Mohon tunggu...
dini maulida
dini maulida Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya pastinya suka dengan topi atau bahasan yang berhubungan dengan profesi saya sebagai seorang guru yaitu mengenai topik pendidikan. begitu juga dengan topik-topik yang terkini dan menarik menurut saya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penyusunan LK 3.1 Best Practice Pembelajaran Bahasa Inggris

17 Januari 2023   12:04 Diperbarui: 17 Januari 2023   12:07 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SD ISLAM AL-AZHAR 40 YPKS CILEGON

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH DASAR

Tujuan yang ingin dicapai

Setelah menerapkan Model Pembelajaran Projek based Learning dan Aplikasi Canva Peserta  didik dapat menulis tentang Future Transport menggunakan Simple Future with Will

Penulis

Dini Maulida, S.Pd

Tanggal

12-13 Desember 2022

Situasi :

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda

Latar Belakang Masalah : 

Kemampuan awal siswa

Peserta didik menganggap pelajaran B.Inggris sulit dimengerti

Peserta didik kurang menguasai vocabulary

Guru menggunakan media pembelajaran yang kurang sesuai

Guru belum menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi

Mengapa praktik ini penting?

Sebagai kontribusi terhadap pemecahan masalah yang sedang dihadapi dan agar bisa diikuti oleh pengajar lain ketika menghadapi masalah seperti ini.

Peran Dan Tanggung Jawab

Peran guru sebagai pendesain yang merancang pembelajaran dan yang bertanggung jawab dalam  melakukan proses pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik    sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat

Yang Menjadi Tantangan atau kendala (Akar Masalah):

Penguasaaan media yang kurang maksimal.

Guru kurang menguasai model-model pembelajaran inovatif.

Guru kesulitan merancang pembelajaran berbasis HOTS.

Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran di kelas.

Siapa Saja Yang Terlibat?

Pihak yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran adalah guru dan peserta didik, sedangkan pihak yang terlibat secara  tidak langsung adalah kepala sekolah dan teman sejawat.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/ apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan

Langkah-langkah :

Guru melakukan literature review terkait solusi dari permasalahan yang dihadapi

Guru melakukan interview kepada Kepala sekolah, guru senior, ataupun teman sejawat

Guru harus memahami betul materi yang akan diajarkan.

Guru harus memahami betul applikasi canva yang digunakan dalam pembelajaran.

Guru menentukan model pembelajaran yang akan digunakan (Model PBjL)

Guru menyiapkan alat dan media pembelajaran yang akan digunakan

Guru menyiapkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif agar  peserta didik tidak merasa jenuh

Strategi Yang Digunakan :

Mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan menggunakan metode small group discussion dalam melakukan langkah-langkah kegiatan yang ada dalam proses pembelajaran. Berdiskusi dengan teman-teman PPG, Dosen Pembimbing, dan Guru Pamong dari proses perencanaan sampai tahap  pelaporan dengan presentasi dan evaluasi terkait permasalahan yang terjadi.

Sumberdaya atau Materi :

Media Pembelajaran, yaitu Applikasi Canva dan Video Pembelajaran youtube

Alat yang digunakan: Laptop, Projektor, Speaker aktif

Modul Ajar

LKPD

Instrumen Penilaian

Refleksi Hasil Dan Dampak Bagaimana dampak dari aksi dari     langkah-langkah yang     dilakukan? Apa hasil efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan, atau  ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi yang dilakukan adalah meningkatnya kemampuan menulis peserta didik melalui penggunaan aplikasi Canva yang dilaksanakan dengan menggunakan Model pembelajaran Projek Based Learning ( PBjL ). Hasilnya

Terlihat sangat          efektif karena sebagian besar peserta didik sudah mengalami perubahan belajar dari yang tidak aktif menjadi aktif, dan menganggap pelajaran B.Inggris mudah dan menyenangkan.

Respon dari teman-teman guru terkait pembelajaran ini adalah mereka merasa strategi yang digunakan sangat efektif dan termotivasi untuk mencoba menerapkan desain pembelajaran yang inovatif (Model PBjL menggunakan aplikasi canva) .

Faktor Keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah yang pertama faktor internal yaitu bekerja keras meningkatkan aktualitas diri untuk terus belajar menerapkan  desain pembelajaran yang inovatif, yang kedua faktor eksternal dukungan dan bimbingan dari Dosen pembimbing, Guru Pamong, teman-teman PPG dan pihak sekolah.

Pembelajaran yang diperoleh dari keseluruhan proses aksi adalah mendapat feedback positive. Selain itu guru akan menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan mengembangkan model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Guru semakin memahami bahwa pembelajar sepanjang hayat, harus terus mengembangkan diri mencoba hal-hal baru untuk kemajuan proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kualitas

pendidikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun