Mohon tunggu...
Dita Wahyuni
Dita Wahyuni Mohon Tunggu... Lainnya - Saya Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) Prodi PGSD,saya sedang mengikuti mata kuliah Teori sosial Emosional

saya sangat senang jalan jalan,senang jga scroll tiktok,saya orangnya asik,mudah bergaul dan juga bisa publik speaking

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengaruh Lingkungan dan Budaya terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak

19 Januari 2025   15:45 Diperbarui: 19 Januari 2025   14:44 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Perkembangan sosial-emosional anak adalah proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk lingkungan tempat anak tumbuh dan budaya yang mengelilinginya. Lingkungan dan budaya tidak hanya membentuk cara anak berinteraksi dengan orang lain, tetapi juga memengaruhi cara mereka memahami dan mengelola emosi mereka sendiri. Artikel ini akan membahas secara terperinci bagaimana kedua faktor ini berkontribusi terhadap perkembangan sosial-emosional anak.

1. Pengaruh Lingkungan terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak

a. Keluarga sebagai Lingkungan Pertama

Keluarga adalah lingkungan pertama yang dialami anak dan memiliki dampak yang sangat besar terhadap perkembangan sosial-emosional mereka. Interaksi yang terjadi dalam keluarga, seperti kasih sayang, komunikasi, dan dukungan emosional, membentuk dasar bagi anak untuk memahami hubungan interpersonal. 

- Kasih Sayang dan Dukungan Emosional : Anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang penuh kasih cenderung memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi dan kemampuan untuk membangun hubungan yang sehat dengan orang lain. Sebaliknya, anak yang mengalami pengabaian atau kekerasan dalam keluarga mungkin mengalami kesulitan dalam mengelola emosi dan membangun hubungan yang positif.

- Model Perilaku : Orang tua dan anggota keluarga lainnya berfungsi sebagai model perilaku bagi anak. Anak-anak belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain dengan mengamati dan meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Jika orang tua menunjukkan perilaku empati dan komunikasi yang baik, anak cenderung mengadopsi perilaku tersebut.

b. Teman Sebaya dan Interaksi Sosial

Setelah keluarga, teman sebaya menjadi pengaruh signifikan dalam perkembangan sosial-emosional anak. Interaksi dengan teman sebaya memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar keterampilan sosial yang penting.

- Pengembangan Keterampilan Sosial : Melalui bermain dan berinteraksi dengan teman, anak belajar tentang berbagi, bergiliran, dan menyelesaikan konflik. Pengalaman positif dalam interaksi ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan beradaptasi.

- Dampak Negatif dari Perundungan : Di sisi lain, pengalaman negatif seperti perundungan dapat memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan mental anak. Anak yang menjadi korban perundungan mungkin mengalami kecemasan, depresi, dan kesulitan dalam membangun hubungan sosial di masa depan.

c. Sekolah sebagai Lingkungan Pembelajaran

Sekolah adalah tempat di mana anak-anak menghabiskan banyak waktu dan berinteraksi dengan berbagai individu. Lingkungan sekolah yang positif dapat mendukung perkembangan sosial-emosional anak.

- Program Pembelajaran Sosial-Emosional (SEL) : Banyak sekolah kini menerapkan program SEL yang dirancang untuk membantu anak mengenali dan mengelola emosi mereka, serta membangun keterampilan sosial. Program ini dapat mencakup pelajaran tentang empati, pengelolaan stres, dan keterampilan komunikasi.

- Dukungan dari Guru : Peran guru sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung. Guru yang peka terhadap kebutuhan emosional siswa dapat membantu anak merasa diterima dan dihargai, yang pada gilirannya mendukung perkembangan sosial-emosional mereka.

2. Pengaruh Budaya terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak

Budaya memainkan peran penting dalam membentuk cara anak memahami diri mereka sendiri dan orang lain. Nilai-nilai, norma, dan praktik budaya dapat memengaruhi perkembangan sosial-emosional anak dalam berbagai cara.

a. Nilai dan Norma Budaya

Setiap budaya memiliki nilai dan norma yang berbeda yang mengatur perilaku sosial. Nilai-nilai ini dapat memengaruhi cara anak belajar untuk berinteraksi dengan orang lain. 

- Pengelolaan Emosi : Dalam beberapa budaya, ekspresi emosi mungkin dianggap tidak pantas, sementara di budaya lain, ekspresi emosi dianggap penting. Anak-anak yang dibesarkan dalam budaya yang menekankan pengendalian emosi mungkin belajar untuk menahan perasaan mereka, yang dapat memengaruhi kesehatan emosional mereka.

- Peran Sosial : Budaya juga menentukan peran sosial yang diharapkan dari anak-anak. Misalnya, dalam beberapa budaya, anak-anak diajarkan untuk menghormati orang tua dan orang dewasa, sementara dalam budaya lain, anak-anak didorong untuk lebih mandiri dan berani mengekspresikan pendapat mereka.

b. Keragaman Budaya dan Empati

Menghargai keragaman budaya dapat membantu anak mengembangkan empati dan pemahaman terhadap orang lain. Pendidikan tentang perbedaan budaya dapat memperkaya pengalaman sosial anak.

- Pendidikan Multikultural: Program pendidikan yang mengajarkan tentang berbagai budaya dapat membantu anak memahami dan mengetahuinya. sev 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun