Agoes Widjanarko

Humaniora

From Solo to Cipali

23 Juli 2015   17:01 Diperbarui: 23 Juli 2015   17:11 622

Acara yang dihelat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( Kemen PUPR) dan Kompasiana terus terang sudah memikat saya sejak admin memajangnya di wall Kompasiana. Keinginan mengikuti acara ini menjadi sangat besar. Syukurlah saya termasuk 1 dari 50 kompasianers yang diberi kesempatan mengikutinya, setelah beberapa kali mendaftar untuk acara visit yang diadakan Kompasiana tidak lolos kali ini kesempatan undangan dari kompasiana tidak saya sia siakan. Acara yang bertajuk “Mudik Asik Lewat Tol Cipali”, Acara ini ingin mengajak Kompasianer untuk merasakan Jalan tol sepanjang 116.75 km yang sementara ini menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Selasar Stasiun Balapan Solo ( doc pribadi )

Setelah mendapat kepastian saya termasuk dalah satu undangan Visit itu, pada hari Kamis, 2 Juli 20015 saya bergegas memesan tiket untuk keberangkatan hari Jumat malam, walau tiket Kereta Api saat itu terasa mahal tidak menjadi masalah buat saya, saya berangkat dari Solo kota tercinta. Saya berangkat dari stasiun Balapan Solo, akhirnya pagi menjelang Subuh sekitar jam 4.00 WIB perjalanan yang ditempuh selama hampir 8 jam lebih sampailah saya di stasiun Gambir, karena masih pagi saya memutuskan untuk mandi dulu di stasiun, kebetuan di stasiun sekarang ada hotel transit buat sekedar mandi dan membersihkan badan, dengan membayar Lima Puluh Ribu Rupiah badan sudah fresh dan siap meluncur ke kantor Kemen PUPR, saya menggunakan Taxi untuk sampai ke kantor Kemen PUPR di Jalan Patimura Jakarta Selatan, walau untuk pertama kali saya datang ke kantor ini tapi tidak terlalu sulit untuk menemukannya, datang sedikit terlalu awal di Kantor Kemen PUPR yang megah, jam 05.49 saya sudah berada di halaman depan. Beberapa kompasianer yang sudah hadir seperti mas ahmad dan beberapa staf dari kantor Kemen PUPR. Sambil menunggu teman yang lain saya mengintari kantor ini, kesan saya memang Kantor ini didesain sangat matang dan detail, saya coba menengok toilet karena disini ukuran pertama sebuah gedung bisa dinilai, kalau toilet bersih tentu yang lain juga bersih, beberapa sudut Gedung saya gunakan untuk sekedar Selfi Sempat juga kami mejeng narsis di dalam kantor ini sebagai kenang-kenangan dan sebagai bukti saya telahmengunjungi kantor ini.

Gedung megah Kantor Kemen PUPR ( doc pribadi )

Sekitar Jam 6.30 secara bergelombang Kompasianer mulai berdatangan ke kantor Kemen PUPR yang terletak di Jalan Pattimura Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Panitia, yaitu Admin Kompasiana dan para staf dari Kemen PUPR terlihat sibuk dan mempersiapkan segala sesuatunya guna persiapan perjalanan ke Tol Cipali, 2 bus yang sudah nongkrong di depan kantor Kemen PUPR siap mengantarkan kami peserta yang berjumlah 50 Kompasianer ini. MC hari itu adalah mas Yos, yang saya baru sekali melihatnya. Beberapa kompasianers nampaknya sudah cukup akrab dengan MC yang kurus dan manis itu, setelah diawali dengan sambutan ibu Lisniari Munthe mewakili KemenPUPR. Setelah foto bersama dan pembagian bus, Kompasianer segera bergerak menuju 2 buah bus yang sudah disiapkan.

Ibu Lisniari Munthe mewakili Kemen PUPR ( doc pribadi )

Mas Yos memulai dengan membagi menjadi 2 kelompok dan dibagi menjadi 2 bus kecil yang sudah tersedia, akhirnya tepat jam 7.00 WIB kami rombongan berangkat dengan dikawal oleh Vooridjer. Terus terang seumur hidup saya baru punya kesempatan buat perjalanan melewati Tol Cikampek maklum kalo ada acara ke Jakarta saya lebih sering menggunakan Kereta Api ataupun menggunakan Pesawat Terbang, Keluar dari Exit Toll Senayan kami rombongan menyusuri jalan Tol Cawang dan kemudian masuk ke Jalan Tol Cikampek, di dalam perjalanan kebetulan saya ada di rombongan bus bersama mas Yos yang terus ngocol dan sedikit centil menyilakan kompasianers untuk mengikuti kuis dengan beberapa hadiah yang dibagikan.

Suasana di dalam bus ( doc pribadi )