Mohon tunggu...
Diska Apriliana
Diska Apriliana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa aktif yang sedang menempuh pendidikan S1 prodi Hubungan Internasional Fakultas Fisip di Universitas Jember. Saya adalah seorang mahasiswa yang aktif dalam mengexplore hal baru dan memiliki hobi seperti olahraga, travelling dan memasak.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

E-Commerce Sebagai Penggerak Ekonomi Berbasis Digital

12 Maret 2023   23:21 Diperbarui: 12 Maret 2023   23:27 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan dunia digital saat ini sedang menjadi perhatian publik. Pada era globalisasi inilah yang mendukung teknologi digital dapat berkembang pesat. Teknologi informasi dari tahun ke tahun semakin canggih. Maka tak heran jika sekarang semua serba canggih. Kecanggihan teknologi digital saat ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. 

Salah satunya sebagai inovasi bisnis terbaru yaitu dengan berbasis teknologi digital. Dengan adanya inovasi baru tersebut yaitu teknologi berbasis digital dengan dunia perdagangan maka munculah istilah e-commerce. 

Perkembangan e-commerce di Indonesia terbilang sangat pesat sejak kurun waktu 5 tahun terakhir ini. Beberapa pakar ekonomi menilai bahwa kemunculan e-commerce membawa dampak yang baik bagi pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Lalu apa sih sebetulnya arti dari e-commerce itu sendiri? e-commerce sendiri adalah suatu aktivitas pengguna internet melalui web atau aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukan transaksi jual beli antara individu dan perusahaan. 

Kemudahan dalam hal jual beli dapat kita rasakan dengan adanya e-commerce ini. Jenis-jenis e-commerce yang berkembang saat ini semakin beragam. Perusahaan-perusahaan besar berlomba-lomba menciptakan aplikasi jual beli berbasis digital ini. 

Pengguna e-commerce pun beragam dari berbagai kalangan. Baik remaja, anak muda, maupun orang-orang dewasa hingga orang tua turut menikmati bertransaksi dengan menggunakan e-commerce. Berkat kecanggihan teknologi, jual beli dengan hanya menggunakan smartphone dirasa sangat efektif dan memudahkan dalam segala situasi. 

Tidak hanya produk berbentuk barang saja yang ditawarkan pada e-commerce, berbagai bentuk jasa pun juga ditawarkan untuk memudahkan kehidupan manusia pada zaman sekarang ini. Tak perlu keluar rumah dan berdesak-desakan berbelanja dan menikmati jasa, kini dengan e-commerce semua serba dipermudah. 

Apabila kita melihat kondisi Indonesia 2 tahun yang lalu sejak adanya pandemi COVID-19 dimana perekonomian yang saat itu memburuk. Pemerintah memberlakukan larangan keluar rumah untuk semua lapisan masyarakat sehingga membuat sektor perdagangan macet total. Penggerak perekonomian yang seharusnya dapat beraktivitas seperti biasanya, sejak saat itu menjadi terhambat. 

Pada saat pemberlakuan lockdown dimana semua masyarakat harus berdiam di rumah, masyarakat kebingungan dalam mencari penghasilan. Berbagai sektor yang bergerak diberbagai bidang dimana harus berinteraksi langsung dengan pembeli menjadi terhambat. Kemunculan e-commerce menjadi penyelamat bagi para penggerak perekonomian di Indonesia.

Sejak saat pandemi, kemunculan e-commerce langsung melejit. Perusahaan dan berbagai pelaku bisnis mulai memutar otak dalam menghadapi situasi sulit ini. Lalu, para pelaku bisnis pun mulai mencoba berdagang melalui e-commerce. 

Dengan berbagai iklan yang muncul di platform digital, membuat e-commerce menjadi tempat yang cocok untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Indonesia pada saat pandemi. Melalui situs online ini mereka tidak usah bersusah payah untuk menawarkan produk dagangan mereka secara langsung. Bahkan mereka yang belum pernah memulai usaha sekalipun, berani mencoba berbisnis untuk pertama kalinya dengan menggunakan e-commerce.

E-commerce sangat efektif bagi pelaku usaha yang ingin memulai berbisnis. Karena minim resiko dan kerugian, berbisnis dengan menggunakan e-commerce pun saat ini banyak diminati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia bahkan dunia. Perusahaan besar yang dulunya berbisnis secara langsung kini juga merambah ke situs online agar meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Pemasaran pada e-commerce tidaklah sulit dilakukan bahkan bagi mereka yang ingin memulai berbisnis. Banyak dari masyarakat Indonesia yang sukses dengan produk dagangan mereka yang dipasarkan melalui e-commerce. 

E-commerce sebagai tempat perdagangan yang mengandalkan internet dapat menghubungkan kita dengan penjual ataupun pembeli dimanapun kita berada. Dalam bertransaksi menggunakan e-commerce metode pembayarannya pun juga otomatis melalui e-wallet. Beberapa e-commerce yang mungkin sering kita dengar bahkan kita gunakan sehari-hari diantaranya seperti Shopee, Traveloka, Tokopedia, Lazada, Tiket.com dan masih banyak lagi. Tak heran jika sekarang ini banyak yang beralih ke e-commerce karena kemudahannya yang begitu beragam.

Beberapa manfaat jika kita berbisnis maupun bertransaksi menggunakan e-commerce diantaranya, kita dapat menjual ataupun membeli barang dan jasa tanpa batas waktu tertentu karena e-commerce ini bersifat fleksibel. Selain dapat dijangkau kapanpun dan dimanapun, e-commerce juga memiliki beragam pilihan yang ditawarkan berupa barang maupun jasa yang kita inginkan sesuai dengan kebutuhan kita. Keunggulan selanjutnya ialah kita tidak usah mengeluarkan modal untuk sekedar menyewa ruko atau toko untuk kita berjualan, dengan smartphone dan alat digital kita sudah bisa berjualan tanpa takut memikirkan biaya sewa. 

Selanjutnya keunggulan yang tidak perlu diragukan lagi dalam berbisnis menggunakan e-commerce ialah kita bisa menjangkau konsumen dari belahan dunia manapun tanpa adanya batas sehingga produk atau jasa yang kita tawarkan berpotensi untuk dikenal ke mancanegara. Dengan menggunakan teknologi digital, tentu saja kita bisa memanfaatkan layanan iklan yang dapat memperkuat target konsumen kita. Keunggulan yang terakhir adalah e-commerce dapat menciptakan sumber daya manusia yang kompetitif dan berdaya saing tinggi. Semua orang berlomba-lomba untuk memperkenalkan produk dan jasa mereka kepada para konsumen. 

Lalu bagaimana dengan mereka para UMKM? jadi mereka yang UMKM pun merasakan dampak yang baik dengan adanya e-commerce karena sekarang ini banyak sekali produk UMKM yang sampai ke mancanegara berkat adanya e-commerce ini. Karena banyaknya pengguna media sosial pada zaman sekarang ini maka produk UMKM pun lebih banyak dilirik dari berbagai kalangan. Tercatat sudah banyak dari mereka penggerak UMKM yang terbantu dengan adanya e-commerce ini. 

Pemerintah juga optimis dengan berkembangnya e-commerce dari tahun ke tahun maka banyak sekali orang-orang yang terbantu. Memang benar adanya bahwa e-commerce saat ini dikenal sebagai penggerak perekonomian masyarakat Indonesia bahkan global yang berbasis digital. Dengan e-commerce kita tidak perlu ragu untuk memulai suatu usaha karena dengan berbagai keunggulannya serta minim resiko. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun