Mohon tunggu...
Disa Annisa
Disa Annisa Mohon Tunggu... Digital Marketing -

menuliskan apapun yang terbesit di otak ^^

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Tahapan Pembuatan Facebook dan Instagram "Ads"

26 Februari 2018   15:07 Diperbarui: 26 Februari 2018   15:31 606
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seperti yang kamu ketahui, facebook dan instagram sekarang ini telah banyak digunakan untuk keperluan komersil. Kamu akan menemukan banyak toko online yang berjualan menggunakan akun facebook atau instagram. Selain mudah dan memiliki banyak pengguna, facebook dan instagram juga memberikan kemudahan untuk kamu-kamu yang mau beriklan di platform tersebut.

Yuk kita mulai membahas mengenai Facebook dan Instagram Ads. Ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan saat membuat facebook/Instagram Ads, yaitu :

1. Targeting

Target disini adalah menentukan pasar yang di tuju oleh iklan yang kamu buat. Targeting ini meliputi jenis kelamin, umur, pixel, minat, hubungan, lokasi, hingga status keluarga. Semakin banyak informasi yang kita berikan, semakin kecil pula ruang lingkup pasar yang dituju dan iklan kita pun akan menjadi semakin tertarget.

2. Budgeting

Budget terdiri dari 2 bagian yaitu tresshold dan daily budget. Tresshold adalah budget keseluruhan atau budget yang akan kita keluarkan selama berlangsungnya iklan yang kita pasang. Misalnya kita akan memasang iklan selama 1 minggu, maka budget akumulasi selama 1 minggu tersebutlah yang di sebut sebagai tresshold. Kemudian ada juga yang disebut daily budget, yaitu budget yang dikeluarkan per hari selama iklan itu ditayangkan.

Misalnya, kita akan memasang iklan selama 1 minggu, atau 7 hari, maka daily budget adalah budget yang kita tentukan atau batas budget yang kita keluarkan per hari nya. Selain itu, dalam budgeting kita juga akan menemukan pengaturan metode pembayaran yang kita inginkan. Metode itu terbagi menjadi 2 bagian yaitu pembayaran per-link klik (CPC) dan pembayaran per 1000x penayangan iklan (CPM).

Apabila iklan yang kamu buat sudah sangat tertarget dan diyakini akan mendapatkan jumlah klik yang banyak, maka lebih baik kamu memilih metode pembayaran CPM, namun bila iklan yang kamu buat memiliki target yang luas maka akan lebih baik bila kamu memilih metode pembayaran CPC.

3. Placement

Placement adalah penempatan iklan yang kita inginkan. Di sini kamu bisa memilih untuk menempatkan iklan kamu di facebook, instagram atau keduanya.

4. Composing

Di sini tempat kamu membuat iklan kamu. Kamu bisa membuatnya dengan tambahan satu gambar, beberapa gambar ataupun video pendek. Dan jangan lupa untuk menyertakan kata-kata yang menarik di iklan kamu. Iklan kamu ini dapat di terima dan tidak di terima oleh pihak facebook, sekedar tips, lebih baik gambar yang kamu tampilkan tidak mengandung banyak tulisan karena gambar yang mengandung banyak tulisan sering kali ditolak oleh pihak facebook.

Sekian sedikit pengenalan mengenai facebook/instagram ads. Mungkin di lain waktu saya akan mencoba membuat tutorial pemasangan iklannya, tapi nanti ya teman-teman. Semoga sedikit perkenalan ini bisa membantu teman-teman yang masih bingung dengan facebook dan instagram ads. :) (DA)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun