Mohon tunggu...
Dita Harmelia
Dita Harmelia Mohon Tunggu... Relawan - Relawan Perindu Desa

Aku telah jatuh cinta dengan deretan Negeri yang belum pernah kudatangi. Secangkir kopi mengingatkan ku bahwa pergi berpetualang adalah cara terbaik untuk belajar.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ibuku Baik, Ibuku Husnul Khatimah

6 Desember 2020   17:06 Diperbarui: 6 Desember 2020   17:24 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi via wowkeren.com

Ada banyak definisi yang menerangkan tentang Ibu , ribuan  puisi  dan bahkan berjuta -juta buku  menceritakan kemulian seorang ibu yang dikarang oleh para pengagum sang bunga kehidupan untuk mengagungkan sosok jiwa yang melahirkan anak-anak manusia atas dasar fitrah kemuliannya. 

Sayangnya semua itu takkan ada kelarnya, takkan cukup dan takkan bertemu habisnya untuk menuang lukiskan kemulian seorang Ibu.  

Aku akui aku tak pandai merangkai kata tentang ibu, atau bahkan sekedar berpuisi sebagai makna mengagungkan tokoh yang bergelar telapak syurga tersebut seperti para penulis yang melukis bait-bait indah mengagungkan wanita yang menaruh nyawa sebagai taruhannya demi nyawa yang baru. Aku hanya mampu menggelarinya "Rupa Syurga".

Mengapa?

Lely Husna, nama ibuku. Nama yang indah seindah perangainya.  Ibu Sekolah Pertamaku yang tidak ada SPP nya ,jam istirahat atau dering bell pertanda pulang dan bahkan tak juga berpanggung wisuda kelulusan. 

Ada banyak hal yg dibimbingnya tak terhitung jumlahnya. Aku mengagumi kesabaran dan kebaikannya yang pemurah, gemar menyantuni anak  yatim dan piatu, dari beliau aku belajar berbagi dan memaknai bahwa rezeki yang Allah beri bukanlah untuk mengkayakan diri tetapi untuk berbagi. 

Dari kecil aku sudah menyaksikan semua gerak gerik kebaikan ibu yang menjadikannya dicintai keluarga dan sanak saudara. Ibu tak hanya membimbingku tapi juga supporter terbaik dari usia kandungan hingga aku bergelar guru. 

Dunia menyediakan kesempatan untuk setiap manusia menjadi pribadi yang hebat yang bisa saja di raih. Ntah menjadi presiden, dokter, pengusaha, dan sejuta bintang kedudukan di muka bumi ini.Tetapi... sederhana saja aku hanya ingin menjadi guru dan berperan sebagaimana peran yang pernah ibu ku contohkan. Pribadi yang sederhana, Sosok yang baik sebagai istri yang setelah ketiadaannya Ayahanda masih saja menyebutkan sosok mulia tersebut adalah wanita terbaik dan sosok panutan terutama bagi putra putrinya. 

Ibuku tak hanya baik, beliau juga Ibu yang pintar, ibu yang bijak dan Setiap kali aku mendengar kata IBU aku seperti mendengar kata seindah syurga dan rangsangan rindu menghapiriku. Betapa tidak? 6 Tahun Ibu telah tiada. 

Sebelumnya Ibu menderita gagal ginjal dan selama 6 tahun juga ibu harus berkawan dengan ruang Hemodialisa (ruang cuci darah). Aku tak pernah mendengar sekalipun ibu mengeluh, marah  atau bahkan menuang kesal dengan kesakitan yang dialami. Ibu selalu diam dalam kesakitan, pernah ibu berkata padaku bahwa "Ibu sangat bersyukur Allah memilih Ibu untuk menjalani cobaan ini" Karna menurut ibu apa yang dialami adalah rupa kasih sayang Allah padanya. 

Dari semua itu aku menyaksikan bahwa Ibu mengajarkan ku tentang ikhlas dan sabar sampai pada akhirnya Allah menjawab cukup dengan dikirimkanNYA sang Izrail, pecah tangis dan lafas Do'a seketika serentak bercampur di ruang ICU  tepatnya Siang Berkumandang Adzan Jum'at 9 Ramadhan pada nafas terakhir ibu berucap Laa ilahaillah. (Alhamdulillah Ibu ku baik ibu ku Husnul Khatimah, InshaAllah). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun