Mohon tunggu...
Dina Mardiana
Dina Mardiana Mohon Tunggu... Guru - Guru Taman Kanak Kanak

Disiplin waktu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

7 November 2021   18:08 Diperbarui: 7 November 2021   18:10 965
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LATAR BELAKANG

Dunia Anak adalah dunia bermain,oleh karena itu kegiatan untuk anak usia dini harus menyenangkan.Dalam menciptakan kegiatan yang menyenangkan guru sebagai pemimpin dalam pembelajaran hendaklah memanfaatkan asset yang dimiliki sekolah.

Salah satu asset yang dimiliki sekolah kami TK BABA yaitu sarana multimedia berupa infokus,laptop dan sound. Banyak ragam sktifitas pembelajaran menyenangkan yang dapat dilakukan melalui pemanfaatan multimedia yang dapat merangsang aspek aspek perkembangan anak mulai dari Kognitif,Afektif dan Psikomotor.

DESKRIPSI DAN ALASAN AKSI NYATA

Dalam upaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak usia dini diperlukan kolaborasi antar seluruh stekholder sekolah terutama rekan sejawat.Langkah awal yang dilakukan yaitu melakukan pemetaan asset yang dimiliki sekolah mulai dari modal manusia,modal sosial,modal fisik,modal finansial.modal politik,modal lingkungan/alam,modal dan modal agama dan budaya.

Dalam aksi nyata kali ini saya memanfaatkan asset /modal fisik yang dimiliki TK BABA yang berupa sarana multimedia yaitu laptop,infokus dan sound/speaker.Dengan pemanfaatan media ini diharapkan mampu menciptakan pembelajaran menyenangkan bagi anak sehingga meningkatkan partisipasi aktif anak dalam pembelajaran dan menstimulasi seluruh aspek perkembangannya anak.

Langkah Langkah aksi nyata :

  1. Menyusun materi materi yang penyampaiannya melalui multimedia
  2. Membuat jadwal pembelajaran yang memanfaatkan multimedia
  3. Membuat Rencana Pembelajaran
  4. Pelaksanaan Aksi Nyata
  5. Evaluasi dan Refleksi

Kegiatan Yang dilakukan dalam pemanfaatan multimedia ini diantaranya

  • Penyampaian materi ketika kita tidak bisa menghadirkan benda konkret bisa dengan menayangkan video di laptop
  • Game Interaktif seperti pengenalan suara ,pengenalan symbol huruf
  • Gerak dan Lagu
  • Bermain peran melalui kegiatan menonton bersama

Dalam bermain peran melalui kegiatan menonton bersama saya membuat jadwal kegiatan setiap hari Kamis.Dalam Kegiatan ini pertama kali guru mensetting ruangan ,tempat duduk di beri nomor.Ada anak yang berperan sebagai penjual tiket.Anak yang berperan sebagai penonton,dan ada juga yang jadi operator.Anak yang berperan sebagai penonton  harus mencari tempat duduk sesuai dengan yang tertera pada tiket yang sudah dibeli.                                                                                                                                                                                                                                                                               

HASIL DARI AKSI NYATA

  • Melalui kegiatan menyimak tayangan video dapat melatih kemampuan berbahasa reseftif anak (menyimak ) anak lebih berkonsentrasi
  • Melalui game interaktif kemampuan kognitif anak berkembang diantaranya anak dapat menghubungkan symbol dan bunyi huruf,mengenal macam macam suara,mengenal symbol angka
  • Melalui gerak dan lagu asfek fisik motoric dan seni berkembang sesuai harapan
  • Melalui bermain peran anak terbiasa antri ketika berperan membeli tiket di loket,belajar bertransaksi mengenal nominal uang,mengenal symbol angka yang sama,kemampuan Bahasa resptif dan ekspresifnya berkembang.
  • Penanaman Nilai nilai karakter melalui tayangan video.

PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT

  • Pembelajaran yang didapat dari aksi nyata ini yaitu bahwa banyak kegiatan yang bisa dilakukan guru melalui pemanfaatan multi media.Yang perlu diperhatikan seorang guru yaitu kita harus membuat alternatif alternatif lain ketika penayangan video yang diputar ternyata kurang menarik bagi beberapa anak.Selain itu ketika menayangkan video dari youtube koneksi internet harus diperhatikan ,karena jika jaringan kurang bagus dan loading akan mengganggu konsentrasi anak.

  • RENCANA PERBAIKAN
  • Pemanfaatan multimedia ini akan dilaksanakan secara kontinyu dan konsisten.Guru harus pandai memilah dan memilih tayangan yang akan disampaikan ke anak,membuat video pembelajaran sendiri.Senantiasa berkolaborasi dengan seluruh stekholder sekolah,serta melakukan refleksi dan evalusi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.

DOKUMENTASI  HASIL AKSI NYATA

Bermain peran menjadi penjual dan pembeli tiket bioskop (Dokpri)
Bermain peran menjadi penjual dan pembeli tiket bioskop (Dokpri)

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun