Mohon tunggu...
Diva verani
Diva verani Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Sebagai seorang yang tertarik pada psikologi, saya tertarik oleh cara manusia berpikir, berkomunikasi, dan bersosialisasi. Saya suka mengamati perilaku sehari-hari serta mengeksplorasi kepribadian seseorang maupun cara orang bersosialisasi satu dengan lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengoptimalkan Waktu untuk Kehidupan yang Lebih Seimbang dan Produktif

11 September 2024   14:27 Diperbarui: 11 September 2024   14:45 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Di era modern banyak anak muda yang memiliki banyak pekerjaan karena berbagai kepentingan masing-masing, hal ini membuat beberapa orang menjadi stress karena kewalahan untuk mengatur pekerjaannya dengan baik. 

Hal ini merujuk pada kemampuan seseorang dalam mengelola waktu atau manajemen waktu. Manajemen waktu merupakan cara seseorang untuk menata aktivitas dan waktu yang ia miliki agar menjadi lebih efektif. 

Manajemen waktu tidak sesederhana membuat jadwal atau daftar tugas. Ini adalah keterampilan yang memungkinkan kita memaksimalkan 24 jam yang kita miliki setiap hari untuk mencapai tujuan tanpa merasa stres, sambil menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi. Jadi, mengapa manajemen waktu begitu penting? Mari kita bahas. 

Mengapa Manajemen Waktu Itu Penting?

Manajemen waktu yang baik memungkinkan kita untuk menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu singkat, fokus pada aktivitas penting, dan menghindari hal-hal yang tidak produktif, akan membuat produktivitas seseorang meningkat pesat. Dengan rencana yang jelas, kita bisa menjaga ketenangan saat bertugas dan mengurangi stres karena terkejar tenggat waktu pengumpulan tugas atau pekerjaan yang menumpuk akibat dari tenggat waktu yang terlewat. 

Manajemen waktu juga memberi kita cukup ruang untuk merenung dan membuat keputusan yang lebih bijak, serta menciptakan keseimbangan hidup yang sehat antara pekerjaan, keluarga, dan kegiatan pribadi, yang penting untuk kesehatan mental, fisik, dan hubungan yang baik dengan orang-orang terdekat. Namun dalam penerapannya mengelola waktu dengan baik menjadi tantangan yang berat untuk beberapa orang, hal tersebut biasanya terjadi karena beberapa faktor berikut:

Apa Saja Hambatan dalam Manajemen Waktu?

Perfeksionisme, komitmen yang berlebihan, kurangnya perencanaan, dan penundaan adalah faktor-faktor yang dapat menghambat manajemen waktu yang efektif. Terlalu fokus pada kesempurnaan bisa memakan waktu berlebihan dan menghalangi kemajuan, sementara mengambil terlalu banyak tanggung jawab dapat menyebabkan kelebihan beban kerja dan mengurangi kualitas pekerjaan. 

Tanpa perencanaan yang tepat, kita bisa terjebak dalam tugas-tugas yang kurang penting, menyebabkan kebingungan dalam menentukan prioritas dan menghambat pencapaian tujuan. 

Menunda pekerjaan hingga detik terakhir juga sering kali menimbulkan stres dan menghasilkan kerja yang tidak optimal, serta mengganggu manajemen waktu secara keseluruhan. Maka dari itu sangat penting memiliki kemampuan dalam manajemen waktu. Adapun salah satu metode yang dapat digunakan dalam membantu kemampuan ini yaitu:

Menggunakan Jendela Prioritas untuk Manajemen Waktu yang Efektif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun