Mohon tunggu...
Dinda Ruliana Dewi
Dinda Ruliana Dewi Mohon Tunggu... Bankir - Mahasiswa UIN MALIKI Malang

jangan lupa dibaca ya dan di share sebanyak banyaknyaa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Yuk Mengenal Ustadzahku Sedari Kecil

25 Mei 2022   22:17 Diperbarui: 25 Mei 2022   22:22 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halooo guys assalamualaikum semuanyaa..

Gimana nih kabar kalian semuanya ? semoga selalu dalam keadaan sehat ya guys... oh iya selamat menunaikan ibadah puasa ya guys semoga dapat menunaikan ibadah puasa hingga akhir nanti. 

Oh iya guys kali ini aku bakalan sedikit cerita nih kekalian gimana sih masa kecilku ketika menuntut ilmu agama atau yang sering dikenal dengan istilah ngaji nih...

Oh iya kalian masa kecilnya dulu ngaji dimana guys ? kalo aku ngaji di sebuat TPQ, kayak taman Pendidikan al quran gitu. Nah okeyy langsung aja masuk ke dalam critwanyaa...

Nah aku mulai ngaji itu udah dari kelas 2 SD, aku ngaji di TPQ Al Basithu nah disana itu di gurui oleh ustadzahku namana bu ika. Nah ngaji ini tu dimulai pukul 3 aore sampai jam 5 sore. Aku dulu itu paling semangat berangkat ngaji itu karena sistemnya seperti mengumpulkan kartu ngaji nah siapa yang mengumpulkan dahulu itu yang bisa ngaji terlebih dahulu jugaa...

Paling seneng aku dulu itu ngaji yang awal karena kenapa, karena ketika udah ngaji  dan waktunya istirahat itu dapat bagian yang cukup lama. Nah ngaji ku dulu itu dimulai mempelajari Iqro. Ada yang tahu ngga Iqro itu sendiri apa ? 

nah Iqro itu metode pembelajaran pertama kali yang diajarkan oleh guru ngaji di tempat ngaji ku. Nah di dalamnya dikupas tuntas mulai dari huruf hijaiyah yang paling awal dan bagaimana cara membacanya. 

Yang dari dahulu mengajariku itu ya bu ika ini, beliau bertempat tinggal dekat dengan tpq ku. Beliau tidak sendirian, dahulu itu beliau ditemani oleh suaminya dalam mengajar. Nah setiap harinya aku mengaji Bersama beliau dengan memfasihkan seluruh bacaan tajwid ku.

Kemudian aku menamatkan iqro itu kira kira ketika aku kelas 4 SD, nah setelah kelas 4 SD aku lanjut mengaji ke Juzz Amma. Nah juz amma ini didalamnya yaitu kumpulan surat surat pendek yang ada di dalam al quran juz ke 30. 

Nah pembelajaran selanjutnya aku diajari untuk membaca juz amma yang mana kalimatnya itu bersambung dan lebih panjang panjang daripada di iqro. Disini aku mulai diajari bagaimana hukum bacaan ilmu tajwid yang ada di dalamnya kemudian bagaimana pelafalan hurufnya. 

Bu ika selalu telaten dalam negajariku selain itu disaat aku menginjak ke kelas juz amma ibni disinilah banyak diadakan seperti lomba lomba seperti lomba hafal an surat, lomba bersholawat kemudian lomba ceramah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun