Pada tanggal 14 Februari 2022 sampai dengan 25 Februari 2022, mahasiswa UHAMKA mengikuti kegiatan KKN PENDIDIKAN (KKN DIK) yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka. Kegiatan KKN ini diikuti oleh program studi Pendidikan Matematika angkatan 2018. Waktu yang di adakan selama KKN Bersama adalah 2 minggu, di domisili yaitu Kampung Ciketing Rawa Mulya, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi. Kami salah satu mahasiswa UHAMKA program studi Pendidikan Matematika yang bernama Dinda Haniyah dan Maulia Tusyadiah Isnaini dengan bimbingan dari dosen pembimbing lapangan yaitu Ibu Hikmatul Khusna, M.Pd.
Kegiatan program kerja individu yaitu Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 dalam mata pelajaran matematika yang dilaksanakan di Kampung Ciketing Rawa Mulya, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi. Antusias anak-anak SMP yang mengikut Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 ini sangat semangat sekali. Maka dari itu saya mengajukan pembelajaran matematika di domisili yaitu Kampung Ciketing Rawa Mulya, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi. Waktu pelaksanaan belajar matematika diadakan setiap hari Senin sampai Jum'at dengan jenjang kelas VII.
Pendidikan adalah suatu usaha untuk merubah manusia ke arah yang lebih baik. Perwujudan dari pengertian tersebut salah satunya adalah dengan pembelajaran. Pembelajaran sendiri berarti proses interaksi siswa-siswi dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Ilmu pendidikan yang dimiliki oleh pendidik merupakan salah satu faktor penting demi mendukung keberhasilan proses pembelajaran tersebut. Untuk mengetahui urgensi ilmu pendidikan dalam proses pembelajaran, dibutuhkan beberapa bacaan sehingga tulisan ini dapat disusun. Melalui ilmu pendidikan, pendidik dapat memahami siswa-siswi dan bagaimana agar proses pembelajaran mengalami keberhasilan.
Kami sebagai calon pendidik tentu harus mengetahui berbagai macam karakteristik dari peserta didik dikarenakan setiap peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar pembelajaran yang diberikan dapat diterima dengan baik dan kegiatan ini memberikan pengalaman baru kepada kami untuk melihat secara langsung sikap dan ketekunan dari setiap peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam satu kali pertemuan pembelajaran berlangsung selama 45 menit untuk SMP. Selama dua minggu kami melakukan kegiatan PLP 2 ini mendapatkan banyak hal-hal positif seperti memperoleh ilmu yang baru.
Termasuk anak-anak SMP kelas VII berkesempatan belajar dan menyimak penjelasan yang disampaikan oleh kami. Kegiatan pembelajaran matematika yang berlangsung di Rumah Belajar PLP 2 yaitu sebanyak delapan kali pertemuan dalam dua minggu.
Tidak terasa kegiatan PLP 2 berjalan selama dua minggu yang dilakukan di Rumah Belajar Ciketing Rawa Mulya, RT 001, RW 002 telah berakhir. Sebelum meninggalkan kegiatan rumah belajar, kami melakukan kegiatan penutupan PLP 2 bersama Anak-anak SMP dengan memberikan sebuah hadiah penyemangat.
Dengan adanya kegiatan PLP 2, kami sangat senang dan bersemangat dapat diizinkan untuk mengajar di Rumah Belajar walaupun kami masih dalam tahap belajar menjadi seorang pendidik. Kami sebagai mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA diharapkan siap menjadi pendidik yang dapat mengimplementasikan kompetensi yang dimiliki sebagai guru professional dalam kompetensi pedagogik serta kepribadian yang baik. Memberikan motivasi belajar kepada siswa dan siswi untuk tetap semangat dalam menggapai cita-cita mereka. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk mereka kedepannya dan menjadikan motivasi belajar mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H