagai kapal karam.

Sejak lama memang diketahui banyak kapal kargo tenggelam di perairan Nusantara, termasuk junk atau kapal Tiongkok. Para nelayan amatirlah yang dipandang berjasa. Terutama setelah pada jaring mereka tersangkut sejumlah benda kuno. Cerita dari mulut ke mulut menyebabkan pengambilan benda-benda kuno dari dasar perairan sangat marak. Bahkan harta-harta berharga itu pernah dikuras dari perairan Nusantara oleh sindikat internasional yang bermodal besar dengan peralatan canggih.  

Harta karun laut

Benda-benda kuno itu sering disebut harta karun laut. Karena bernilai ekonomis, artinya laku dijual di pasaran, sementara di pihak lain pemerintah tidak punya dana untuk mengeksplorasi kapal tenggelam, maka dilakukan kerja sama bagi hasil antara pemerintah dengan swasta. Benda-benda tersebut dikenal sebagai Benda Berharga Asal Muatan Kapal yang Tenggelam, lazim disingkat BMKT.

Sejak 2015 pemerintah mengeluarkan moratorium, artinya tidak boleh lagi ada penjualan BMKT. Eksplorasi BMKT pun dilarang. Semuanya kemudian berganti istilah Warisan Budaya Bawah Air (WBBA).

Lemari pajangan yang terlalu tinggi (Foto: Djulianto Susantio)
Lemari pajangan yang terlalu tinggi (Foto: Djulianto Susantio)
Saat ini masih banyak BMKT disimpan di gudang milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sebagian koleksi-koleksi itu kemudian dibuat tempat khusus. Lokasinya di Gedung Mina Bahari IV lantai 2, di Jalan Medan Merdeka Timur. Namanya Galeri Warisan Maritim. Untuk sementara galeri ini menghadirkan koleksi muatan kapal kargo dari perairan Belitung, Cirebon, dan Pulau Buaya (Riau). Setelah diidentifikasi oleh para arkeolog, muatan itu bertarikh abad ke-9 hingga ke-13.

Kargo Belitung, Cirebon, dan Pulau Buaya

Kargo Belitung ditemukan pada 1998 di perairan Selat Galasa, sekitar 1,6 kilometer dari lepas pantai di kedalaman 16 meter dari permukaan laut. Menurut arkeolog dari Puslit Arkenas Sonny C. Wibisono, eksplorasi dilakukan pada 1998 itu juga dan dilanjutkan pada 1999. Kapal ini diidentifikasi sebagai kapal kuno Arab dhow.

Kargo Cirebon ditemukan pada 2004. Struktur bangkai kapal yang masih tersisa sepanjang 21,80 meter dan lebar 10,40 meter. Mungkin menunjukkan teknik pembuatan kapal dari wilayah Asia Tenggara.

Benda-benda logam dari kapal karam (Foto: Djulianto Susantio)
Benda-benda logam dari kapal karam (Foto: Djulianto Susantio)
Kargo Pulau Buaya ditemukan pada 1989. Struktur kapalnya tidak diketahui karena eksplorasinya tanpa dokumentasi. Muatan yang diangkat dari kapal ini 31.000 artefak, dari sekitar 50.000 seluruh muatan.

Pewarisan nilai

Boleh dibilang memasuki Galeri Warisan Maritim, kita disuguhi benda-benda kuno berupa keramik. Memang sebagian terbesar koleksi berupa keramik. Dulu keramik merupakan benda dagang yang paling banyak disukai masyarakat. Keuntungan para arkeolog, keramik memiliki pertanggalan karena keramik yang dibuat oleh dinasti tertentu di Tiongkok memiliki ciri tertentu pula.

Selain keramik, ada tembikar atau gerabah. Di lemari lain ada benda-benda kaca, benda-benda logam, dan mata uang logam.  Sejumlah koleksi dipajang di lantai, tentu dengan memperhatikan faktor pengamanan. Sayang ada koleksi yang dipajang terlalu tinggi sehingga pengunjung tidak bisa memperhatikan detail koleksi.

Ruangan yang digunakan lumayan luas. Tersedia beberapa kursi untuk pengunjung yang ingin beristirahat. Di bagian belakang tersedia sebuah toilet. Diharapkan Galeri Warisan Maritim menjadi media pewarisan nilai dan tindakan dalam ujud destinasi edukasi. Kisahnya bisa membawa inspirasi bagi generasi muda kita.

Untuk menuju Galeri Warisan Maritim pengunjung cukup naik lift, lalu berjalan beberapa meter. Galeri ini diresmikan oleh Menteri KKP Susi Pujiastuti pertengahan Maret 2017. Belum banyak orang tahu tentang keberadaan museum khusus ini.

Silakan berkunjung ke sana setiap jam kerja, Senin hingga Jumat pukul 09.00-12.00 lanjut pukul 13.00-15.00. Tidak dikenakan biaya loh. Pengunjung cukup menuliskan nama pada buku tamu.***

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun