Mohon tunggu...
Dinda Dwi Marcelia
Dinda Dwi Marcelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai saya Dinda, saya seorang mahasiswa jurusan kependidikan!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sepenggal Pengalaman Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 5

29 Desember 2023   22:30 Diperbarui: 29 Desember 2023   22:39 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hallo sobat merdeka!

Kampus mengajar merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi mitra guru dalam berinovasi menciptakan pembelajaran. Inovasi dihadirkan melalui program-program yang menunjang peningkatan literasi, numerasi, penguatan profil pelajar pancasila, serta adaptasi teknologi dalam kegiatan pembelajaran. 

Adapun beberapa program yang telah saya dan rekan kamjar (kampus mengajar) yang berada di sekolah penempatan yang sama ialah sebagai berikut. Ini kilas kisah kamii

Program yang menunjang kegiatan Literasi, diantaranya :

1. Pojok Baca : Kegiatan ini merupakan pembuatan suatu ruang kecil di pojok kelasnya masing-masing (perpustakaan kelas) yang dilengkapi dengan beberapa buku-buku bacaan seperti dongeng, komik, novel, dan lain sebagainya dan juga pojok baca ini dihiasi dan dirapikan sekreatif siswa-siswi kelasnya. 

2. Pohon Literasi : Kegiatan ini merupakan pembuatan rekayasa pohon yang disimpan atau ditempatkan didepan kelasnya masing-masing dengan sekreatif mungkin yang nantinya dedaunan dari pohon tersebut ditempel manual oleh para siswa-siswi sembari dituliskan judul buku yang sedang atau sudah dibaca. 

3. English Club : Kegiatan ini wadah bagi para siswa untuk belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Kegiatan ini dapat menunjang pembelajaran Bahasa Inggris di kelas maupun di lingkungan sekitar. 

4. Literasi Pagi : Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap pagi sebelum belajar kepada siswa-siswi nya untuk membaca buku non akademik seperti novel, dongeng, komik, dan lain lain selama 10-15 menit. 

5. Nature Study : Kegiatan ini merupakan kegiatan refreshing bagi siswa-siswi untuk bisa belajar di alam terbuka atau diluar kelas dengan tetap mencapai tujuan pembelajaran.

Program yang menunjang peningkatan numerasi, diantaranya : 

1. Tarik jaring- jaring : Kegiatan ini merupakan fun games yang dimana para mahasiswa menyiapkan sebuah rangkaian bangun ruang yang akan disusun oleh siswa dan direalisasikan langsung oleh para siswa. 

2. Papan Puzzle : Kegiatan ini merupakan kegiatan penunjang akademik dengan menyediakan sebuah papan yang bisa dipergunakan untuk mencocokan bentuk-bentuk seperti bangun datar dan dicocokan bagaikan puzzle. 

3. Papan Numerasi Kreatif : Kegiatan ini sebagai penunjang dengan menyediakan papan berisikan perkalian yang bisa dipilih dan ditalar langsung oleh siswa-siswi. 

4. Market Day : Kegiatan ini merupakan kegiatan yang melibatkan siswa untuk merekonstruksi pengetahuan, keterampilan, dan mengkulminasikan dalam produk nyata serta memasarkan produknya kepada teman, guru, dan masyarakat sekitar.

Program yang berorientasi pada penguatan profil pelajar pancasila, diantaranya : 

1. Ekstrakulikuler Pramuka : Kegiatan ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti para siswa-siswi yang nantinya akan berfokus pada kepramukaan yaitu Pancasila. 

2. Kelas Bersih : Kegiatan ini merupakan kegiatan perlombaan antar kelas yang dimana nanti kelas terbersih akan mendapatkan piala sebagai apresiasi kepada para siswa. 

3. Mading Kreatif : Kegiatan ini merupakan pembuatan mading yang nantinya akan disimpan di halaman sekolah yang berisikan tentang suatu yang ada di Indonesia. 

4. Jum'at Bersih : Kegiatan ini merupakan kegiatan bersih-bersih kelas dan halaman sekolah secara bersamaan yang dilakukan di hari jumat pagi hari sampai istirahat pertama selesai. 

5. Senam Pagi : Kegiatan yang dilakukan secara rutin seluruh siswa untuk melakukan senam bersama dengan lagu yang sudah ditentukan. 

Program yang berorientasi pada adaptasi teknologi, diantaranya : 

1. Film Edukatif : Kegiatan ini merupakan ajang refreshing bagi siswa-siswi sekaligus pengenalan teknologi dengan menonton film edukatif yang bisa diambil kesimpulan pesan yang disampaikan pada film tersebut. 

2. Software Bootcamp : Kegiatan ini merupakan kegiatan pengenalan aplikasi pada pc/komputer yang nantinya akan sangat berguna digunakan seperti Microsoft word dan Microsoft power point. 

3. Power Point Study : Kegiatan ini merupakan kegiatan yang mempergunakan tampilan slide yang menarik membahas materi pembelajaran yang akan disampaikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun