Mohon tunggu...
Diva Almaia
Diva Almaia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

amor fati

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Personal Branding Youtuber Top Global Miya

17 Mei 2024   00:14 Diperbarui: 17 Mei 2024   00:14 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Arti dan tujuan personal branding

Didalam buku Farco Siswiyanto Raharjo The Master Book of Personal Branding mengartikan sebuah personal branding yaitu cara seseorang mengambil penilaian atas diri individu tersebut. Dasarnya siapapun itu membutuhkan branding, seperti pengusaha, penulis, influencer, mahasiswa dan bahkan gamer (Rahayuningsih, 2021)

Dalam Jurnal Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Perfomance Diri (2018), menyebutkan empat tujuan penting dari personal branding, yakni : pertama, sebagai media untuk memengaruhi orang lain mengenai persepsi diri individu. Kedua, memberi tahu orang lain tentang identitas, keunikan, kemampuan. Ketiga, untuk menampilkan kesan individu jika merupakan solusi pemecahan masalah yang dibutuhkan. Keempat, merangsang persepsi orang lain mengenai nilai serta kualitas diri yang dimilikinya. (Setiawan, 2018)

Media dan live streaming

Dibukunya Stuart Hall yang berjudul The Rediscovery of Ideology : Return of the Represed in Media Studies, beliau menyatakan, bahwa makna itu tidak tergantung pada struktur makna itu sendiri tapi lebih kepada sebuah praktik pemaknaan. Salah satu media yang paling banyak diakses oleh masyarakat saat ini adalah Youtube. (Rohman & Husna, 2017)

Media Youtube merupakan sebuah situs web video populer di mana para pengguna dapat memuat, menonton secara gratis. Umumnya video-video di Youtube adalah klip video, film, TV serta buatan para penggunanya sendiri  (Rifa'i, 2020) Youtube mempunyai kemampuan yang sangat hebat salah satunya Youtube menyediakan fitur Live streaming . Youtube Live menjadi mudah bagi kreator untuk melakukan pendekatan dan menjangkau komunitasnya secara real time. Tujuannya adalah untuk meningkatkan brand yang dimiliki oleh sang konten kreator dan dapat berinteraksi dengan para penggemarnya saat streaming berlangsung.  

Sang konten kreator channel Top Global Miya

Pradana Panjaitan atau yang lebih akrab disebut Bang Pascol telah menyukai kegemarannya bermain Mobile Legends Bang Bang (MLBB) sejak pandemi COVID-19 2020. Pascol menjadi ketagihan untuk memainkannya lagi. Namun siapa yang menyangka, Youtuber yang berasal dari Sumatera Utara yang sekarang dikenal banyak orang karna tingkah lucunya saat Youtube live, dulunya merupakan seorang kuli bangunan sampai bermutasi kerja ke luar negeri.

Pada pandemi COVID-19, Pascol tidak bisa bekerja lagi karena pemerintah mengadakan lockdown. Saat itu, Pascol butuh uang untuk menghidupi keluarganya di Pematangsiantar, Sumatera Utara. Pascol yang awalnya hanya iseng mulai melakukan live streaming di Youtube. Pascol juga tidak terinspirasi dari siapapun dalam membangun karirnya ini.

Seiring berjalannya waktu, nama Pascol mulai dikenal banyak orang, hingga akhirnya ia pun direkrut oleh GPX tim esports sekaligus perusahaan talent management dan entertainment. Pendirinya adalah mantan pro player di kompetisi Mobile Legends Professional League (MPL), diantaranya : Oura, Donkey, dan Marsha. Pascol ditunjuk menjadi talent dan streamer. Bersama GPX, karir Pascol diprediksi akan semakin meningkat karena ditemani beberapa nama senior.

Bentuk personal branding seorang Pascol Top Global Miya

Bentuk ciri khas. Kekhasan pertama, tampilan fisik Pascol yang berkepala botak. Pascol juga suka diejek karena menurut penontonnya, dia tidak punya leher.  Presentasi Pascol adalah menampilkan amarahnya dan memaki apalagi tidak dibantu oleh teman satu tim. Pascol bahkan tidak segan-segan membanting kursi dan panci. Momen terlucu Pascol saat muncul video viral ketika akun Youtube Marsha Ozawa dengan judul video "MCL SERIES GRAND FINAL PRANK SUREN KE PASCOL GITAR GUA DIBANTING SAMPE HANCUR"  di mana Pascol membanting alat musik gitar milik Marsha sampai hancur berkeping-keping, alasannya karna Marsha dan teman satu tim Pascol memilih surrender atau menyerah dalam pertandingan disaat Pascol sedang bermain dengan serius.

Momen kedua, saat sedang live streaming, bisa dikatakan ini momen terepik yang dilansir dari judul video channel Top Global Miya yaitu channel Pascol sendiri "SPAM GIFT EMOSI SAMPE BANTING MONITOR!!!" Pascol mengamuk dan membanting monitor sampai pecah karna penontonnya spam gift terus-terusan menganggu pendengaran Pascol dari volume speakernya tinggi. Pada saat itulah Pascol dikatakan sedikit gila karna tingkah marahnya berlebihan.  Namun disisi lain, Pascol merasa ketiban untung karena setelah viral, videonya ditonton lebih dari 2 juta kali, dan tidak sedikit yang mampir ke channelnya lalu mensubcribe channelnya.

Kekhasan kedua, berbicara tentang bagaimana Pascol berbicara atau gaya Bahasa yang ditampilkan saat live streaming,  adalah kata makian kata-kata favorit Pascol saat memainkan Mobile Legends, mulai dari pembukaan yang selalu diingat oleh penontonnya, "welcome back to barbar esports, seperti biasa jauhi keramaian, gunakan headset, ketatkan celana dalam, simetriskan kedudukan, jadilah beban keluarga, kita ngocok lagi ya guys ya!"

Kekhasan ketiga, jurus jurus ala Pascol saat pertandingan Mobile Legends berlangsung, Pascol memiliki jurus jurus bermain Mobile Legends yang ia sebut khodam kemenangan. Kreatifnya seorang Pascol menjadikan gambar hewan dan wajah Pascol menjadi editan jurusnya, seakan-akan Pascol adalah siluman hewan hewan tersebut.

Bentuk konsistensi dari upaya-upaya yang Pascol lalui dari berbagai cara mulai dari live di Youtube awal pandemic, kemudian direkrut oleh GPX,  dan akhirnya Pascol Top Global Miya bisa terbentuk sebagai streamer -- Youtuber yang dikenal banyak orang hingga akun Youtubenya sudah menempuh lebih dari 2 juta subscribers. Pascol menuai pujian positif dari masyarakat karna Pascol begitu hebat dan kreatif dalam membangun karirnya (L, 2019)

Menurut penulis, personal branding dengan jurusan Public Relation sangat relevan, karna seorang PR harus memiliki personal branding yang kuat serta harus memberi kesan yang baik, karna seorang PR akan bertemu banyak rekan dan koneksi kerja dari berbagai perusahaan, maka dari itu personal branding seorang PR ditujukan dapat memengaruhi publik untuk mencapai kesepakatan.

DAFTAR PUSTAKA

L, H. (2019). Referensi Pengertian Personal Branding. 31--46.

Rahayuningsih, F. (2021). Urgensi Personal Branding Bagi Pustakawan Di Era Pandemi. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 3(1), 46--65. https://doi.org/10.24036/ib.v3i1.262

Rifa'i, R. (2020). Pengaruh Media YouTube. 1--33. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/17432/

Rohman, J. N., & Husna, J. (2017). Situs Youtube Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi: Sebuah Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2013-2015. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 171--180.

 https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23037

Setiawan, D. (2018). Strategi Membangun Personal Branding Dalam Meningkatkan Performance Diri. Jurnal BAPPEDA, 4(1), 19--25.

Biografi Penulis : Diva Ayuke Almaia yang akrab dipanggil Diva, lahir di Kota Bekasi pada 03 April 2002. Merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, dengan konsentrasi peminatan dibidang Public Relations, Universitas Tarumanagara.

Diva.915220151@stu.untar.ac.id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun