Pada masa pandemi covid-19 membuat beberapa tempat seperti sekolah, kantor dan sektor lainnya ditutup. Hal tersebut terjadi karenakan untuk mengatasi penyebaran Covid-19. Dengan adanya kebijakan pemerintah tentang pelarangan berkerumun (social distancing) membuat masyarakat mulai melakukan segala aktivitas di dalam rumah. Dengan masa-masa seperti itu, masyarakat mulai mengembangkan aktivitas secara online dengan memanfaatkan teknologi yang ada salah satunya adalah aplikasi Zoom Meeting. Dan dari adanya faktor industri 4.0 telah membawa dampak yang signifikan terhadap teknologi. Masyarakat mulai memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam menunjang kegiatan atau pekerjaan. Dengan masa pandemi Covid-19 menjadi faktor pendorong yang membuat masyarakat mulai melakukan kegiatan secara online. Adanya aplikasi online seperti zoom masyarakat bisa berkomunikasi secara langsung berupa video untuk menunjang suatu kegiatan atau pekerjaan. Dengan keunggulan fleksibilitas dari aplikasi zoom yang dapat mempersingkat waktu, menghemat biaya operasional dan dapat berinteraksi jarak jauh dengan banyak orang. Hal ini menyebabkan masyarakat mulai beralih kepada kegiatan online. Namun, didalam kegiatan online masih banyak terdapat kendala, salah satunya kendala Jaringan internet yang mengakibatkan kegiatan tersebut kurang efektif. Yang menjadi concern dalam efektivitas coaching dan mentoring melalui zoom adalah masih terbatasnya jaringan internet dan masyarakat yang masih belum paham mengenai teknologi.Â
Aktivitas yang dilakukan secara online memang memerlukan media yang tepat agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan secara efektif. Sejak dikembangkannya aplikasi zoom pada tahun 2011, masyarakat mulai beralih menggunakan aplikasi tersebut untuk kepentingan pekerjaan, pembelajaran, mentoring, coaching dan lain sebagainya. Maka dari itu pengembangan teknologi zoom yang begitu pesat harus diapresiasi karena sangat membantu dan memudahkan manusia dalam menunjang suatu kegiatan. Pembelajaran di Indonesia telah memasuki era revolusi industri 4.0. Pembuatan media pembelajaran sangat banyak dan kreatif sehingga memudahkan peserta didik maupun pendidik dalam membantu proses belajar mengajar.Â
Coaching dan mentoring online lebih sering menggunakan aplikasi zoom karena di aplikasi zoom para coachee dan mentee dapat dengan mudah berinteraksi atau bertanya dengan coach dan mentor nya. Efektivitas kegiatan coaching dan mentoring secara online dengan menggunakan aplikasi zoom disesuaikan dengan bagaimana para mentor atau coach ini mampu mengaplikasi kegiatan mentoring dan coaching ini berjalan dengan lancar. Para coach dan mentor harus menciptakan suasana dan pembahasan yang menyenangkan agar para coachee dan mentee tetap tertarik dan tidak jenuh walaupun kegiatan tersebut dilakukan secara online. Kegiatan mentoring dan coaching akan berjalan dengan efektif Ketika pelaksanaan nya sudah disepakati bersama antara coach dan coachee maupun mentor dengan mentee. Kesepakatan jadwal ini mengatur antara hari, jam, dan penggunaan akun aplikasi zoom nya agar berjalan lebih teratur dan menjadi efektif. Dengan adanya aplikasi zoom yang mudah diakses dan dapat diakses secara gratis banyak masyarakat menggunakan aplikasi zoom untuk kegiatan secara online.Â
Dalam kalangan mahasiswa aplikasi zoom sudah sering digunakan untuk mendukung kegiatan perkuliahan maupun kegiatan lainnya. Aplikasi zoom dianggap lebih ringkas dan praktis digunakan. Masyarakat modern lebih tertarik dengan aplikasi-aplikasi yang praktis. Aplikasi zoom memiliki banyak kelebihan dalam membantu kegiatan manusia yang tidak bisa dilaksanakan secara langsung. Aplikasi zoom dianggap praktis karena dengan menggunakan aplikasi zoom kegiatan coaching dan mentoring lebih mudah berkomunikasi. Penggunaan aplikasi zoom efektif dalam hal ruang dan waktu karena dengan aplikasi zoom, pendidik dan peserta didik dapat bertemu walaupun melalui tatap maya.Â
Peran coach dan mentor, pada kegiatan yang dilaksanakan secara langsung maupun online tidak ada beda nya. Mentor dan coach memiliki tugas untuk mengajar, mendidik dan membimbing mentee dan coachee, mentor dan coach juga harus kreatif dan inovatif dalam mengemas kegiatan coaching dan mentoring. Kegiatan coaching dan mentoring dilakukan secara daring dinilai cukup efektif namun dikarenakan adanya terkendala sinyal internet, pembatasan waktu di aplikasi zoom sehingga mengganggu kualitas kegiatan coaching dan mentoring yang sedang berlangsung. Meski terdapat kendala, kegiatan coaching dan mentoring dapat membantu coachee dan mentee dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.Â
Saran yang dapat diberikan mengenai penggunaan aplikasi zoom sebagai alat mendukung kegiatan coaching dan mentoring di kalangan mahasiswa:
1. Kepada coach dan mentor, di awal pertemuan sebelum melaksanakan kegiatan coaching dan mentoring menggunakan Zoom memberikan arahan atau pendahuluan kepada coachee dan mentee mengenai petunjuk sistem saat pelaksanaan kegiatan coaching dan mentoring menggunakan Zoom Meeting. Hal tersebut bertujuan untuk menyatukan persepsi antar coachee dan mentee, agar pada saat kegiatan coaching dan mentoring berlangsung dapat berjalan secara efektif dan tidak ada kesalahpahaman.
2. Dalam mengatasi kendala jaringan internet yang harus dilakukan adalah saling menumbuhkan pengertian dan pemahaman baik antar coach dengan coachee ataupun mentor dengan mentee. Dan juga ketika ingin mulai kegiatan saling mengingatkan dan menanyakan apakah ada kendala terutama terkendala jaringan.Â
3. Sebagai coach dan mentor, harus menyiapkan ruang zoom yang sudah berlangganan agar tidak ada batas waktu dan jumlah peserta yang dapat bergabung di ruang zoom.
4. Kegiatan coaching dan mentoring agar dapat efektif perlu melakukan evaluasi baik dari coach dengan coachee dan mentor dengan mentee setelah kegiatan coaching dan mentoring selesai dilaksanakan. Dan pada saat kegiatan berlangsung harus banyak interaksi untuk bertukar pendapat serta melakukan sesi tanya jawab.Â
Daftar Pustaka
Putrawangsa, S., dkk. 2018. Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Di ERA Industri 4.0 Kajian Dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal tatsqif. Vol.16. No. 1Â
Shabbir, J., & Anwer T. (2015). Artificial Intelligence and its Role in Near Future. Journal OF LATEX CLASS FILES. Vol. 14. No. 8.Â
Anwar, Z., Ikawati, H. D., & Syarifah, S. (2018). Mentoring sebagai suatu inovasi dalam peningkatan kinerja. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 1(1), 21-28.Â
Yani, M. (2019). Efektifitas Program Mentoring dalam Pembinaan Karakter Mahasiswa pada Ma'had Jami'ah UIN Ar-Raniry (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).vÂ
Sari, Q. I. P. (2021). Coaching online pembelajaran jarak jauh bagi guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).
Marsiding, Z. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33-39
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H