Mohon tunggu...
Diva RamadhanArrassy
Diva RamadhanArrassy Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa President University prodi Ilmu Komunikasi

saya sangat menyukai masak, membaca, dan menulis. makanan yang saya benci adalah wortel. saya adalah Co-Founder komunitas genggam.tangan (@genggam.tangan on instagram). saya adalah seorang yang sangat menyukai film dan seorang pembuat film.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Tiktok Shop Kembali Buka: Live Streaming Jadi Cara Baru dalam Berjualan!

19 Desember 2023   23:17 Diperbarui: 19 Desember 2023   23:23 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Revenue dalam satu kali live (dokpri)

Dalam proses perjalanan pemasaran digital, live streaming menjadi sebuah strategi baru yang tidak terbantahkan, live streaming membuka pintu untuk brand terlibat langsung dengan audiens yang mereka miliki. Tiktok Shop menawarkan panggung yang semakin dinamis untuk brand agar bisa menggali potensi penjualan mereka melalui live streaming. Namun, tidak semua brand memiliki kemampuan yang mumpuni untuk melakukan proses live streaming tersebut. 

Hal ini dikarenakan tidak semua brand mempunyai equipment dan tenaga profesional untuk melakukan proses tersebut. serta, untuk mengadakan atau melakukan live streaming juga diperlukan keterampilan dalam hal teknologi dan harus bisa mempunyai konsep yang menarik. 

Hal ini yang membuat banyak brand-brand yang pada akhirnya memilih untuk menggunakan jasa orang ketiga, seperti agensi, untuk mengoperasikan live streaming mereka. Lalu, bagaimana cara kerja live streaming dan siapa yang paling berperan penting dalam proses ini? simak artikel ini lebih lanjut. 

  • Gaya Pemasaran baru yang lebih interaktif melalui Tiktok Shop

Pembukaan kembali Tiktok Shop menciptakan era baru yang lebih interaktif dalam dunia pemasaran. Live streaming dinilai menjadi alat yang efektif bagi brand dalam menyampaikan pesan secara pribadi dan mengajak audiens untuk lebih berpartisipasi dalam pengalaman pemasaran yang unik. 

Dalam proses ini, para brand bisa lebih dari sekadar menyajikan dan menjual produk; mereka dapat menciptakan pengalaman pribadi yang lebih dekat dan nyata bagi para audiens. 

Live streaming ini memberikan penawaran bagi konsumen untuk dapat lebih mengetahui tentang produk yang ingin mereka beli melalui interaksi antara audiens dan juga host live streaming. 

Audiens dapat melakukan konsultasi mengenai kebutuhan mereka dan bertanya mengenai produk yang ingin mereka beli. Jadi, audiens tidak hanya melihat iklan konvensional yang biasanya tidak memiliki informasi yang luas seputar produk. 

Hal ini adalah kesempatan emas untuk membangun hubungan yang lebih erat dan dapat menghadirkan nilai plus yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Dalam era interaktif ini, tidak semua brand siap untuk melakukan proses live streaming. Karena, untuk melakukan live streaming dibutuhkan equipment dan teknologi yang banyak, serta membutuhkan tenaga profesional lebih. Mulai dari kamera, lighting, studio, dan masih banyak lagi. Hal ini membutuhkan budget yang besar. 

Oleh karena itu, banyak brand yang mempercayakan live streaming mereka kepada agensi. Salah satu agensi yang menyediakan jasa Live streaming adalah Vidhelp. Vidhelp adalah agensi yang bergerak di bidang pemasaran yang menawarkan jasa untuk proses Live Streaming. 

Tidak main-main, Vidhelp juga dipercaya untuk menjadi mitra resmi Tiktok terbesar ketiga yang telah membantu lebih dari 300 brand untuk menemukan audiens dan meningkatkan penjualan mereka. Vidhelp menyediakan jasa mulai dari host, studio, equipment, aksesoris, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, Vidhelp juga menyediakan jasa konsultasi gratis untuk merancang strategi pemasaran yang kreatif, dan disesuaikan dengan tujuan dan karakteristik brand. Selain itu, Vidhelp juga bertanggung jawab atas penyelenggaraan dan produksi Live streaming. 

Vidhelp bekerjasama dengan brand untuk memastikan segala aspek teknis maupun kreatif berjalan lancar, termasuk pemilihan konsep, host, dan performance dari live streaming.  

Vidhelp juga membantu brand untuk melakukan manajemen talenta yang mencakup pemilihan, pelatihan, dan koordinasi dengan para host untuk mencapai tujuan pemasaran. Serta, Vidhelp juga memberikan analisis dan evaluasi hasil live streaming. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar engagement dan revenue yang dihasilkan selama proses live berlangsung. 

Data yang disuguhkan berupa, jumlah penonton, interaksi, dan hasil penjualan yang dapat digunakan oleh merk untuk perbaikan kinerja dan melihat potensi penjualan produk mereka. Informasi ini dapat dilihat di laman Instagram mereka dengan username @vidhelp.id. 

Revenue dalam satu kali live (dokpri)
Revenue dalam satu kali live (dokpri)
  • Masa Depan Live Streaming: Kerjasama Agensi dan Merk dengan Menggunakan Kreativitas  serta Inovasi

Masa depan live streaming membutuhkan keterlibatan dan kerjasama yang erat antara agensi, brand dan platform seperti Tiktok Shop, yang didefinisikan oleh kreativitas dan inovasi. Agensi memegang kunci dalam mengarahkan kreativitas untuk menciptakan sebuah konsep yang menarik dan relevan, sesuai dengan karakteristik audiens. 

Kerjasama ini menjadikan merek lebih terkenal melalui live streaming, dengan memanfaatkan inovasi teknologi dan strategi pemasaran baru. Tiktok shop, sebagai platform yang terus berinovasi, memberikan landasan bagi integrasi live streaming dengan banyaknya fitur; memudahkan audiens melakukan transaksi dan memaksimalkan brand untuk interaktivitas. 

Dengan kembali dibukanya  Tiktok Shop menjadi sorotan dalam dunia marketing. Hal ini dikarenakan, Tiktok Shop menciptakan cara baru yang menarik untuk berjualan; melalui interaksi live streaming. 

Live streaming di platform ini memberikan suasana segar dimana audiens tidak perlu lagi merasa kebingungan untuk menentukan produk mana yang akan mereka beli serta menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih personal dan menarik. 

Dalam era ini, Tiktok Shop tidak hanya jadi tempat berjualan, namun menjadi ruang kreatif yang memanfaatkan teknologi untuk menghubungkan merek dengan audiensnya. 

Keterlibatan agensi live streaming yang profesional terlihat dalam kemampuan mereka mengoptimalkan kinerja live streaming dan memastikan pengalaman baru bagi para audiens. 

Agensi, dengan semua peralatan yang berkualitas serta tenaga kerja yang berpengalaman, menjadi mitra strategis yang dapat mendorong kesuksesan dalam era Live Streaming melalui Tiktok Shop.



Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun