Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
SD ISLAM AL-AZHAR 40 YPKS CILEGON
Lingkup Pendidikan
SEKOLAH DASAR
Tujuan yang ingin dicapai
Setelah menerapkan Model Pembelajaran Projek based Learning dan Aplikasi Canva Peserta  didik dapat menulis tentang Future Transport menggunakan Simple Future with Will
Penulis
Dini Maulida, S.Pd
Tanggal
12-13 Desember 2022
Situasi :
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda
Latar Belakang Masalah :Â
Kemampuan awal siswa
Peserta didik menganggap pelajaran B.Inggris sulit dimengerti
Peserta didik kurang menguasai vocabulary
Guru menggunakan media pembelajaran yang kurang sesuai
Guru belum menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi
Mengapa praktik ini penting?
Sebagai kontribusi terhadap pemecahan masalah yang sedang dihadapi dan agar bisa diikuti oleh pengajar lain ketika menghadapi masalah seperti ini.
Peran Dan Tanggung Jawab
Peran guru sebagai pendesain yang merancang pembelajaran dan yang bertanggung jawab dalam  melakukan proses pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik   sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat
Yang Menjadi Tantangan atau kendala (Akar Masalah):
Penguasaaan media yang kurang maksimal.
Guru kurang menguasai model-model pembelajaran inovatif.
Guru kesulitan merancang pembelajaran berbasis HOTS.
Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran di kelas.
Siapa Saja Yang Terlibat?
Pihak yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran adalah guru dan peserta didik, sedangkan pihak yang terlibat secara  tidak langsung adalah kepala sekolah dan teman sejawat.
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/ apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan
Langkah-langkah :
Guru melakukan literature review terkait solusi dari permasalahan yang dihadapi
Guru melakukan interview kepada Kepala sekolah, guru senior, ataupun teman sejawat
Guru harus memahami betul materi yang akan diajarkan.
Guru harus memahami betul applikasi canva yang digunakan dalam pembelajaran.
Guru menentukan model pembelajaran yang akan digunakan (Model PBjL)
Guru menyiapkan alat dan media pembelajaran yang akan digunakan
Guru menyiapkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif agar  peserta didik tidak merasa jenuh
Strategi Yang Digunakan :
Mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan menggunakan metode small group discussion dalam melakukan langkah-langkah kegiatan yang ada dalam proses pembelajaran. Berdiskusi dengan teman-teman PPG, Dosen Pembimbing, dan Guru Pamong dari proses perencanaan sampai tahap  pelaporan dengan presentasi dan evaluasi terkait permasalahan yang terjadi.
Sumberdaya atau Materi :
Media Pembelajaran, yaitu Applikasi Canva dan Video Pembelajaran youtube
Alat yang digunakan: Laptop, Projektor, Speaker aktif
Modul Ajar
LKPD
Instrumen Penilaian
Refleksi Hasil Dan Dampak Bagaimana dampak dari aksi dari   langkah-langkah yang   dilakukan? Apa hasil efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan, atau  ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi yang dilakukan adalah meningkatnya kemampuan menulis peserta didik melalui penggunaan aplikasi Canva yang dilaksanakan dengan menggunakan Model pembelajaran Projek Based Learning ( PBjL ). Hasilnya
Terlihat sangat      efektif karena sebagian besar peserta didik sudah mengalami perubahan belajar dari yang tidak aktif menjadi aktif, dan menganggap pelajaran B.Inggris mudah dan menyenangkan.
Respon dari teman-teman guru terkait pembelajaran ini adalah mereka merasa strategi yang digunakan sangat efektif dan termotivasi untuk mencoba menerapkan desain pembelajaran yang inovatif (Model PBjL menggunakan aplikasi canva) .
Faktor Keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah yang pertama faktor internal yaitu bekerja keras meningkatkan aktualitas diri untuk terus belajar menerapkan  desain pembelajaran yang inovatif, yang kedua faktor eksternal dukungan dan bimbingan dari Dosen pembimbing, Guru Pamong, teman-teman PPG dan pihak sekolah.
Pembelajaran yang diperoleh dari keseluruhan proses aksi adalah mendapat feedback positive. Selain itu guru akan menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan mengembangkan model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Guru semakin memahami bahwa pembelajar sepanjang hayat, harus terus mengembangkan diri mencoba hal-hal baru untuk kemajuan proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H