Mohon tunggu...
Diva Alayna Suwito
Diva Alayna Suwito Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

pretty girls read

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Digital Marketing Framework bagi Pemula

15 Oktober 2022   07:06 Diperbarui: 15 Oktober 2022   07:23 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada tanggal 11 Oktober 2022, mahasiswa Unisa Yogyakarta bersama sepuluh UMKM yang ada di Yogyakarta mengikuti pertemuan pertama mengenai digital marketing di Rumah BUMN Yogyakarta. Pertemuan tersebut dibersamai dengan narasumber yang sudah berpengalaman di bidang Digital Marketing, yaitu Kak Bondan.

 Digital Marketing memiliki 2 (dua) komponen utama, yaitu Traffic (Peminat) dan Conversion (Pembeli). Dalam hal ini, Kak Bondan menjelaskan bahwa Traffic memiliki tugas untuk mengubah strangers menjadi browsers, sedangkan conversion mengubah browsers menjadi buyers. Sehingga kedua komponen tersebut sangatlah penting.

 Traffic memiliki beberapa tahap, yaitu yang pertama Landing Page (form & web), lalu Market Indoctrination (email, broadcast WA), selanjutnya adalah Community (grup atau akun komunitas), Lalu yang terakhir adalah Commerce/Shop (Chat WA, Shopee, Instagram, Tiktok, dll).

 Penting untuk mencari tahu darimana customer mengetahui produk kita. Sebagai contoh, ketika mayoritas customer berasal dari pencarian google, maka yang harus kita optimalkan adalah iklan di google kita, namun juga tetap mengembangkan iklan di platform yang lain.

 Traffic berdasar kematangannya ada tiga, yaitu Cold, Warm dan Hot. Cold berarti stranger atau orang asing yang sama sekali belum mengenal produk kita. Warm berarti mulai mengetahui produk kita, seperti mengikuti akun media sosial atau memberikan pertanyaan seputar produk. Sedangkan Hot berarti customer sudah memutuskan untuk membeli produk bahkan melakukan repeat order. Traffic berdasar sumbernya ada dua yaitu Search dan Social. Sedangkan Traffic berdasar kepemilikan ada tiga yaitu Paid, Owned, dan Earned.

 Berikut adalah tahap-tahap kesadaran customer untuk mengetahui produk:

1. Unaware Customer, dalam tahap ini, customer sama sekali tidak mengetahui terkait produk dan manfaatnya dan bahkan tidak peduli tentang hal tersebut. Jadi, kita harus mengedukasi mereka dari awal. Sebagai contoh, ketika memiliki produk obat jerawat, namun customer tidak mengetahui dampak dan akibat jerawat, sehingga yang harus dilakukan pemilik usaha adalah memberi edukasi terkait jerawat.

2. Problem Aware, dalam tahap ini customer sudah mengetahui terkait permasalahannya.

3. Solution Aware, dalam tahap ini customer diberi tahu tentang bagaimana mengatasi masalah tersebut (salah satunya dengan membeli produk)

4. Produk Aware, dalam tahap ini pemilik usaha memperkenalkan produk mereka pada customer.

5. Most Aware, tahap ini adalah tahap loyalitas, yaitu customer yang sudah membeli dan mengajak orang lain untuk memilih produk kita juga.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun