Teori Modernisasi: Kajian Aplikasi Ruangguru Sebagai Wujud Era Modernisasi Dalam Pendidikan
Oleh :
Divani Amelia Susanto
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
Program Studi Sosiologi
Latar Belakang
Modernisasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses transformasi masyarakat tradisional atau pra-modern menjadi masyarakat modern. Modernisasi biasanya ditandai dengan adopsi teknologi baru, perluasan pendidikan dan individualism, serta pertumbuhan ekonomi berdasarkan industri dan perdagangan.
Teori modernisasi diciptakan oleh tokoh-tokoh intelektual yang berkembang pada pertengahan abad 20 yang berlatar belakang dari adanya kehidupan pada negara barat terutama Eropa, seperti Negara Inggris yang melakukan perkembangan industri besar-besaran. Hal ini berkaitan dengan kehidupan saat ini yang semakin berkembang pesat menjadikan sebuah teknologi yang juga semakin canggih, sehingga perubahan itu terlihat nyata.
Salah satu bentuk modernisasi terlihat dalam dunia pendidikan. Proses pembelajaran tidak lagi dimonopoli oleh kehadiran guru di dalam kelas, siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Siswa dapat mempelajari apa saja sesuai dengan minat dan gaya belajar mereka masing-masing. Â Dengan teknologi ini, banyak siswa lebih memilih menggunakan media belajar online untuk lebih memahami pembelajaran.
Banyak Institusi pendidikan di Indonesia yang sudah menggunakan media digital untuk mendukung pembelajaran, salah satunya platform digital Ruangguru. Aplikasi Ruangguru sering digunakan oleh banyak pelajar Indonesia dengan fasilitas yang lengkap dan mudah karena selain dapat digunakan sebagai fasilitas belajar digital online, pembelajaran juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Ruangguru memudahkan siswa untuk mengakses ribuan video materi pembelajaran, pembahasan, serta latihan soal dari beragam mata pelajaran.
Manfaat Penulisan
Manfaat penulisan artikel ini adalah memberikan pengetahuan,wawasan, serta informasi tentang teori modernisasi yang berkaitan dengan adanya modernisasi di dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan teknologi sehingga memudahkan guru dan para siswa di Indonesia mampu belajar dengan cara baru yang lebih menyenangkan
Metodologi
Penulisan artikel ini menggunakan jenis metode kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji deskripsi mengenai teori modernisasi adanya media Ruangguru untuk mendukung pembelajaran siswa di Indonesia dan mendeskripsikan Aplikasi Ruangguru beserta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Penggunaan metode kualitatif ini dikarenakan memiliki asumsi asumsi pengumpulan, analisis, serta mengandalkan teks dan gambar
Kajian Pustaka
Pembahasan lengkap mengenai teori modernisasi ini dijelaskan dalam buku Pendidikan Nilai Moral Berbasis Pancasila yang disusun oleh Dr. Sutoyo, M.Pd, Dr. Anita Trisiana, S.Pd, MH, Dr. Siti Supeni, SH, M.Pd (2020: 41) yang menyebutkan bahwa teori modernisasi menekankan pada faktor manusia dan nilai-nilai budayanya sebagai pokok persoalan dalam pembangunan.Â
Dijelaskan pula bahwa teori modernisasi membahas tentang persoalan kemiskinan, pengangguran, dan masalah lainnya seperti keterbelakangan suatu negara yang disebabkan oleh faktor-faktor internal negara tersebut. Faktor tersebut meliputi manusia dengan tingkat pendidikan yang rendah, budaya yang dianggap menyia-nyiakan waktu, struktur soal dan faktor lainnya seperti kebiasaan yang buruk. Teori ini menganggap bahwa suatu negara tidak maju atau menjadi modern karena faktor penghambat dari dalam negara tersebut.
Modernisasi menurut Soerjono Soekanto dalam bukunya yang berjudul Sosiologi Suatu Pengantar menjelaskan bahwa modernisasi berakar pada kata "modern" adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang pra modern. Modernisasi mengandung pengertian, pikiran, aliran, gerakan dan usaha-usaha untuk mengubah pola, paham, institusi, dan adat untuk disesuaikan dengan suasana baru yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pembahasan
Teori modernisasi yang dikemukakan oleh Anthony Giddens sangat berkaitan erat di kehidupan masa sekarang. Pasalnya, Giddens menjelaskan bahwa modernitas layaknya sebuah kendaraan besar yang akan terus melaju dan menggiring masyarakat untuk terus berlari menuju masa depan. Aspek positif modernitas dapat dilihat melalui teori strukturasi Giddens yaitu Adanya pemisahan waktu dan ruang. Dalam masyarakat pramodern, waktu selalu dikaitkan dengan ruang serta ruang umumnya ditentukan oleh kehadiran secara fisik. Dengan datangnya modernitas ruang makin lama makin dilepaskan dari tempatnya, berhubungan dengan orang yang berjauhan jarak fisik makin lama makin besar peluangnya.
Ruangguru merupakan sebuah wadah yang menghubungkan siswa dengan guru/pengajar. Dimana siswa dapat mencari dan menemukan pengajar berdasarkan kebutuhannya, begitu juga sebaliknya yaitu pengajar dapat  menyalurkan ilmu yang dimilikinya. Kegiatan belajar-mengajar yang difasilitasi oleh Ruangguru menyediakan sistem tata kelola pembelajaran yang dapat digunakan siswa dan pengajar dalam mengelola kegiatan belajar dikelas secara virtual. Dilengkapi dengan ribuan bank soal yang kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia serta peralatan analisis hasil tes dimana pengguna dapat memanfaatkannya. Adapun layanan yang disediakan Ruangguru oleh Ruangguru sebagai berikut:
- Video Belajar
Layanan yang menyediakan kurang lebih ajar pembahasan materi dan soal latihan dengan durasi kurang dari 10 menit dan dapat diakses melalui aplikasi Ruangguru, baik untuk pengguna android maupun ios. Video belajar dikembangkan berdasarkan silabul kurikulum dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang dikategorikan sesuai dengan topik dan mata pelajaran yang diajarkan. Rangkuman dari konten video yang ditonton pun dapat diunduh dan digunakan kembali saat belajar mandiri
- Les Online
Layanan yang menyediakan guru online selama 16 jam. Sehingga siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal disuatu waktu dapat menggunakan fitur Les Online hanya dengan memotret soal yang sulit atau chat/call dengan pengajar online melalui fasilitas yang disediakan.
- Latihan Soal
Layanan yang menyediakan soal untuk para siswa di berbagai jenjang sekolah dan kelas. Semua siswa SD,SMP,SMA bisa mengerjakan latihan soal yang disediakan. Mata pelajaran yang tersedia untuk SD adalah Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Sedangkan mata pelajaran yang tersedia untuk SMP adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ipa. Serta mata pelajaran untuk siswa SMA adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi
- Digitalbootcamp
Layanan yang menyediakan ruang bimbel online dalam bentuk grup chat belajar yang tersedia bagi kelas 6 SD hingga kelas 12 (termasuk persiapan SBMPTN), setiap grup chat dibimbing oleh tutor (per mata pelajaran) dan konsultan pendidikan. Siswa dapat menanyakan pelajaran apa saja sepuasnya selama 24 jam
Dengan adanya aplikasi ini, Ruangguru memberikan warna baru dalam dunia pendidikan terutama yang berbasis virtual dimana aplikasi ini menyediakan berbagai simulasi pembelajaran dengan tekhnik yang berbeda secara individu atau kelompok. Pembelajaran jarak jauh menjadi lebih intensif membuat para siswa dapat memanfaatkan penggunaan smartphone dengan baik. Sehingga belajar privat kini dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun
Kesimpulan
Kita dapat menelaah dan melihat bagaimana teori modernisasi dan teori strukturasi oleh Anthony Giddens bahwa modernisasi lekat dengan digitalisasi dan penggunaan internet sebagai pendukungnya. Keduanya menyebabkan perubahan yang signifikan dalam kehidupan. Dalam masyarakat modern, ruang dan waktu bukan lagi sesuatu hal yang terkait. Berhubungan dengan orang yang berjauhan jarak fisik makin lama makin besar peluangnya. Ini dapat dikaitkan dengan adanya Aplikasi Ruangguru yang memiliki sistem pembelajaran jarak jauh atau online. Ruangguru telah menunjukkan adanya kontribusi modernisasi dalam dunia pendidikan, sehingga mampu menambah motivasi belajar siswa dalam gaya pembelaran baru.
Â
Daftar Pustaka
Sutoyo, Anita Trisiana, dan Siti Supeni (2020). Pendidikan Nilai Moral Berbasis Pancasila
Soerjono Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar
Endah Pratiwi, Hary S.Harjono, & B.A.Wulandari (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Ruangguru dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Kota Jambi. Diakses 24 Juni 2023 dari https://dinastirev.org/JMPIS/article/download/651/419/Â
Modernisasi Menurut Para Ilmuwan. Diakses 24 Juni 2023 dari https://weinarifin.wordpress.com/2016/04/07/modernisasi-menurut-para-ilmuwan/