Imajinasi adalah jembatan menuju kreativitas, terutama bagi anak-anak. Dalam pendidikan dasar, mengembangkan imajinasi dapat dilakukan melalui berbagai metode kreatif, salah satunya adalah menulis puisi berbasis objek. Aktivitas ini tidak hanya melatih anak-anak dalam menyusun kata-kata tetapi juga mengasah kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.
Penulisan Puisi Berbasis ObjekÂ
Penulisan puisis berbasis objek dilakukan dengan pendekatan pengamatan secara langsung terhadap  objek yang tentunya pada anak – anak dapat dimulai dengan objek yang ada disekitarnya atau yang sering ditemui. Dalam penerapannya anak diminta untuk melakukan pengamatan terhadap benda nyata, gambar, maupun lingkungan sekitarnya. Hal ini bertujuan membantu siswa meningkatkan daya imajinasinya dan menciptakan ide berdasarkan stimulus dari pengamatan yang dilakukan. Dalam merumuskan sebuah puisi melalui pengamatan objek melibatkan pemahaman anak terhadap tema yang relevan dengan objek yang diamati, menggali atau memunculkan ide kreatif berdasarkan hasil pengamatannya, dan mengubah ide tersebut dalam sebuah tulisan atau puisi.
Tujuan utama dari pendekatan berbasis objek adalah untuk meningkatkan keterampilan anak dalam menulis puisi melibatkan rangsangan benda konkret yang mempermudah ide dan diksi anak. Selain itu pendekatan berbasis objek mempermudah guru atau pengajar dalam menyampaikan materi mengenai penulisan puisi dengan cara yang inovatif dan menyenangkan. Metode ini juga dapat membantu anak dalam meningkatkan rasa percaya diri anak untuk berkarya. Puisi juga menjadi media anak dalam menuangkan isi pikiran maupun isi hatinya dalam bentuk aksara yang disusun indah. Misalnya pada media gambar tiga dimensi yang lebih realistis akan lebih mudah menunjukkan pokok masalah (ide) bagi anak, dengan media gambar tiga dimensi yang sederhana tentunya lebih menarik perhatian anak untuk dapat mengeksplorasi ide sebanyak - banyaknya.
Langkah – Langkah Implementasi
Dalam meningkatkan imajinasi anak melalui penulisan puisi dengan pendekatan berbasis objek dapat dilakukan melalui langkah – langkah berikut :
Pengenalan media objek langsungÂ
Hal pertama yang dapat dilakukan baik guru, orang tua maupun pengajar adalah memperkenalkan anak pada objek nyata yang ada disekitar anak. Bisa berupa benda atau gambar, akan lebih baik menggunakan gambar tiga dimensi karena gambar tiga dimensi jauh lebih detail sehingga memudahkan anak dalam memahami benda untuk dapat memunculkan ide penulisan puisi melalui objek tersebut.Â
Observasi dan Eksplorasi Objek
Anak dapat diajak untuk melakukan pengamatan terhadap objek nyata secara langsung. Objek ini dapat disediakan guru atau orang tua dan dapat berupa benda buatan manusia maupun benda alam. Contohnya orang tua dapat mengajak anak pergi ke pedesaan untuk memperlihatkan pemandangan gunung dan sawah ini dapat membantu anak untuk merumuskan ide dari pemandangan yang ada di  hadapannya. Objek dapat orang – orang yang berarti dalam hidup anak misalnya figure seorang ibu atau ayah. Tujuannya adalah membantu anak memahami karakteristik dan menemukan makna dari objek yang dilihatnya.Â
Peningkatan imajinasiÂ