Mohon tunggu...
Dina Rachmawati
Dina Rachmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Ilmu Komunikasi di UPN Veteran Jawa Timur

Saya suka menulis dan membuat konten

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menciptakan Keahlian Digital Marketer melalui Sertifikasi Digital Marketing

15 Juni 2023   21:40 Diperbarui: 16 Juni 2023   00:47 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pernahkah kita mendengar bahwa kunci kemudahan mendapatkan pekerjaan adalah dengan mempunyai sertifikat keahlian?

Mungkin jika kita melihat situasi dan kondisi saat ini, pernyataan tersebut memang benar.Ketika seseorang ingin mendapatkan pekerjaan dibidang tertentu, pastinya perusahaan juga menginginkan bukti bahwa seseorang tersebut memang mempunyai keahliannya dibidang yang perusahaan butuhkan. Terutama pada pekerjaan yang membutuhkan tingkat kompeten yang tinggi seperti Digital Marketing.

Kegiatan pemasaran menjadi salah satu kegiatan yang tidak pernah hilang. Setiap orang membutuhkan pemasokan barang atau jasa untuk mencukupi kebutuhannya. Di era digital yang semakin maju saat ini, pemasaran menjadi berdampak dengan konsep digital marketing. Untuk mempertahankan kegiatan pemasaran digitalnya, setiap perusahaan maupun pelaku usaha membutuhkan orang-orang kompeten yang mampu menangani bidang pemasaran digital tersebut. Pekerjaan menjadi seorang digital marketer pun menjadi semakin banyak diminati.

Namun, untuk mengerjakan pekerjaan tersebut, dibutuhkan suatu keahlian yang nyata dan pemahaman mendalam terkait pengelolaan digital marketing yang baik untuk mencapai tujuan kesuksesan dalam berbisnis. Untuk menjadi seorang digital marketer yang handal, setiap orang harus memiliki bukti berupa sertifikasi kemampuan dibidang Digital Marketing. Sertifikat inilah yang kemudian akan memberikan keunggulan kompetitif bagi pemiliknya dan membuka banyak kesempatan untuk mendapatkan kepercayaan pekerjaan dibidang Digital Marketing.

Lalu apa sebenarnya sertifikasi digital marketing?

Sertifikasi digital marketing adalah bukti pengakuan kemampuan secara resmi yang dikeluarkan secara tertulis dan diberikan kepada individu yang telah memenuhi persyaratan tertentu dalam pengetahuan dan keterampilannya di bidang pemasaran digital. Sertifikasi digital marketing ini diberikan ketika individu dirasa mampu dan berhak mendapatkan bukti keahliannya di bidang digital marketing. Sertifikasi digital marketing ini biasanya dikeluarkan oleh lembaga, asosiasi, atau perusahaan penyedia pelatihan yang telah diakui secara resmi. Sertifikasi digital marketing ini sangat penting bagi suatu individu yang ingin membuktikan bahwa dirinya kompeten di bidang digital marketing.

Bagaimana cara mendapatkan sertifikasi digital marketing?

Untuk mendapatkan sertifikasi digital marketing, seseorang harus mendaftarkan diri dan mengikuti program pelatihan yang diadakan oleh lembaga, asosiasi, atau perusahaan penyedia pelatihan digital marketing. Setelah itu, individu harus mengikuti ujian sertifikasi tersebut dengan topik terkait pemasaran digital seperti pemahaman SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing), pemahaman terkait pemasaran melalui konten dan media sosial, pemahaman membaca analitik digital, pemahaman menerapkan strategi pemasaran secara digital, dan hal lainnya yang terkait digital marketing.

Setelah mengikuti ujian sertifikasi ini, lembaga penyedia pelatihan berhak mengeluarkan sertifikat kemampuan digital marketing tersebut kepada individu yang memang layak dan kompeten. Ketika sertifikat keahlian digital marketing tersebut telah diterima, maka seorang digital marketer dapat menggunakannya untuk kesempatan berkarir. Karena dengan adanya bukti sertifikat yang valid, seorang digital marketer menjadi lebih menarik bagi perusahaan dan klien. Serta mereka dapat dengan jelas membuktikan kemampuannya dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengelola kegiatan kempanye pemasaran digital yang sukses.

Apa saja manfaat sertifikasi digital marketing bagi peluang karir?

  1. Mendapatkan pengakuan dan kepercayaan

Ketika kita mengikuti pelatihan sertifikasi digital marketing dan mendapatkan sertifikat tersebut, maka secara resmi membuktikan bahwa kita adalah seorang digital marketer yang kompeten. Dengan sertifikasi digital marketing tersebut, kita bisa memberikan pengakuan secara resmi terhadap keahlian dan pengetahuan kita di bidang digital marketing kepada para calon klien, perusahaan, maupun mitra bisnis.

  1. Memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan

Dalam dunia kerja saat ini, daya saing untuk menduduki kursi di perusahaan sangatlah ketat. Terutama dibidang pekerjaan tertentu yang membutuhkan keahlian khusus seperti digital marketing. Dengan mempunyai sertifikasi digital marketing, kita dapat memberikan keunggulan yang lebih signifikan dan nyata kepada perusahaan. Sehingga peluang untuk mendapatkan kepercayaan di pekerjaan digital marketer sangat tinggi. Sertifikasi digital marketing membantu kita membedakan diri dari pesaing untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan.

  1. Mendapatkan peluang karir yang lebih baik

Dengan adanya bukti keahlian melalui sertifikasi digital marketing, maka akan sangat mudah membuka pintu karir kita di dunia pekerjaan. Kita bisa menggunakan sertifikasi digital marketing tersebut untuk mengambil peran yang besar dalam kegiatan pengelolaan pemasaran digital, memimpin tim pemasaran digital, bahkan dapat menjalankan bisnis membuka usaha sebagai konsultan pemasaran digital. Adanya sertifikasi digital marketing ini menjadi investasi bagi kita untuk mengembangkan diri dalam menentukan peluang karir.

  1. Mempunyai pengetahuan yang lebih luas dan mendalam

Selain mendapatkan sertifikat kemampuan ahli yang kompeten dibidang digital marketing, mengikuti ujian dan pelatihan sertifikasi digital marketing juga membuat kita mempunyai pengetahuan yang lebih luas dan mendalam lagi tentang aspek digital marketing. Pada saat mengikuti ujian dan pelatihan sertifikasi ini, kita akan banyak belajar tentang strategi pemasaran digital, apa saja tools atau alat yang digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran digital, dan juga bisa langsung menerapkan praktik kampanye digital dalam kegiatan digital marketing. Pengetahuan tersebut pastinya sangat membantu kita sebagai seorang digital marketer yang kompeten untuk mempelajari berbagai ilmu tentang kegiatan pemasaran digital.

  1. Membuka peluang jaringan profesionalisme bagi dunia kerja yang tinggi

Ketika kita mengikuti ujian atau pelatihan sertifikasi digital marketing, pastinya kita akan bertemu dengan banyak orang yang mempunyai minat terhadap bidang keahlian yang sama. Dari pertemuan tersebut, kita bisa membangun hubungan pertemanan dan komunikasi yang bermanfaat, kita bisa bertukar pikiran dan pendapat, hingga saling beriniteraksi untuk membangun hubungan kerja yang profesional di bidang pemasaran digital. Dari mengikuti ujian atau pelatihan sertifikasi digital marketing ini juga memberikan peluang untuk berbagi pengetahuan terkait bidang digital marketing, sehingga kita bisa belajar dari para kolega kita. Dari perkenalan tersebut juga bisa mendukung potensi peluang karir di masa depan. Bisa saja suatu saat nanti kita saling membutuhkan tenaga satu sama lain sebagai digital marketing yang membantu permasalahan pemasaran digital yang sedang dialami oleh masing-masing.

Langkah-langkah mendapatkan sertifikasi digital marketing:

  1. Pilih lembaga atau perusahaan penyedia pelatihan sertifikasi yang terpercaya

Sebelum memutuskan untuk mengikuti ujian dan pelatihan sertifikasi digital marketing, maka langkah pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan riset untuk memilih lembaga atau perusahaan penyedia pelatihan sertifikasi yang tepat dan terpercaya. Kita harus tepat mencari penyedia pelatihan yang diakui dalam industri agar sertifikat kompeten digital marketing yang kita dapatkan nanti dapat terjamin keaslian dan kebermanfaatannya. Pastikan juga penyedia pelatihan tersebut memberikan penawaran program pelatihan dan ujian yang relevan dengan minat dan keinginan. Jangan lupa juga cek reputasi perusahaan mereka sebelum memutuskan untuk mendaftar sertifikasi di tempat tersebut

  1. Daftarkan diri dan siapkan berkas pendukung yang dibutuhkan

Setelah yakin memilih lembaga penyedia sertifikasi digital marketing yang sesuai, langkah selanjutnya yaitu daftarkan diri dan siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pelaksanaan ujian atau pelatihan sertifikasi digital marketing. Periksa semua kelengkapan dokumen dengan benar dan jangan sampai ada kesalahan yang akan berdampak buruk pada hasil akhir sertifikasi nanti.

  1. Persiapkan diri untuk ujian sertifikasi

Setelah semua berkas dan pendaftaran sudah lengkap dan sesuai, maka hal yang kemudian harus dihadapi yaitu melaksanakan ujian sertifikasi digital marketing. Persiapkan diri dengan baik untuk melaksanakan ujian ini, kerjakan semua soal dengan maksimal sesuai kemampuan dan intruksi pengerjaan, dan ikuti setiap sesi pelaksanaan pengerjaan ujian sertifikasi dengan totalitas

  1. Mendapatkan sertifikat ujian sertifikasi

Setelah berhasil melaksanakan ujian sertifikasi, maka kita akan diberikan sertifikat yang menjadi bukti bahwa kita mempunyai kemampuan dan keahlian dibidang pemasaran digital. Periksa kembali sertifikat tersebut apakah terdapat kesalahan atau kekeliruan yang bisa disampaikan untuk direvisi oleh pihak lembaga sertifikasi yang kita ikuti. Jangan lupa simpan dokumen pendukung dan sertifikat tersebut dengan baik dan jangan sampai rusak ataupun hilang. Sertifikat tersebut bisa digunakan untuk keperluan dimasa yang akan datang terutama untuk kebutuhan melamar pekerjaan

Sebenarnya, sertifikasi digital marketing mempunyai banyak manfaat penting lainnya yang bisa digunakan sebagai investasi terutama sebagai bekal untuk menitih karir. Sertifikasi digital marketing menjadi langkah penting bagi para pemula maupun profesional yang ingin meningkatkan kemampuan digital marketing mereka.

Sertifikasi digital marketing mempunyai banyak sekali manfaat dan kemudahan untuk membuktikan diri sebagai digital marketer yang handal dan kompeten. Persaingan dunia kerja yang semakin berat seperti saat ini, membutuhkan bukti nyata keahlian untuk mendapatkan peluang kerja yang diinginkan.

Jadi, tidak ada ruginya jika kita ingin mengasah ilmu dan keterampilan digital marketing dengan mengikuti sertifikasi digital marketing. Namun perlu diingat juga apabila kita ingin mengikuti ujian sertifikasi digital marketing, maka carilah lembaga pelatihan yang resmi dan sudah terbukti mengeluarkan sertifikat yang kompeten. Sehingga dengan biaya yang kita keluarkan, kita akan mendapatkan investasi jangka panjang yang baik bagi peluang karir kita.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun