Mohon tunggu...
Diyarilma Anggun Ratu Innayah
Diyarilma Anggun Ratu Innayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWI UNIVERSITAS MERCU BUANA | PRODI S1 AKUNTANSI | NIM 43223010203

Mata Kuliah: Pendidikan Anti Korupsi dan Kode Etik UMB. Dosen Pengampu: Prof. Dr. Apollo Daito, S.E, Ak, M.Si., CIFM., CIABV., CIABG

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Kebatinan Mangkunegara IV pada Upaya Pencegahan Korupsi dan Transformasi Memimpin Diri Sendiri

28 November 2024   12:21 Diperbarui: 28 November 2024   12:21 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendahuluan

Korupsi adalah salah satu masalah terbesar yang masih dihadapi banyak negara, termasuk Indonesia. Masalah ini bukan cuma soal kehilangan uang negara, tapi juga merusak kepercayaan masyarakat pada pemerintah dan sistem yang ada. Nggak heran, banyak pihak mencari cara terbaik untuk mencegah korupsi, baik melalui aturan hukum, pengawasan, maupun pendidikan nilai-nilai antikorupsi. Di Indonesia sendiri, sebenarnya kita punya banyak tokoh dan tradisi yang bisa jadi inspirasi dalam melawan korupsi, salah satunya adalah Mangkunegara IV, seorang pemimpin sekaligus filsuf dari Surakarta.

Mangkunegara IV, yang memimpin Praja Mangkunegaran pada abad ke-19, bukan hanya dikenal sebagai seorang raja, tapi juga sebagai pemikir yang mendalami kebatinan dan nilai-nilai moral. Salah satu karyanya yang terkenal, "Serat Wedhatama", berisi ajaran tentang bagaimana seseorang bisa memimpin dirinya sendiri sebelum memimpin orang lain. Menurutnya, kalau seseorang bisa mengendalikan diri dan bertindak berdasarkan nilai-nilai yang benar, maka kemungkinan untuk melakukan penyimpangan seperti korupsi akan jauh lebih kecil. Ajaran ini sangat relevan, apalagi kalau kita lihat banyak kasus korupsi hari ini yang sering berawal dari lemahnya kontrol diri dan keserakahan.

Di zaman modern ini, ajaran Mangkunegara IV masih punya tempat, terutama dalam menghadapi tantangan moral. Korupsi sering kali terjadi karena orang lupa dengan nilai-nilai dasar, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan rasa malu. Dalam ajaran kebatinan Jawa, hal ini sering disebut sebagai "lali marang urip sejati"---melupakan makna hidup yang sebenarnya. Maka dari itu, ajaran Mangkunegara IV yang menekankan pentingnya transformasi diri menjadi sangat menarik untuk dijadikan referensi, khususnya bagi generasi muda yang akan menjadi pemimpin masa depan.

Kalau kita bicara tentang kebatinan menurut Mangkunegara IV, inti dari ajarannya adalah bagaimana seseorang bisa mencapai harmoni dalam hidup. Harmoni ini nggak cuma soal hubungan dengan orang lain, tapi juga dengan diri sendiri dan Tuhan. Dalam konteks korupsi, harmoni ini berarti bagaimana seseorang bisa tetap lurus meskipun ada banyak godaan untuk menyimpang. Misalnya, ketika seseorang dihadapkan pada peluang untuk mengambil sesuatu yang bukan haknya, nilai-nilai kebatinan bisa menjadi "rem" yang menahan seseorang dari melakukan hal tersebut.

Mangkunegara IV percaya bahwa seorang pemimpin yang baik harus mulai dengan memimpin dirinya sendiri. Konsep ini dikenal dengan istilah "ngelmu kawruh", yang kurang lebih artinya adalah belajar mengenali diri sendiri dan memahami apa yang benar-benar penting dalam hidup. Pemimpin yang sudah berhasil mengendalikan dirinya akan lebih mampu membuat keputusan yang adil dan jujur. Dengan kata lain, kalau kita ingin mencegah korupsi, langkah pertama adalah memastikan setiap individu memiliki fondasi moral yang kuat.

Nah, bagaimana caranya agar kita bisa memimpin diri sendiri seperti yang diajarkan Mangkunegara IV? Jawabannya ada di tiga hal utama: introspeksi, disiplin, dan pengendalian diri. Introspeksi adalah kemampuan untuk melihat ke dalam diri sendiri dan memahami kekurangan atau kesalahan yang pernah dilakukan. Disiplin adalah komitmen untuk terus belajar dan menjaga diri agar tetap berada di jalur yang benar. Sementara itu, pengendalian diri adalah kemampuan untuk menahan godaan dan tidak mudah tergoda oleh hal-hal yang merugikan orang lain.

Mangkunegara IV juga menekankan pentingnya keberanian untuk bertindak benar, meskipun kadang itu berarti harus mengambil risiko. Dalam bahasa Jawa, konsep ini dikenal sebagai "berani benar". Misalnya, seorang pemimpin harus berani menolak suap atau melakukan tindakan yang tidak sesuai aturan, meskipun itu bisa membuatnya tidak disukai. Selain itu, ada juga nilai "legawa", yaitu sikap menerima konsekuensi dari keputusan yang sudah diambil dengan ikhlas. Kedua nilai ini, jika diterapkan, bisa menjadi dasar untuk membangun tata kelola yang bersih dan transparan.

Di zaman sekarang, banyak orang yang cenderung fokus pada hasil daripada proses. Kadang, karena ingin cepat sukses atau mendapatkan keuntungan besar, orang jadi mengabaikan nilai-nilai moral. Inilah yang sering menjadi akar dari korupsi. Maka dari itu, ajaran Mangkunegara IV tentang pentingnya "ngelmu" bisa menjadi pengingat bahwa proses belajar dan memahami diri sendiri adalah kunci untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ketika seseorang memiliki nilai moral yang kuat, ia akan lebih tahan terhadap godaan untuk melakukan hal-hal yang merugikan orang lain.

Artikel ini mencoba untuk melihat lebih dalam bagaimana kebatinan Mangkunegara IV bisa diterapkan dalam upaya mencegah korupsi. Selain itu, artikel ini juga akan membahas bagaimana ajaran tersebut relevan dengan tantangan kepemimpinan di era modern. Kita akan mengeksplorasi gagasan-gagasan yang ada dalam Serat Wedhatama dan bagaimana ajaran itu bisa menjadi inspirasi untuk membangun budaya antikorupsi di kalangan generasi muda.

Pada akhirnya, pencegahan korupsi bukan cuma soal memperbaiki sistem atau membuat aturan baru. Lebih dari itu, ini soal bagaimana setiap individu bisa menjadi pemimpin yang baik bagi dirinya sendiri. Seperti yang diajarkan Mangkunegara IV, perubahan besar selalu dimulai dari diri sendiri. Ketika kita sudah berhasil mengendalikan hawa nafsu dan keserakahan, maka kita juga akan lebih mudah menjalankan peran kita di masyarakat dengan jujur dan adil. Inilah inti dari kebatinan Mangkunegara IV yang relevan untuk kita pelajari dan terapkan.

Profil dan Latar Belakang Mangkunegara IV

Kalau bicara soal pemimpin Jawa yang terkenal dengan pemikiran bijaknya, salah satu nama yang nggak bisa dilewatkan adalah Mangkunegara IV. Beliau adalah seorang raja sekaligus filsuf yang membawa Mangkunegaran menjadi lebih maju di berbagai bidang, seperti ekonomi, budaya, dan moral. Nama aslinya adalah Raden Mas Sudiro, lahir pada tahun 1811 di Surakarta. Mangkunegara IV memimpin Kadipaten Mangkunegaran dari tahun 1853 hingga 1881, dan selama itu beliau meninggalkan banyak sekali warisan berharga, terutama dalam bentuk karya sastra dan ajaran kebatinan.

Menjadi Mangkunegara IV

Pada tahun 1853, setelah Mangkunegara III wafat, Raden Mas Sudiro diangkat menjadi Mangkunegara IV pada usia 42 tahun. Dari sinilah cerita kepemimpinannya dimulai. Masa pemerintahannya berlangsung hampir tiga dekade, dan selama itu beliau membawa banyak perubahan positif bagi Mangkunegaran. Salah satu fokus utamanya adalah memperbaiki sistem pemerintahan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Mangkunegara IV dikenal sebagai pemimpin yang disiplin, bijaksana, dan sangat peduli pada rakyatnya. Ia membuat reformasi di berbagai bidang, mulai dari ekonomi hingga pendidikan. Di sektor ekonomi, misalnya, beliau mengembangkan perkebunan yang menjadi sumber pendapatan utama Mangkunegaran. Beliau juga menerapkan sistem pengelolaan yang lebih efisien untuk memastikan semua hasil kerja benar-benar dinikmati oleh rakyat.

Mangkunegara IV dan Sastra Jawa

Selain sukses sebagai pemimpin, Mangkunegara IV juga meninggalkan jejak yang besar dalam dunia sastra. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah "Serat Wedhatama", sebuah karya sastra dalam bentuk tembang macapat yang berisi ajaran moral dan spiritual. Serat Wedhatama ini adalah semacam "panduan hidup" yang mengajarkan bagaimana seseorang bisa hidup dengan bijak, terutama dengan memahami dirinya sendiri dan menjaga hubungan harmonis dengan Tuhan serta sesama manusia.

Pesan utama dalam Serat Wedhatama adalah pentingnya belajar dan introspeksi. Mangkunegara IV percaya bahwa untuk menjadi pribadi yang baik, seseorang harus terus belajar dan memperbaiki diri. Menurut beliau, kebahagiaan sejati bukan berasal dari harta atau jabatan, tapi dari kemampuan untuk mengendalikan diri dan menjalani hidup dengan nilai-nilai yang benar.

Selain Serat Wedhatama, Mangkunegara IV juga menulis karya lain seperti "Serat Tripama", yang menceritakan tentang keberanian dan kesetiaan melalui tokoh-tokoh wayang. Karya-karya beliau bukan hanya dianggap sebagai sastra yang indah, tapi juga memiliki nilai-nilai moral yang relevan untuk kehidupan sehari-hari.

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

Kepemimpinan Mangkunegara IV

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV adalah salah satu pemimpin besar dari Kadipaten Mangkunegaran. Ajarannya sering dituangkan dalam karya sastra seperti Serat Wedhatama, yang hingga sekarang masih menjadi acuan dalam kepemimpinan dan filosofi hidup masyarakat Jawa.

Kategori Kepemimpinan "Raos Gesang"

Mangkunegara IV menggambarkan bahwa seorang pemimpin harus memiliki "Raos Gesang", yang berarti memahami dan menghayati rasa kehidupan. Ada beberapa prinsip dalam Raos Gesang ini, yaitu:

  1. Bisa Rumangsa, ojo rumangsa bisa
    Artinya, seorang pemimpin harus memiliki rasa empati dan peka terhadap keadaan orang lain. Pemimpin yang baik mampu merasakan apa yang dirasakan rakyatnya, bukan hanya merasa paling bisa atau hebat. Dalam bahasa modern, ini sering diartikan sebagai pemimpin yang rendah hati dan tidak sombong.
  2. Angrasa Wani
    Pemimpin yang memiliki keberanian untuk bertindak. Wani di sini bukan hanya berani mengambil risiko, tetapi juga berani mengakui kesalahan dan berinovasi untuk menciptakan perubahan yang lebih baik.
  3. Angrasa Kleru
    Ini adalah kemampuan untuk mengakui kesalahan atau kekeliruan. Dalam budaya Jawa, seorang ksatria sejati bukanlah yang selalu merasa benar, tetapi yang mampu introspeksi dan bertanggung jawab atas kesalahannya.
  4. Bener tur Pener
    Artinya, seorang pemimpin harus bertindak benar secara prinsip (bener) dan tepat sasaran (pener). Konsep ini mengingatkan bahwa kebenaran saja tidak cukup; tindakan juga harus sesuai dengan konteks dan kebutuhan rakyat.

Kategori Kepemimpinan: Jangan Gampang Terkesima

Selain Raos Gesang, Mangkunegara IV juga menekankan pentingnya menjaga diri agar tidak mudah terpengaruh atau terkesima dengan hal-hal yang sifatnya sementara. Prinsip ini disebut dengan "Aja Gumunan", yang artinya jangan mudah kagum. Filosofi ini kemudian dipecah menjadi beberapa bagian:

  1. Aja Kagetan
    Jangan mudah kaget atau panik menghadapi situasi. Pemimpin yang baik harus tetap tenang dan mampu berpikir jernih meskipun menghadapi masalah besar.
  2. Aja Dumeh
    Jangan sombong hanya karena memiliki kekuasaan, jabatan, atau kemampuan lebih. Dumeh adalah sikap yang harus dihindari karena sering membuat seseorang lupa diri dan akhirnya merugikan orang lain.
  3. Prasaja
    Pemimpin harus hidup sederhana dan tidak berlebihan. Sikap ini mencerminkan kepribadian yang merakyat dan membuat rakyat merasa dekat dengan pemimpinnya.
  4. Manjing Ajur-Ajer
    Pemimpin yang baik harus bisa berbaur dengan semua kalangan tanpa melihat status sosial. Filosofi ini mengajarkan bahwa pemimpin tidak boleh menciptakan jarak dengan rakyatnya, tetapi harus mampu menjadi bagian dari masyarakat dan melayani mereka.

Kategori Kepemimpinan Asta Brata

Dalam filosofi Jawa, Asta Brata adalah ajaran kepemimpinan yang diambil dari Serat Ramajarwa, yang juga diadopsi oleh Mangkunegara IV. Asta Brata menggambarkan delapan sifat alam yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Berikut adalah penjelasannya:

  1. Ambeging Lintang
    Pemimpin harus menjadi seperti bintang, yaitu menjadi teladan yang terang dan memberikan arah atau panduan bagi orang lain.
  2. Ambeging Surya
    Pemimpin harus memiliki sifat seperti matahari: terang, penuh energi, adil, dan memberikan kekuatan kepada rakyatnya.
  3. Ambeging Rembulan
    Pemimpin diibaratkan seperti rembulan, yang membawa keindahan dan ketenangan di tengah kegelapan atau malam. Hal ini mencerminkan sikap pemimpin yang mampu memberikan ketentraman dalam situasi sulit.
  4. Ambeging Angin
    Pemimpin harus seperti angin, yang memberikan kesejukan dan solusi. Angin hadir di mana saja tanpa terlihat tetapi dampaknya terasa.
  5. Ambeging Mendhung
    Pemimpin harus seperti mendung, yaitu membawa keberkahan seperti hujan. Mendhung juga melambangkan wibawa yang melindungi rakyatnya.
  6. Ambeging Geni
    Pemimpin harus seperti api, yang tegas dan menegakkan hukum dengan adil. Api melambangkan semangat untuk terus memperjuangkan kebenaran.
  7. Ambeging Banyu
    Seperti air, pemimpin harus fleksibel dan mampu menampung berbagai perbedaan, serta memberikan manfaat bagi semua orang.
  8. Ambeging Bumi
    Pemimpin harus seperti bumi, yang kuat, kokoh, dan memberikan kehidupan bagi semua makhluk tanpa pamrih.

Kategori Kepemimpinan: Tiga Tingkatan

Mangkunegara IV juga membagi kepemimpinan menjadi tiga tingkatan, yang dikenal sebagai:

  1. Nistha
    Pemimpin yang buruk dan tidak benar, biasanya hanya menggunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi atau golongannya.
  2. Madya
    Pemimpin yang cukup baik, mengetahui hak dan kewajibannya, tetapi belum mampu melampaui batas dasar kepemimpinan.
  3. Utama
    Pemimpin yang ideal, melampaui ekspektasi rakyat, dan mampu memberikan pengaruh positif yang besar bagi masyarakat.

Penerapan Filosofi Mangkunegara IV

Ajaran-ajaran kepemimpinan Mangkunegara IV ini bukan hanya untuk pemimpin formal seperti raja atau pejabat, tetapi juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya:

  • Bisa Rumangsa, ojo rumangsa bisa bisa diterapkan dengan selalu introspeksi dan tidak merasa paling benar saat bekerja dalam tim.
  • Ambeging Geni mengajarkan pentingnya bertindak tegas tetapi tetap adil dalam menyelesaikan konflik.
  • Prasaja mengingatkan kita untuk hidup sederhana dan tidak berlebihan, meskipun memiliki kemampuan atau rezeki yang lebih.

Relevansi di Era Modern

Ajaran Mangkunegara IV sangat relevan dengan tantangan zaman sekarang. Di tengah maraknya korupsi, misalnya, ajaran tentang Bener tur Pener bisa menjadi pedoman bahwa setiap tindakan harus benar dan tepat sasaran. Prinsip Aja Dumeh juga mengingatkan bahwa kekuasaan bukan alasan untuk bersikap arogan atau menyalahgunakan wewenang.

Dalam dunia yang serba cepat ini, filosofi Aja Kagetan juga sangat penting. Kita diajarkan untuk tetap tenang dan berpikir jernih saat menghadapi tekanan, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi.

Konsep Kepemimpinan dalam Serat Pramayoga

Serat Pramayoga adalah salah satu karya sastra Jawa yang berisi panduan nilai-nilai kepemimpinan. Dalam karya ini, khususnya dalam konteks pemikiran KGPAA Mangkunegaran IV (Raden Mas Sudiro), terdapat delapan prinsip penting yang dibagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu 5 Hang dan 3 Ha. Prinsip-prinsip ini menekankan tanggung jawab seorang pemimpin untuk menciptakan kesejahteraan, keharmonisan, dan keberlanjutan dalam masyarakat.

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

Kategori 5 Hang

Kelompok pertama, 5 Hang, menyoroti lima aspek penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing prinsip:

  1. Hang Uripi (Mewujudkan Kehidupan Baik)
    Seorang pemimpin harus mampu menciptakan kehidupan yang sejahtera bagi rakyatnya. Hal ini mencakup kesejahteraan fisik, seperti akses terhadap pangan, sandang, dan papan, serta kesejahteraan mental dan spiritual.
    Contoh: Dalam konteks modern, seorang pemimpin negara yang memberikan kebijakan subsidi pangan untuk masyarakat kurang mampu bisa dikategorikan sebagai pemimpin yang "hang uripi".
  2. Hang Rungkepi (Berani Berkorban)
    Pemimpin yang ideal harus siap mengorbankan waktu, tenaga, bahkan kepentingan pribadinya demi rakyat atau bawahannya. Berani berkorban juga berarti mampu mendahulukan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi.
    Contoh: Pemimpin perusahaan yang mengutamakan kesejahteraan karyawannya meskipun perusahaan sedang menghadapi krisis adalah contoh nyata dari nilai ini.
  3. Hang Ruwat (Menyelesaikan Masalah)
    Tugas seorang pemimpin adalah menjadi pemecah masalah (problem solver) dalam berbagai situasi. Dalam konteks ini, pemimpin tidak boleh menghindari konflik atau tanggung jawab, melainkan harus mencari solusi yang adil dan efektif.
    Contoh: Dalam kasus konflik antarwarga, seorang kepala desa yang mampu memediasi dan menyelesaikan permasalahan tanpa memihak adalah implementasi dari prinsip ini.
  4. Hang Ayomi (Memberikan Perlindungan)
    Pemimpin harus melindungi rakyat atau bawahannya dari ancaman, baik dari dalam maupun luar. Perlindungan ini mencakup aspek keamanan, kesejahteraan sosial, dan stabilitas.
    Contoh: Pemerintah yang membuat kebijakan untuk melindungi buruh dari eksploitasi perusahaan adalah wujud nyata dari "hang ayomi".
  5. Hang Uribi (Menyala, Memberikan Motivasi)
    Seorang pemimpin harus bisa memberikan semangat atau motivasi kepada rakyat atau timnya. Kepemimpinan yang inspiratif membuat orang-orang di bawahnya merasa optimis dan mau berkontribusi.
    Contoh: Dalam dunia pendidikan, seorang guru yang memberikan motivasi kepada siswa untuk terus belajar meskipun di tengah keterbatasan adalah contoh "hang uribi".

Kategori 3 Ha

Kelompok kedua, 3 Ha, menekankan tiga kualitas tambahan yang melengkapi peran seorang pemimpin. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing prinsip:

  1. Ha Mayu (Harmoni, Keindahan, Kerukunan)
    Pemimpin harus bisa menciptakan harmoni di antara anggota masyarakatnya. Kerukunan ini tidak hanya dalam hubungan antarmanusia tetapi juga dengan lingkungan sekitar.
    Contoh: Pemimpin yang mendorong toleransi antarumat beragama melalui kebijakan atau program sosial adalah contoh penerapan "ha mayu".
  2. Ha Mengkoni (Membuat Persatuan)
    Prinsip ini menekankan pentingnya pemimpin sebagai perekat sosial yang bisa menyatukan orang-orang dari latar belakang yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama.
    Contoh: Dalam konteks organisasi, seorang manajer yang berhasil membuat tim dari divisi berbeda bekerja sama secara efektif menunjukkan nilai "ha mengkoni".
  3. Ha Nata (Bisa Mengatur atau Menata)
    Pemimpin yang baik harus memiliki kemampuan manajerial yang kuat. Mereka harus bisa mengelola sumber daya, merencanakan strategi, dan menata organisasi atau komunitas dengan baik.
    Contoh: Kepala daerah yang mampu mengelola anggaran dengan efisien untuk membangun infrastruktur tanpa melupakan kebutuhan dasar rakyatnya adalah contoh "ha nata".

Mengapa Prinsip-Prinsip Ini Penting dalam Kepemimpinan?

Prinsip-prinsip dari 5 Hang dan 3 Ha bukan sekadar nilai-nilai tradisional yang ketinggalan zaman, melainkan pedoman yang relevan untuk semua jenis pemimpin, baik di bidang pemerintahan, bisnis, maupun komunitas. Berikut adalah beberapa alasan mengapa prinsip ini penting:

  1. Menyeimbangkan Kepemimpinan Moral dan Praktis
    Prinsip-prinsip ini menggabungkan aspek moral (seperti keberanian dan pengorbanan) dengan keterampilan praktis (seperti kemampuan menata dan menyelesaikan masalah).
  2. Fokus pada Kepentingan Bersama
    Semua nilai ini menekankan pentingnya mendahulukan kesejahteraan masyarakat atau tim dibandingkan kepentingan pribadi. Ini sangat penting untuk menciptakan kepercayaan dan rasa hormat dari orang-orang yang dipimpin.
  3. Relevansi Universal
    Meskipun berasal dari budaya Jawa, nilai-nilai ini memiliki relevansi universal. Nilai seperti harmoni, perlindungan, dan motivasi adalah elemen penting dalam kepemimpinan di mana saja.

Prinsip 5 Hang dan 3 Ha dari Serat Pramayoga memberikan panduan yang lengkap untuk menjadi pemimpin yang baik. Nilai-nilai ini tidak hanya relevan untuk pemimpin formal, tetapi juga untuk semua orang yang ingin membawa perubahan positif di komunitasnya. Sebagai mahasiswa, kita bisa belajar dari prinsip ini untuk mengasah keterampilan kepemimpinan kita sejak dini, sehingga nanti bisa menjadi pemimpin yang bermanfaat bagi masyarakat.

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

Prinsip-Prinsip Kepemimpinan dalam Serat Wedhotomo

1. Eling lan Waspada (Eling Tuhan, Waspada dengan Sesama, dan Alam)

Prinsip pertama ini menekankan pentingnya kesadaran diri sebagai pemimpin. Eling berarti selalu mengingat Tuhan, serta selalu berusaha untuk tidak melupakan tujuan hidup yang lebih besar dan spiritual. Seorang pemimpin yang baik harus tahu bahwa tugasnya bukan hanya untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya, tetapi juga untuk kebaikan masyarakat dan Tuhan.

Selain itu, waspada dengan sesama dan alam mengajarkan kita untuk selalu berhati-hati terhadap tindakan yang bisa merugikan orang lain dan lingkungan sekitar. Waspada dalam konteks ini berarti tidak hanya waspada terhadap tindakan musuh atau ancaman dari luar, tetapi juga terhadap ketidakadilan atau hal-hal yang dapat merusak hubungan antar individu dalam suatu kelompok atau masyarakat.

Contoh implementasinya: Seorang pemimpin yang selalu mengingat Tuhan dalam setiap keputusannya dan memperhatikan kesejahteraan sesama serta kelestarian alam akan menjadi pemimpin yang disegani dan dihormati.

2. Atetambo Yen Wus Bucik (Jangan Sampai Berobat Setelah Luka)

Prinsip ini mengajarkan kita untuk bertindak preventif atau mencegah masalah sebelum terjadi. Dalam kepemimpinan, ini berarti seorang pemimpin harus bisa merencanakan dengan baik dan tidak menunggu masalah muncul baru bertindak. Ketika masalah sudah terjadi, akan lebih sulit untuk menyelesaikannya dibandingkan jika masalah tersebut bisa dihindari sejak awal.

Contoh: Dalam dunia perusahaan, seorang manajer yang selalu memastikan bahwa timnya tidak kelebihan beban kerja agar tidak terjadi burnout, akan lebih berhasil dibandingkan dengan manajer yang hanya bereaksi setelah anggota tim merasa tertekan dan lelah.

3. Awya Mematuh Nalutuh (Menghindari Sifat Angkara, Perbuatan Nista)

Pemimpin harus menghindari sifat-sifat buruk seperti angkara (kemarahan yang tidak terkendali) dan perbuatan nista (perbuatan buruk yang tidak sesuai dengan moral). Seorang pemimpin yang baik harus bisa menjaga emosinya dan bertindak sesuai dengan prinsip moral dan etika yang baik.

Misalnya, pemimpin yang marah-marah tanpa alasan yang jelas atau melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan norma, seperti korupsi atau ketidakadilan, bukanlah pemimpin yang baik. Sebaliknya, seorang pemimpin yang bijaksana akan selalu menjaga integritas dan memperlakukan orang lain dengan adil.

4. Kareme Anguwus-Uwus Owose Tan Ana, Mung Janjine Muring-Muring (Marah-marah pada Orang Lain Tanpa Alasan)

Prinsip ini mengajarkan kita untuk tidak bertindak gegabah, seperti marah-marah tanpa alasan yang jelas. Pemimpin yang baik seharusnya tidak terbawa emosi dan bertindak tanpa pertimbangan yang matang. Kemarahan yang tidak terkendali bisa merusak hubungan dan menciptakan ketegangan yang tidak perlu.

Sebagai contoh, seorang pemimpin yang mengkritik atau memberikan instruksi tanpa alasan yang jelas atau tanpa memberikan penjelasan yang baik hanya akan menciptakan kebingungan dan ketidakpuasan di antara bawahannya.

5. Gonyak-Ganyuk Ngelingsemi (Kurang Sopan Santun, Memalukan)

Prinsip ini mengingatkan pemimpin untuk selalu menjaga sikap dan adab. Seorang pemimpin harus menunjukkan contoh yang baik dalam hal sopan santun. Tidak hanya dalam perkataan, tetapi juga dalam tindakan. Jika pemimpin bersikap kasar atau tidak sopan, maka hal itu akan ditiru oleh bawahannya dan menciptakan budaya yang tidak sehat dalam suatu organisasi.

Contoh: Seorang pemimpin yang berbicara kasar kepada timnya akan membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman. Sebaliknya, pemimpin yang selalu menjaga sikap sopan santun akan menciptakan lingkungan yang harmonis dan produktif.

6. Nggugu Karepe Priyangga (Jangan Bertindak Sendiri Tidak Bisa Diatur)

Prinsip ini menekankan pentingnya kerjasama dan kemampuan untuk mendengarkan orang lain. Seorang pemimpin tidak boleh bertindak semena-mena dan selalu mengutamakan kepentingan pribadi. Sebaliknya, pemimpin harus bisa bekerja sama dengan tim, mendengarkan pendapat orang lain, dan menerima masukan yang konstruktif.

Contoh implementasi: Dalam sebuah tim proyek, seorang pemimpin yang terbuka untuk diskusi dan tidak bertindak semau gue akan lebih dihargai oleh anggota timnya.

7. Traping Angganira (Dapat Menempatkan Diri)

Seorang pemimpin harus bisa menempatkan diri dengan baik dalam setiap situasi. Artinya, pemimpin harus peka terhadap kondisi sekitar dan mengetahui kapan harus bertindak dengan tegas dan kapan harus bersikap lebih lembut. Pemimpin yang bisa menempatkan diri dengan baik akan lebih dihormati dan diikuti oleh bawahannya.

Contoh: Pemimpin yang bisa memahami perasaan bawahannya ketika mereka sedang mengalami kesulitan atau tekanan akan lebih dihargai.

8. Angger Ugering Keprabon (Mematuhi Tatanan Negara)

Sebagai pemimpin, kita harus mematuhi hukum dan tatanan yang berlaku. Seorang pemimpin tidak boleh melanggar hukum atau merusak tatanan yang telah dibangun, baik di tingkat negara, organisasi, maupun komunitas. Dengan mematuhi hukum dan aturan yang ada, pemimpin akan menjadi teladan yang baik bagi orang lain.

9. Bangkit Ajur-Ajer (Bergaul dengan Siapapun)

Prinsip ini mengajarkan pemimpin untuk tidak membeda-bedakan orang lain. Seorang pemimpin yang bijaksana harus bisa bergaul dengan siapa saja, tanpa memandang status sosial, ekonomi, atau latar belakang. Pemimpin yang bersikap inklusif akan mendapatkan lebih banyak dukungan dan kepercayaan dari masyarakat.

10. Mung Ngenaki Tyasing Lyan (Menyengkan Orang Lain Meski Berbeda)

Pemimpin yang baik harus bisa menghargai perbedaan dan tidak membuat orang lain merasa rendah diri atau tersingkir. Dalam kepemimpinan, inklusivitas adalah kunci untuk menciptakan kesatuan dan keberagaman yang sehat. Pemimpin yang menghargai orang lain meski berbeda akan membangun hubungan yang lebih kuat dan produktif.

11. Den Iso Mbasuki Ujaring Janmi (Pura-pura Bodoh)

Seringkali, dalam kehidupan sosial, seseorang harus bisa menunjukkan sikap rendah hati dan tidak menyombongkan diri. Seorang pemimpin yang bijaksana akan menghindari sikap sombong dan memilih untuk bertindak dengan rendah hati, meskipun dia memiliki banyak pengetahuan atau kekuasaan.

12. Sinamun Ing Samudana (Cara Halus Pura-pura)

Sikap bijaksana dalam kepemimpinan juga mencakup kemampuan untuk bertindak dengan cara yang halus, tidak kasar. Pemimpin yang bijaksana akan menghindari perpecahan dengan bertindak dengan cara yang lebih lembut dan bijaksana.

13. Ngandhar-Andhar Angendhukur (Berbicara Baik, Logis, Jelas, dan Rendah Hati)

Prinsip ini mengajarkan pemimpin untuk berbicara dengan cara yang logis dan jelas. Pemimpin yang baik harus mampu menyampaikan pesan dengan cara yang tidak hanya bisa dimengerti, tetapi juga diterima dengan baik oleh orang lain. Selain itu, berbicara dengan rendah hati akan membuat pesan yang disampaikan lebih efektif.

14. Anggung Gumrunggung (Suka Sombong Itu Bodoh)

Pemimpin yang sombong akan kehilangan kepercayaan dari orang lain. Sifat sombong dapat merusak hubungan dan menurunkan kredibilitas pemimpin tersebut. Sebaliknya, seorang pemimpin yang rendah hati akan lebih dihargai dan disegani.

15. Ugungan Sedina-Dina (Ingin Dipuji Tiap Hari)

Pemimpin yang terus-menerus ingin dipuji adalah pemimpin yang tidak memahami tujuan kepemimpinan yang sebenarnya.

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

Pemimpin yang Tekun dan Mengurangi Hawa Nafsu

Seorang pemimpin yang baik harus bisa menunjukkan ketekunan, bukan hanya dalam bekerja tetapi juga dalam mengendalikan dirinya. Mengurangi hawa nafsu adalah hal yang penting agar pemimpin tidak terjebak dalam dorongan untuk mendapatkan kekayaan atau kekuasaan secara berlebihan. Dalam teks ini, mengurangi hawa nafsu bisa dilakukan melalui puasa, tirakat, dan olah batin. Ini bukan hanya tentang menahan diri dari makan, tetapi lebih kepada menahan diri dari keinginan-keinginan yang bisa merugikan diri sendiri atau orang lain. Tirakat dan olah batin adalah bentuk latihan untuk menjaga keseimbangan pikiran dan jiwa seorang pemimpin, agar tidak terbawa emosi atau nafsu yang dapat mengganggu pengambilan keputusan.

Dengan cara ini, pemimpin dapat tetap fokus pada tujuannya, yaitu untuk kebaikan bersama, bukan sekedar untuk kepentingan pribadi. Ketika pemimpin mampu mengendalikan hawa nafsunya, ia dapat lebih bijaksana dalam memimpin dan membuat keputusan yang adil untuk semua orang, tanpa dipengaruhi oleh godaan materi atau kekuasaan.

Jalan Prihatin dan Berkarya Siang Malam

Pemimpin yang baik juga diharapkan untuk menjalani jalan prihatin, yang mengandung makna hidup sederhana dan tidak berlebihan. Jalan prihatin ini bukan berarti hidup dalam kesusahan atau penderitaan, tetapi lebih kepada hidup dengan penuh kesadaran dan tidak terjebak dalam kemewahan atau kepentingan pribadi. Jalan prihatin ini juga diikuti dengan berkarya siang malam, yang berarti pemimpin harus selalu bekerja keras untuk kepentingan orang banyak. Berkarya tidak hanya terbatas pada pekerjaan fisik, tetapi juga mencakup peran seorang pemimpin dalam memberikan contoh yang baik bagi orang lain. Pemimpin yang baik tidak hanya bekerja untuk dirinya sendiri, tetapi juga berusaha memperbaiki keadaan di sekitar dan memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil memberi manfaat bagi banyak orang.

Pemimpin yang berkarya siang malam ini haruslah seorang yang tidak mengenal lelah, baik dalam pekerjaan maupun dalam menjaga hubungan baik dengan masyarakat. Ini bisa mencakup banyak hal, mulai dari bekerja keras dalam menjalankan tugas negara hingga terlibat dalam kegiatan sosial atau pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Dengan cara ini, seorang pemimpin dapat menunjukkan komitmennya untuk bekerja keras demi kebaikan orang banyak.

Menciptakan Hati yang Tentram

Selain tekun dan bekerja keras, seorang pemimpin juga perlu memiliki hati yang tentram. Hati yang tentram berarti ketenangan batin yang memungkinkan pemimpin untuk tetap tenang dalam menghadapi berbagai tantangan. Seorang pemimpin dengan hati yang tentram akan lebih bijaksana dalam menghadapi masalah, lebih sabar, dan tidak mudah terbawa emosi. Ketenangan batin ini sangat penting karena dengan hati yang tentram, pemimpin bisa membuat keputusan yang lebih adil dan bijaksana, serta tidak terpengaruh oleh tekanan atau stres.

Untuk mencapai hati yang tentram, seorang pemimpin perlu menjaga keseimbangan hidup, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Ini termasuk menjaga hubungan baik dengan orang lain, menghindari stres yang tidak perlu, serta selalu berusaha berpikir jernih sebelum mengambil keputusan.

Relevansi Kepemimpinan Ini di Zaman Sekarang

Meskipun konsep ini berasal dari budaya tradisional, nilai-nilai kepemimpinan yang dijelaskan tetap sangat relevan di zaman sekarang. Di zaman modern ini, banyak pemimpin yang terjebak dalam pencapaian materi dan kekuasaan, melupakan prinsip-prinsip moral dan etika yang sebenarnya lebih penting. Kepemimpinan yang baik seharusnya tidak hanya fokus pada keuntungan pribadi, tetapi juga pada kepentingan orang banyak. Mengendalikan hawa nafsu, menjalani hidup dengan kesederhanaan, dan menjaga hati yang tentram adalah prinsip-prinsip yang dapat diterapkan oleh siapa saja, tidak hanya para pemimpin, tetapi juga oleh mahasiswa atau siapa pun yang ingin menjadi pemimpin di masa depan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa mulai menerapkan prinsip-prinsip ini dengan cara mengendalikan diri, berusaha hidup dengan sederhana, dan bekerja keras untuk kepentingan bersama. Ketika kita mampu menjaga kedamaian dalam hati dan pikiran kita, kita juga bisa lebih bijaksana dalam menghadapi tantangan hidup dan memimpin orang lain menuju tujuan yang lebih baik.

Dari paparan diatas, kita bisa belajar bahwa kepemimpinan yang ideal tidak hanya mengandalkan kekuatan atau pengaruh, tetapi juga pada pengendalian diri dan kesadaran moral. Seorang pemimpin yang baik harus bisa menahan hawa nafsu, menjalani hidup dengan sederhana, dan bekerja keras demi kebaikan orang banyak. Dengan memiliki hati yang tentram dan selalu berusaha untuk membuat keputusan yang bijaksana, seorang pemimpin dapat memperoleh kepercayaan dan rasa hormat dari orang-orang di sekitarnya. Kepemimpinan yang baik tidak hanya mengutamakan prestasi atau kekuasaan, tetapi juga bagaimana pemimpin tersebut memberi contoh yang baik bagi orang lain dan selalu menjaga integritas dalam menjalankan tugasnya.

Modul Prof. Apollo
Modul Prof. Apollo

Lakon wayang merupakan salah satu bentuk budaya tradisional Indonesia yang sarat akan nilai-nilai kehidupan. Salah satu cerita yang sangat dikenal dalam dunia wayang adalah "Serat Tripama" atau "Tripomo". Dalam cerita ini, kita diajarkan tentang nilai-nilai kepemimpinan, kesetiaan, keberanian, dan pengorbanan yang dapat menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalamnya terdapat kisah tentang tiga ksatria utama yang memiliki sifat keteladanan yang bisa dijadikan contoh, yaitu Bambang Sumantri, Kumbakarna, dan Adipati Karna.

Bambang Sumantri dan Patih Suwanda

Bambang Sumantri adalah salah satu tokoh utama dalam cerita ini, yang juga dikenal sebagai seorang ksatria yang memiliki banyak keteladanan. Ia adalah sosok yang guna kaya atau memiliki kekayaan dalam hal ilmu pengetahuan dan keterampilan. Tidak hanya itu, Bambang Sumantri juga digambarkan sebagai seseorang yang purun atau memiliki kemauan keras dalam mencapai tujuannya. Karakter ini mengajarkan kita bahwa kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh bakat, tetapi juga oleh ketekunan dan kerja keras yang terus-menerus.

Bambang Sumantri juga memiliki seorang adik yang bernama Sukrosono, yang digambarkan sebagai seorang raksasa. Meskipun Sukrosono adalah raksasa, ia memiliki karakter yang sangat berbeda dengan kakaknya. Sukrosono ini sering berperang melawan kakaknya, karena mereka memiliki pandangan hidup yang berbeda. Sifat keras kepala Sukrosono bisa menjadi gambaran tentang bagaimana kadang-kadang dalam hidup kita bertemu dengan orang-orang yang memiliki pemikiran dan cara hidup yang sangat berbeda, namun kita harus tetap menghargai perbedaan tersebut. Dalam hal ini, Bambang Sumantri yang lebih bijaksana tetap mampu menjaga keharmonisan dan hubungan dengan adiknya.

Kumbakarna dan Cinta Tanah Air

Selain Bambang Sumantri, dalam "Serat Tripama" juga diceritakan tentang Kumbakarna, yang merupakan adik dari Rama dalam cerita Ramayana. Kumbakarna dikenal sebagai sosok yang memiliki cinta yang besar terhadap tanah airnya. Meskipun Kumbakarna berada di pihak yang salah dengan mendukung kakaknya, Rahwana, yang berusaha menculik Sita, ia tetap berperang demi tanah airnya, meskipun sadar bahwa tindakannya bisa berakhir dengan tragis.

Kumbakarna adalah seorang ksatria yang sangat kuat, namun hatinya dipenuhi dengan rasa cinta terhadap tanah air. Meskipun ia berperang di pihak yang salah, kita bisa melihat bahwa nilai cinta tanah air sangat kuat di dalam dirinya. Kumbakarna tidak mudah dipengaruhi oleh kepentingan pribadi, ia tetap berjuang untuk apa yang ia percayai adalah benar. Meski pada akhirnya ia harus tewas, kita dapat belajar bahwa kesetiaan pada tanah air adalah salah satu nilai yang patut diperjuangkan, meskipun tidak selalu menghasilkan kemenangan atau akhir yang baik.

Adipati Karna dan Kesetiaan

Selanjutnya, kita juga mengenal Adipati Karna, yang merupakan salah satu karakter penting dalam Mahabharata. Karna adalah seorang anak buangan dari Kunti dan merupakan saudara tiri dari para Pandawa. Meskipun Karna mengetahui bahwa ia adalah saudara dari Pandawa, ia tetap memilih untuk setia kepada Duryodhana, musuh utama Pandawa, dan bergabung di pihak Kurawa.

Karna dikenal sebagai sosok yang menepati janji, setia, dan teguh pendirian. Ia sangat menghargai janji dan memiliki rasa setia yang luar biasa terhadap Duryodhana, yang telah membantunya menjadi seorang ksatria meski Karna berasal dari keluarga yang terpinggirkan. Karna juga sangat terkenal dengan keteguhan hatinya dalam menghadapi berbagai kesulitan, bahkan ketika mengetahui bahwa ia sedang berperang melawan saudara kandungnya sendiri, para Pandawa.

Namun, dalam akhirnya, Karna tewas di tangan adiknya sendiri, Arjuna. Ini adalah salah satu bagian yang paling tragis dalam cerita Mahabharata, di mana kesetiaan dan keteguhan Karna pada akhirnya mengarah pada kehancurannya. Namun, meskipun Karna tewas, nilai-nilai seperti kesetiaan dan menepati janji tetap menjadi hal yang sangat penting yang dapat kita pelajari dari kisahnya.

KESIMPULAN

Dengan memperhatikan berbagai ajaran dan kisah kepemimpinan yang ada dalam cerita Mangkunegaran IV, kita bisa mengambil banyak pelajaran berharga yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Mangkunegaran IV bukan hanya dikenal sebagai seorang pemimpin yang bijaksana, tetapi juga sebagai sosok yang mengedepankan nilai-nilai moral tinggi dalam kepemimpinannya, seperti ketekunan, kesetiaan, cinta tanah air, dan kemauan keras untuk memperbaiki keadaan.

Ajaran-ajaran yang terkandung dalam berbagai teks dan cerita, seperti Serat Wedhotomo, Serat Tripama, dan prinsip-prinsip kepemimpinan lainnya, mengajarkan kepada kita tentang pentingnya kesadaran diri, kewaspadaan, dan ketaatan pada tatanan negara. Prinsip eling lan waspada mengingatkan kita untuk selalu sadar akan Tuhan, sesama, dan alam di sekitar kita, serta menjaga keselarasan dalam setiap tindakan. Kemauan keras dan kerendahan hati adalah kunci untuk mencapai kesuksesan, seperti yang ditunjukkan oleh Bambang Sumantri, yang terus berjuang meski menghadapi banyak tantangan.

Mangkunegaran IV juga mengajarkan kita bahwa kesetiaan dan mematuhi janji adalah nilai yang harus dijunjung tinggi, seperti yang tercermin dalam cerita Adipati Karna. Namun, kita juga diajarkan untuk tidak mengabaikan kebijaksanaan dalam memilih kesetiaan kita, karena kadang-kadang kesetiaan yang buta bisa membawa pada jalan yang salah. Selain itu, cerita tentang Kumbakarna juga mengingatkan kita tentang pentingnya cinta tanah air yang tulus, meskipun hal itu bisa mengarah pada pengorbanan besar.

Akhirnya, nilai-nilai yang diajarkan oleh Mangkunegaran IV, seperti menghindari sifat angkara murka, menjaga keharmonisan, dan bergaul dengan siapapun dengan sikap rendah hati menjadi pedoman penting untuk menjaga kedamaian, baik dalam hubungan pribadi maupun dalam kepemimpinan yang lebih luas. Sebagai mahasiswa, kita dapat mengambil pelajaran dari ajaran-ajaran tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan akademik, sosial, dan karir kita.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang bijaksana, seperti yang diajarkan oleh Mangkunegaran IV dan tokoh-tokoh lainnya dalam cerita-cerita wayang, kita tidak hanya bisa menjadi pemimpin yang baik, tetapi juga individu yang membawa manfaat bagi masyarakat dan negara. Prinsip-prinsip tersebut mengingatkan kita bahwa kepemimpinan bukan hanya soal kekuasaan, tetapi lebih kepada tanggung jawab untuk memimpin dengan hati, kesetiaan, dan penuh kebijaksanaan demi kebaikan bersama.

DAFTAR PUSTAKA

Soekanto, S. (1990). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Mangkunegara IV. (1853). Serat Wedhotomo. Surakarta.

Mangkunegara IV. (1853). Serat Tripama. Surakarta.

Ranggawarsita, K. (n.d.). Serat Pramaya. Yogyakarta.

Yudhistira, W. (2010). Filosofi Kepemimpinan dalam Budaya Jawa. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno, E. (2002). Kepemimpinan Jawa: Ajaran dan Praktek Kepemimpinan dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Koentjaraningrat, R. (1984). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. (2009). Filsafat Kepemimpinan: Menjadi Pemimpin yang Berkarakter. Jakarta: Gramedia.

Nur, N. (2015). Kepemimpinan dalam Tradisi Jawa: Pembelajaran dari Sejarah. Jakarta: LP3ES.

Barton, G. (2007). Wayang: The Traditional Indonesian Shadow Play. New York: Oxford University Press.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun