Mohon tunggu...
Dinda Aulia Ramadhiani
Dinda Aulia Ramadhiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang mahasiswa

Hallo! Aku mahasiswa UPI👋🏻

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2021: Menyiasati Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19

9 Agustus 2021   20:52 Diperbarui: 9 Agustus 2021   21:53 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah hampir 2 tahun berlalu dan pandemi Covid-19 tidak kunjung mereda. Berbagai sektor pemerintahan maupun publik menghadapi permasalahan yang sama. Salah satu sektor paling penting yaitu Sektor Pendidikanpun tak luput terkena dampak dari pandemi ini. 

Pemerintah harus memformulasikan kebijakan-kebijakan dengan cakap agar para Tenaga Kependidikan dapat menyusun strategi sebaik mungkin sebagai tindak lanjut penguatan kebijakan yang telah diberikan oleh pemerintah untuk menghadapi Covid-19.

Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No.4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), bahwa proses pembelajaran dari rumah dilaksanakan melalui pembelajaran dalam jaringan atau daring. 

Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilaksanakan tanpa tatap muka dengan melalui perangkat personal komputer, laptop, atau handphone yang terhubung dengan koneksi internet.

Program KKN TEMATIK MDBPE-MBKM yang di buat UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2020/2021 menjadi salah satu program yang inovatif untuk dilaksanakan saat ini karena menyesuaikan dengan keadaan sedang Pandemi Covid-19. Terdapat 2 sub program yaitu Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Bidang Ekonomi.

Dinda Aulia Ramadhiani merupakan salah satu mahasiswa UPI yang melaksanakan KKN-T dengan mengambil Program Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan di Desa Jatihurip tepatnya di SDN Sindang II, Ia secara aktif melakukan kegiatan membantu sekolah menyiasati pelaksanaan pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Pelaksanaan Pembelajaran yang dilakukannya yaitu Pendampingan Guru, Orangtua Siswa, dan Siswa secara daring. Adapun bentuk-bentuk pendampingannya seperti dibawah ini :

Pendampingan Guru

dokpri
dokpri

Pendampingan guru dilakukan Semi Offline, karena guru-guru diperbolehkan berada di lingkungan sekolah dengan tetap memperhatikan dan menjalankan aturan sesuai Prokes. 

Bentuk kegiatan Pendampingan Guru yaitu membantu guru dalam membuat media pembelajaran interaktif, disini Dinda membuat Powerpoint yang di dalamnya memuat informasi bahan ajar serta link youtube yang mendukung pembelajaran. 

Selain itu Dinda juga membantu guru dalam membuat absen kelas, membuat kunci jawaban materi, dan membantu administrasi sekolah seperti mendata buku paket yang akan dibagikan ke siswa dan mengatur pengembalian rapor. 

Dalam program unggulannya, Dinda membuat kegiatan Workshop dengan judul "Literasi ICT (Information Comunication and Technology) dan Media Pembelajaran Untuk Menghadapi Pembelajaran Daring", kegiatan ini membahas tentang Literasi ICT dan Media Pembelajaran yang bisa digunakan selama masa Pandemi Covid-19. 

Dalam Workshop Dinda membagikan materi mengenai "ICT dalam media pembelajaran", Workshop ini disambut dan diterima dengan sangat baik oleh pihak Sekolah.

Pendampingan Orangtua Siswa dan Siswa

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Adapun pendampingan Orangtua Siswa dan Siswa sepenuhnya dilakukan secara daring dengan memanfaatkan fitur Group dalam aplikasi Whatsapp dan Pertemuan Tatap Maya dengan Google Meeting. 

Bentuk Pendampingan Orangtua Siswa yang dilakukan Dinda ialah secara aktif membantu Orangtua Siswa Ketika mengalami kesulitan dalam mengakses bahan ajar yang telah diberikan dan memberikan poster tentang "Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring". 

Karena siswa masih menggunakan Gadget bersama orang tuanya maka kegiatan pembelajaran Tatap Maya cukup sulit dilakukan, maka dari itu kegiatan pembelajaran memang sepenuhnya dilakukan secara Daring namun di akhir kegiatan KKN Dinda secara khusus membuat pertemuan maya untuk para siswa dengan pembahasan "Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pembelajaran Daring".

Dengan Formasi saling bahu-membahu antara semua pihak dan respon yang positif dari Guru, Orangtua Siswa, dan Siswa. Pelaksanaan pembelajaran secara Daring tetap dapat terlaksana dengan baik dan maksimal serta materi pembelajaranpun tetap tersampaikan kepada siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun