Mohon tunggu...
Dinar Azzahra
Dinar Azzahra Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia

KKN TEMATIK UPI 2021 DI BIDANG PENDIDIKAN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Edukasi kepada Guru SDN Rabak Mengenai Pemanfaatan Canva untuk Membuat Media Pembelajaran

2 Agustus 2021   23:05 Diperbarui: 2 Agustus 2021   23:14 1216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah lebih dari satu tahun pandemi covid-19 berlangsung di Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan agar masa pendemi segera berakhir, bahkan saat ini PPKM Darurat kembali digencarkan dalam rangka menekan angka penularan Covid-19. 

Pandemi Covid-19 pun telah merubah seluruh sektor kehidupan, salah satu yang terkena dampaknya yakni pada sektor Pendidikan. Mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlanjut sampai saat ini, Pembelajaran pun kini beralih dengan dilaksanakan secara daring.

Dalam proses belajar mengajar dimasa pandemi ini, banyak sekali kendala yang dialami selama pembelajaran daring berlangsung. 

Baik guru maupun siswa mengalami kesulitan untuk melaksanakan aktivitas belajar mengajar secara efektif seperti dulu, sehingga tujuan pembelajaran pun sulit tercapai secara maksimal. Pembelajaran daring seringkali membuat beberapa siswa kehilangan fokus atau bahkan tidak bersemangat saat belajar. 

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal tersebut, serta tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, Sebagai seorang guru tentu harus mampu menyiapkan media pembelajaran yang kreatif, inovatif dan interaktif.

Media pembelajaran sangatlah diperlukan oleh guru dalam menunjang dan mendukung suatu pengajaran dalam pendidikan. Media merupakan alat bantu yang digunakan guru dalam mengajar, selain menggunakan buku atau metode ceramah, guru pun diharapkan mempunyai media pembelajaran yang berbeda dan menyesuaikan materi serta kondisi pada peserta didiknya masing-masing terutama dalam pembelajaran daring saat ini. 

Penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar, terutama untuk tingkat Sekolah Dasar sangatlah penting. Sebab kehadiran media sangat membantu siswa dalam memahami suatu konsep tertentu. Karena pada usia ini siswa masih berfikir konkret/nyata dan belum mampu berfikir abstrak terutama siswa SD kelas rendah, untuk itulah guru seharusnya memilih media yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Dalam pembelajaran daring, guru serta peserta didik dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi salah satunya ialah aplikasi Canva.

Canva merupakan aplikasi berbasis online dengan menyediakan desain menarik berupa template, fitu-fitur, dan kategori-kategori yang diberikan di dalamnya. Dengan desain yang beragam dan menarik, membuat proses pembelajaran menjadi tidak membosankan. 

Dengan menggunakan aplikasi Canva, guru dapat mengajarkan ilmu pengetahuan, kreativitas, serta keterampilan yang akan didapatkan untuk peserta didik, sehingga media ini juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai ranah kehidupan.

Namun faktanya di lapangan, masih banyak guru yang kurang cakap dalam memanfaatkan dan mengkreasikan media pembelajaran berbasis digital. Hal ini seperti yang dialami oleh para guru di SDN Rabak, dimana mereka merasa "Gaptek" sehingga dalam memberikan materi selama pembelajaran daring pun biasanya hanya melalui Whatsapp saja. 

Media pembelajaran yang digunakan para guru dominan monoton sehingga membuat para murid merasa jenuh atau bosan saat belajar. 

Untuk itu, para guru di SDN rabak pun diiperkenalkan dengan aplikasi Canva sebagai media pendukung dalam pembelajaran daring oleh para Mahasiswi UPI yang sedang melaksanakan KKN di sana. Beberapa guru di SDN Rabak memang sudah sering mendengar aplikasi canva ini, namun mereka masih belum paham terkait penggunaan maupun pemanfaatannya.

Penggunaan Canva sangatlah cocok dalam mengembangkan kreatifitas guru di masa pandemi Covid-19 ini. Canva memiliki banyak sekali fitur yang dapat mendukung kreatifitas guru dalam mendesain suatu media pembelajaran. 

Fitur-fitur yang disediakan yakni seperti template-template yang bisa digunakan untuk membuat powerpoint, video interaktif, infografis, poster, logo, dan lain sebagainya. 

Dengan menggunakan Canva, guru bisa menyiapkan media pembelajaran yang dikemas secara lebih kreatif dan menarik untuk siswa-siswanya. Nah, Apa saja sih yang bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi Canva sebagai media pendukung pembelajaran daring ini?

1. Membuat Video Pembelajaran dan MPLS.

Gambar diatas merupakan contoh dari Video yang telah dibuat melalui Canva untuk kegiatan MPLS di SDN Rabak. Banyak sekali pilihan template yang bisa guru gunakan untuk membuat video pembelajaran ataupun video lainnya melalui Canva. 

Dalam aplikasi canva pun disediakan template animasi dimana dalam slidenya sudah dalam bentuk animasi bergerak, sehingga video pembelajaran yang dibuat oleh guru dapat dikemas menjadi lebih menarik. Tentu hal ini juga akan membuat peserta didik merasa antusias dan tidak bosan ketika menonton video pembelajaran tersebut.

2. Membuat Poster jadwal pelajaran dan Twibbon

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Gambar diatas merupakan contoh dari Poster yang telah dibuat melalui Canva, yaitu poster jadwal pelajaran kelas IV SDN Rabak, dan juga Twibbon perkenalan salah satu guru kelas IV SDN Rabak yang akan digunakan dalam pembelajaran pada pertemuan pertama masuk sekolah. Canva memiliki banyak desain jadwal pelajaran yang menarik. 

Guru maupun siswa bisa menggunakannya, baik untuk dicetak, ditempel di dinding kelas/rumah atau bisa juga dibagikan ke para wali murid. Dengan menggunakan Canva, membuat poster menjadi mudah karena sudah disediakan desainnya, guru pun bisa mengubah tulisan, warna, atau juga bisa menambah gambar sesuai yang diinginkan.

3. Membuat Power Point.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Gambar diatas merupakan contoh dari powerpoint yang telah dibuat untuk pembelajaran Tema 1 Sub tema 1 kelas 4 SDN Rabak dengan memanfaatkan berbagai elemen yang ada di Canva. 

Melalui Canva Guru dapat membuat media pembelajaran powerpoint dengan memasukkan elemen-elemen, penggunaan ilustrasi serta kombinasi warna yang tepat, sesuai dengan materi yang hendak disampaikan. 

Sehingga pada saat pematerian menggunakan powerpoint tersebut, peserta didik merasa tertarik dan dapat menggambarkan imajinasi nya terhadap suatu materi yang diberikan, sehingga hal ini juga memudahkan peserta didik dalam memahami suatu materi pembelajaran.

Dengan media pembelajaran yang dikemas secara menarik, kreatif, inovatif, dan terarah maka tujuan pembelajaran pun dapat tercapai dengan baik. Dan untuk mencapai tujuan tersebut maka keterampilan dan kreativitas guru dalam mengolah media pembelajaran pun menjadi satu hal yang sangat penting. 

Maka dari itu, sebagai seorang guru sudah menjadi kewajibannya untuk beradaptasi sesuai dengan perkembangan zaman yang ada, guru dituntut untuk memiliki keterampilan dalam memanfaatkan maupun menggunakan media pembelajaran berbasis digital, terlebih lagi di saat pembelajaran daring seperti saat ini. (Dinar Azzahra/Universitas Pendidikan Indonesia).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun