Mohon tunggu...
Dinda Ishma Nadhila
Dinda Ishma Nadhila Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang guru untuk masa depan bangsa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Prespektif Sosial, Budaya, Ekonomi dan Politik dalam Pembelajaran

19 Maret 2024   12:44 Diperbarui: 19 Maret 2024   13:36 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.gramedia.com/literasi/budaya/Input 

AKSI NYATA

1. Mulai Dari Diri

Apa yang Anda Pikirkan tentang topic ini sebelum memulai proses pembelajaran ? 

Yang saya pikirkan tentang topik sebelum memulai proses pembelajaran yaitu, saya berfikir bagaimana cara menerapkan pengajaran prespektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran di Indonesia dengan memperhatikan setiap latar belakang peserta didik. Karena setiap siswa merupakan individu yang unik dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda hal ini sesuai dengan pendekatan holistik dan juga inklusif. Apabila seorang pendidik memperhatikan prespektif sosialnya maka pembelajaran akan berjalan secara efektif, karena setiap individu tentunya saling berhubungan dengan social sekitarnya. Begitu juga dengan budaya setiap anak didik memiliki latar belakang yang berbeda dan ekonomi, politik yang berbeda pula. Hal inilah yang menjadikan PR untuk saya bagaimana mengimplementasikan pembelajaran prespektif agar mudah dipahami oleh peserta didik.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini ?

Yang saya pelajari dari konsep prespektif sosial, budaya ekonomi dan politik yaitu, melakukan pendekatan kepada peserta didik dengan mengetahui latar belakangnya agar dapat menumbuhkan pemahaman mereka terkait adanya perbedaan dalam lingkungan sekitar peserta didik. Kemudian saya juga mempelajari berkaitan dengan topik ini yaitu membahas tentang apa itu prespektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik dalam pembelajaran. Pandangan saya mengenai topik ini prespektif sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini karena sangat berhubungan erat dengan karakteristik setiap peserta didik yang ada di lingkungan sekolah yang setiap individunya mempunyai prespektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik yang berbeda-beda sehingga seorang pendidik tidak boleh menyamaratakan atau menjadikan deskriminasi saat pembelajaran berlangsung, akan tetapi seorang pendidik dapat membuat rancangan strategi pembelajaran berkaitan dengan karakteristik peserta didik.

3. Ruang Kolaborasi

Apa yag Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi ?

Pembelajaran yang saya pelajari bersama dengan rekan-rekan di ruang kolaborasi yaitu, mengathau bahwa penting bagi seorang pendidik untuk memahami karakteristik peserta didik dan faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik agar dapat memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Selain itu juga, prespektif sosiokultural dapat dijadikan sebaai bahan refleksi dalam peningkatan mutu pembelajaran dan kualitas proses pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun