Mohon tunggu...
Dini Nurani Rahmawati
Dini Nurani Rahmawati Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi, Konten Kreator (Youtube, Instagram, Tiktok)

Guru Biologi SMA Muslimin Cililin, Guru Biologi SMA Negeri 1 Cililin, Guru Pamong Biologi PPG Daljab Kategori 2 UNPAS Bandung Tahun 2022, CGP Angkatan 7 Kabupaten Bandung Barat, Pengurus (Wakil Sekertaris) MGMP Biologi Kabupaten Bandung Barat, Anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bandung Barat, Anggota Perhimpunan Pendidik Biologi Indonesia Folia (PPBIF), Pengurus Dharmawanita Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

2.2.a.8 Koneksi Antar Materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

10 Maret 2023   17:33 Diperbarui: 10 Maret 2023   17:43 805
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Durasi : 2 JP
Moda : Penugasan Mandiri

Dini Nurani Rahmawati, S.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan 7

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP melakukan refleksi pengetahuan sebelum, selama, dan sesudah mempelajari modul ini.

Di tugas koneksi antar materi modul 2.2 ini merupakan refleksi terhadap pengetahuan yang saya miliki sebelum, selama dan sesudah mempelajari modul Pembelajaran Sosial Emosional (PSE). Saya menyadari penuh bahwa kita sebagai pendidik tentunya sering kali memiliki perasaan emosi baik itu marah, sedih, kuatir, kecewa bahkan stress karena banyaknya persoalan yang kita hadapi dalam menjalankan profesi kita sebagai seorang guru. 

Selain itu, kita sebagai guru harus memikirkan perkembangan peserta didik secara holistik, tidak hanya perkembangan akademik atau intelektualnya saja namun perkembangan sosial dan emosionalnya juga harus berkembang dengan baik. Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak peserta didik yang stress, motivasi belajar yang rendah bahkan hingga putus sekolah, banyak peserta didik yang melakukan pembulian, tawuran, bahkan hingga ada yang bunuh diri. 

Oleh karena itu, Dalam upaya guru sebagai pendidik mengontrol dirinya dan membantu peserta didik dalam mengatur emosinya, maka dipandang perlu bahkan menjadi urgensi untuk setiap pendidik dan peserta didik untuk memiliki 5 kompetensi sosial emosional (KSE) yang ada dalam pembelajaran sosial emosional (PSE) dengan kerangka kerja CASEL.

Pembelajaran Sosial Emosional tidak dapat dilakukan secara individu oleh seorang guru saja, namun membutuhkan adanya kolaborasi antar seluruh komunitas sekolah. Tujuan pembelajaran sosial emosional (PSE) adalah untuk menumbuhkan kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan membangun relasi dan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab.

Agar dapat terimplementasikannya PSE maka guru dan peserta didik harus memiliki pola pikir dengan kesadaran penuh (mindfullnes) yang mana kesadaran penuh ini menjadi fondasi dari terlaksananya PSE di kelas dan di sekolah sehingga sehingga  peserta didik memiliki  kompetensi akademik dan psikologis (well being).

Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) erat kaitannya dengan pembelajaran berdiferensiasi. Dimana akan mudah bagi seorang peserta didik menerima PSE dengan kesadaran penuh jika apa yang dibutuhkan dalam belajar di kelas telah terpenuhi, dan cara pemenuhannya hanyalah dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun