Mulai Dari Diri
1. Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Â
Yang saya pikirkan sebelumnya berkaitan dengan topik pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD yaitu bagaimana cara menerapkannya kepada peserta didik dengan memperhatikan pendekatan, strategi dan lain sebagainya sehingga, scaffolding yang diterapkan pada ZPD dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan keanekaragaman karakteristik, latar belakang peserta didik dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak dalam satu kelas. Tentunya saya juga berfikir apakah pemahaman saya pada topik ini sudah cukup atau belum, oleh sebab itu saya juga berfikir untuk menambah pengetahuan berkaitan dengan scaffolding pada ZPD ini yang nantinya peserta didik dengan mudah memiliki pemahaman dari yang saya jelaskan.Â
Eksplorasi KonsepÂ
2. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Yang saya pelajari berkaitan dengan konsep pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan Sebagai scaffolding pada ZPD di topik ini adalah bahwa sangat penting bagi kita seorang pendidik untuk menerapkan scaffolding pada ZPD, karena dengan kita mempelajari hal tersebut dan menerapkannya akan mempengaruhi perkembangan pendidikan pada peserta didik. Seorang guru peru untuk menjadi fasilitator pada peserta didik artinya, seorang guru perlu membimbing dan membantu peserta didik dalam mencapai tujuan sesuai dengan potensi yang dimiliki agar berkembang secara optimal. Dalam proses pembelajaran juga sangat penting bagi pendidik untuk memahami latar belakang, karakteristik dan kemampuan gaya belajar peserta didik agar mempu memberikan stimulus sesuai dengan kebutuhan peserta didik tanpa ada deskriminasi.
Ruang KolaborasiÂ
3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Pembelajaran yang saya pelajari bersama dengan rekan-rekan di ruang kolaborasi yaitu,saya saling berdiskusi bersama dengan teman-teman untuk mempelajari lebih lanjut tentang pandangan masing-masing anggota kelompok terkait dengan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD (Zone Of Proximal Development) dalam kegiatan pembelajaran. Dari diskusi inilah membantu saya untuk menambah pengetahuan berkaitan dengan scaffolding pada ZPD dari sudut teman-teman kelompok. Setelah melakukan diskusi kelompok, maka selanjutnya yaitu melakukan presentasi bersama dengan teman dan juga dosen pada tahap demontrasi kontekstual. Saya bersama dengan rekan-rekan dapat belajar bahwa pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD dalam mengajar dapat mempertimbangkan latar belakang peserta didik agar menciptakan pembelajaran yang efektif, selain itu pendidik juga perlu untuk memiliki keterampilan sosial.
 Demontrasi Kontekstual
4. Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Hal penting yang saya pelajari daris proses demontrasi kontekstual bersama dengan kelompok adalah kami saling memaparkan hasil diskusi dengan teman-teman PGSD 06 berkaitan dengan materi pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD. Hal tersebut kami saling mengevaluasi apa kurangnya dari apa yang kita presentasikan dan dilengkapi dengan teman sebaya dan tambahan dari dosen. Sehingga evaluasi ini saling berbagi pendapat dan berkomunikasi juga saling berbagi pemikiran. Karena menjadi seorang pendidik merupakan tanggung jawab yang perlu untuk dijalankan dengan sebaik mungkin dalam memahami kebutuhan peserta didik sehingga, perlu adanya masukan dan evaluasi untuk pembelajaran yang lebih baik lagi.
5. Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?Â
Sejauh ini yang saya pahami tentang topik bahasan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD, saya lebih banyak belajar lagi bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan berpusat pada peserta didik perlu untuk melakukan kebebasan dalam belajarnya, artinya perlu mendapatkan kenyamanan, arahan, bimbingan saat belajar. Kemudian peserta didik juga perlu untuk mendapatkan pendekatan dalam pembelajaran yang mendukung untuk mengembangkan kemampuannya dengan memberikan bantuan yang sesuai. Dengan mempelajari perkembangan peserta didik memastikan bahwa tantangan belajar yang diberikan berada di dalam ZPD merupakan tahap pemahaman agar anak lebih berkembang mencapai tujuan pembelajaran.
Elaborasi Pemahaman
6. Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Hal baru yang saya pahami dari pemahhaman awal sebelum pembelajaran di mulai yaitu, tentang konsep scaffolding pada ZPD yang bagaimana cara penerapannya dapat dilakukan secara efektif ketika pembelajaran berlangsung pada peserta didik . Kemudian saya juga memahami bahwa pentingnya melakukan adaptasi terhadap kebutuhan setiap siswa dan mengetahui gaya belajar dengan menerapkan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD sehingga, pembelajaran yang diajarkan kepada peserta didik dapat bermakna dan sesuai dengan karakteristiknya.Â
7. Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? Â
Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut berkaitan dengan materi pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD yaitu, begaimana cara memberikan pembelajaran untuk anak didik yang efektif, kemudian dengan adanya ZDP bagaimana penerapannya untuk dilakukan kepada anak didik dengan adanya bantuan scaffolding untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dapat disinkronkan dengan orang tua agar sama-sama bisa mengawasi peserta didik baik dilakukan di rumah dan juga di sekolah.
Koneksi Antar MateriÂ
8. Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?Â
Yang saya pelajari berkaitan dengan koneksi antar materi pada dalam mata kuliah lain adalah bagaimana penerapan pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD dalam pembelajaran yang mempertimbangkan setiap karakteristik peserta didik yang meliputi latar belakang, pemahaman, dan kebutuhan peserta didik berkaitan dengan mata kuliah lainnya yaitu :
- Â Pemahaman Peserta Didik dan pembelajarannya : Â Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan Scaffolding pada ZPD yang diberikan pada peserta didik menjadi bermakna jika pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan peserta didik kognitif, afektif dan psikomotor. Sehingga dalam pembelajarannya sesuai dengan minat dan karakteristik yang dimiliki oleh setiap peserta didik, dengan begitu pembelajaran akan lebih bermakna
- Filosofi Pendidikan : Penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah harus selaras dengan tujuan pendidikan yang ada di Indonesia. seperti pembentukan karakter dan pengembangan potensi. Ki Hadjar Dewantara menunjukkan bahwa pendidikan berkitan dengan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung potensi peserta didik dan membangun manusia Indonesia yang berkelanjutan dan mempu menggali masa depan. Dengan adanya  Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan Sebagai Scaffolding pada ZPD pembelajaran maka apa yang diajarkan oleh Ki Hadjar Dewantara akan tercapai untuk mencapai tujuan ZPD pada peserta didikÂ
- Literasi dalam Lintas Mata Pelajaran : Dengan adanya Literasi dalam lintas mata pelajaran yang berkaitan dengan  Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan Sebagai Scaffolding pada ZPD akan membantu pendidik dalam mengintegrasikan ZPD ke dalam berbagai strategi pembelajaran khususnya pada literasi. Yang tujuannya akan membuat pengalaman belajar yang terpadu dan juga kontekstual
- Prinsip Pengajaran dan Asesmen : Pada pembelajaran menggunakan  Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang scaffolding dengan memperhatikan ZPD, seorang pendidik akan melakukan asesmen awal baik itu kognitif ataupun non kognitif untuk mengetahui cara belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga hasil akhir dari asesmen yang dilakukan guru akan mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan asesmen setiap peserta didik
- Praktik Pengalaman Lapangan 1 : Pada praktik pengalaman lapangan I dapat menjadikan aksi nyata dari penerapan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan Sebagai Scaffolding pada ZPD, kita sebagai pendidik dapat mengamati secara langsung keadaan yang sebenarnya pada kondisi di lapangan. Guru dapat melihat dengan cara metode tindakan kelas dan bagaimana interaksi sosial dalam perantara scaffolding pada ZPD pembelajaran.
9. Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat yang dapat saya ambil pada pembelajaran berkaitan dengan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang scaffolding dengan memperhatikan ZPD untuk kesiapan saya sebagai seorang pendidik yaitu,dengan adanya konsep scaffolding pada ZPD memiliki manfaat yang signifikan terhadap kesiapan seorang guru. Dengan saya mempelajari materi ini saya mendapatkan pemahaman yang lebih bahwa bagaimana cara mendukung peserta didik dalam mencapai ZPD mereka miliki dengan perantara scaffolding. Oleh sebab itu dalam pembelajaran perlu untuk membuat rencana pembelajaran, metode dan strategi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan saya banyak mempelajari materi ini maka membuat saya lebih paham lagi bagaimana sih cara pengajaran yang cocok untuk peserta didik dan pengenalan karakternya. Jadi manfaatnya dalam pembelajaran akan lebih berkualitas.Â
Aksi NyataÂ
10. Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Kesiapan saya dalam menjadi guru yaitu di skala 8 dari 10. Saya ingin menambah pemahaman lagi tentang mata kaliah yang diajarkan selama ppg yang bisa saya terapkan dalam penjadi guru, sehingga saya siap menjadi guru terbaik untuk peserta didik. Tidak hanya menerima teori saja tetapi juga diaplikasikan kepada anak didik. Khususnya pada materi prespektif sosiologi ini.
11. Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Sebagai seorang pendidik saya dalam menerapkan ilmu yang saya dapatkan berkaitan dengan topik bahasan ini scaffolding pada Zone Of Proximal Development yaitu lebih memahami kembali apa itu scaffolding bagaimana penerapannya kepada peserta didik dengan memperhatikan latar belakang peserta didik dengan melihat prespektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dengan mengamati sesuai gaya belajar anak. Hal ini tentunya perlu dilakukan oleh semua pendidik sebelum memulai pembelajaran dengan cara melakukan observasi kepada anak didiknya. Setelah kita mengetahui hasil dari observasi maka kita dapat mengelompokkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta didik dalam merancang kegiatan pembelajaran yang dapat mendukung perkembangan kognitif peserta didik sesuai dengan pahamahan atau gaya belajarnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H