Assamualaikum wr wbÂ
Hi! Terima kasih sudah mengunjungi artikel saya.Â
Disini saya akan menjelaskan tentang jurnal umum secara singkat..
Pengertian Jurnal Umum
Jurnal umum adalah jurnal untuk mencatat transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan.Â
Jurnal harus di catat agar perusahaan dapat mengetahui dampak finansial yang terjadi kepada perusahaan akibat dari beberapa transaksi.Â
Bukti transaksi dapat berupa Nota, Kwitansi, Memo, dan lain-lain.Â
Manfaat Pencataan Jurnal Umum
Manfaat pencatatan jurnal umum adalah untuk mengetahui jumlah transaksi yang tercatat di dalam perusahaan.
Fungsi Jurnal Umum Dalam AkuntansiÂ
1. Fungsi HistorisÂ
Pencatatan transaksi sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi tersebut.Â
2. Fungsi Pencatatan
Untuk mencatat transaksi yang terjadi di perusahaan.
3. Fungsi analisisÂ
Menggolongkan akun ke debit atau kredit.Â
4. Fungsi InstruksiÂ
Memberikan instruksi atau perintah untuk mendebit atau kreditkan akun sesuai catatan jurnal.
5. Fungsi InformatifÂ
Memberikan penjelasan atau keterangan mengenai pencatatan jurnal yang terjadi.Â
Cara Membuat JurnalÂ
1. Memahami Persamaan AkuntansiÂ
2. Identifikasi Bukti TransaksiÂ
3. Pencatatan JurnalÂ
Contoh :Â
Perusahaan DagangÂ
Jan 2 Membeli barang dagang seharga Rp 1.500.000 TunaiÂ
Jurnal :Â
(D) Pembelian Rp 1.500.000
(K)    Kas         Rp 1.500.000
Perusahaan JasaÂ
Jan 4 membeli Peralatan salon sebesar Rp 400.000 secara kreditÂ
Jurnal :Â
(D) Peralatan Rp 400.000
(K) Â Â Â Hutang Rp 400.000Â
Sekian penjelasan dari saya. Kurang lebihnya mohon maaf.Â
Terima kasih :)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H