Mohon tunggu...
Dina Mardiana
Dina Mardiana Mohon Tunggu... Guru - Guru Taman Kanak Kanak

Disiplin waktu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Aksi Nyata Paket Mdul 3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3 November 2021   23:20 Diperbarui: 4 November 2021   00:04 476
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PGP-2-Kab.Bandung-Dina Mardiana,S.Pd.I-Aksi Nyata Paket Modul 3

"PROGRAM MORNING STORY”

PERISTIWA (FACT)

Latar Belakang

Bahasa merupakan salahsatu cara yang utama untuk mengekspresikan pikiran atau perasaan.Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini adalah salahsatu aspek dari tahapan perkembangan anak yang diekspresikan melalui pemikiran anak dalam  menggunakan kata kata ataupun kalimat yang menandai meningkatnya kemampuan dan kreatifitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya.Pengembangan kemampuan berbahasa bagi anak usia Dini bertujuan agar anak mampu berkomunikasi secara lisan .Pengembangan berbahasa anak Usia Dini meliputi kemampuan memahami Bahasa ( Bahasa Reseptif),  mengungkapkan Bahasa ( Bahasa Ekspresif ) dan Keaksaraan.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak diperlukan stimulus stimulus serta Latihan Latihan.Guru dapat memilih strategi dan metode secara bervariasi tentunya dengan tetap menerapkan prinsip pembelajaran di PAUD yaitu belajar sambil bermain ,bermain seraya belajar.

Banyak metode yang bisa dilakukan dalam upaya mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Penerapan Program Morning Story  merupakan suatu upaya untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak di TK BABA.Program ini dilaksanakan dengan mengoptimalkan asset asset / sumber daya yang dimiliki sekolah diantaranya kepala sekolah, guru, murid, orangtua murid ,Sound, micropone serta Alat Peraga sesuai minat anak.

Yang Dilakukan Pada Aksi Nyata

Program Morning Story dirancang dengan menggunakan Tahapan BAGJA dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sekolah dan senantiasa melakukan Monitoring,Evaluasi,Learning dan Reporting (MELR) agar program yang dilaksanakan benar benar berdampak pada murid.

Aksi nyata ini dilakukan setiap hari pada kegiatan pembukaan sebelum apersepsi.Guru mempersilakan salah satu anak tampil didepan guru dan teman temannya untuk bercerita.Topik yang disampaikan anak bebas sesuai pengalamannya maupun pengetahuan yang dimilikinya.Dalam satu hari 1-2 anak yang tampil sesuai jadwal yang sudah disepakati bersama.

Alasan Melakukan Aksi Nyata

Alasan yang mendasari saya untuk melakukan aksi nyata ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak terutama kemampuan mengungkapkan Bahasa (Bahasa ekspresif) ,Menumbuhkan rasa percaya diri anak untuk tampil didepan guru dan teman temannya, menumbuhkan sikap jujur dan saling menghargai serta membiasakan mengucapkan dan membalas salam.

Hasil Dari Aksi Nyata

Hasil Aksi Nyata dari Program Morning Story diantaranya :

  •  Meningkatnya kemampuan berbahasa ekspresif anak.Anak mampu meceritakan pengalamannya ,ataupun tentang pengetahuannya  di depan guru dan teman temannya dengan menggunakan Bahasa sesuai kosakata yang dikuasainya
  • Tumbuhnya sikap percaya diri pada anak untuk tampil di depan guru dan teman temannya.
  • Anak mulai terbiasa menghargai temannya yang sedang tampil  dengan cara menyimak apa yang diceritakan temannya.
  • Anak terbiasa memberikan apresiasi kepada temannya yang sudah berani tampil bercerita .
  • Anak mulai terbiasa mengucapkan dan membalas salam.
  • Dari hasil Monitoring,Evaluasi,Learning dan Reporting ,Program Morning story ini berdampak pada murid.

                                                                                                                                     Dokumentasi Aksi Nyata

                                                         Sosialisasi Program Morning Story Kepada Kepala Sekolah dan Rekan Sejawat

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
                                                                                                     Proses Pembuatan Jadwal Morning Story

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
                                                                                                              Jadwal Morning Story

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
                                                                                                                     Pelaksanaan Aksi Nyata

                                                  Anak tampil bercerita,bernyanyi,berdoa ,membaca hadits didepan guru dan teman temannya

PERASAAN (FEELINGS)

Perasaan saya dalam melaksanakan program ini sangat bersemangat ,Ini merupakan program baru yang dilaksanakan di sekolah saya.Sebelumnya kami melatih kemampuan Bahasa ekspresif anak melalui kegiatan bercakap cakap,anak menceritakan kembali cerita yang disampaikan guru atau melalui kegiatan recalling.Dan pada saat kegiatan kegiatan tersebut biasanya tidak semua anak berpartisipasi aktif .

Ketika program ini dilaksanakan dan diawali dengan pembuatan jadwal Bersama anak, anak anak ternyata cukup bersemangat.Walaupun pada  awalnya saya merasa ragu ragu karena ada perasaan khawatir anak anak tidak berani tampil ke depan.Namun setelah program berjalan  anak anak antusias dan percaya diri untuk bercerita.Bahkan ada yang sudah kebagian tampil ingin terus tampil setiap hari.Melihat antusias anak  Saya yakin program ini sangat berdampak pada anak tentunya harus dilaksanakan  secara kontinyu dan konsisten agar tujuan program tercapai secara optimal.

PEMBELAJARAN (FINDING S)

Pembelajaran yang dapat dipetik dari program Mornig Story ini sebuah program akan terlaksana dengan baik jika ada kolaborasi antar semua pihak salahsatunya orang tua murid..Karena program ini dilaksanakan setiap hari pada kegiatan pembukaan ,maka dukungan dari orangtua dengan mengantarkan anak ke sekolah tepat waktu sangat diperlukan.Ketika anak datang terlambat dan kegiatan sedang berlangsung maka akan mengganggu konsentrasi teman temannya yang lain.Selain itu orang tua juga bekerjasama dalam melatih kemampuan berbahasa anak dengan cara meminta anak menceritakan kegiatan kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Dalam pelaksanaan Morning Story ternyata ada anak yang belum berani tampil sesuai jadwal yang disepakati dan ada juga yang masih malu malu.Karena itu Guru harus terus memberikan motivasi dan dukungannya kepada anak tersebut untuk membangkitkan keberanian dan rasa percaya dirinya.

Dalam merancang suatu program sekolah juga kita jangan terhambat dengan kurangnya dana serta sarana yang dimiliki,karena sesuai dengan yang sudah dipelajari di program guru penggerak bahwa dalam  melakukan perubahan dan membuat suatu program yang berdampak pada anak hendaknya dengan memanfaatkan asset asset ,sumber daya yang dimiliki sekolah .

PENERAPAN KE DEPAN ( FUTURE )

Setelah melaksanakan program ini selama kurang lebih empat pekan dan alhamdulillah menunjukan dampak positif pada anak . Terlihat dari brkembangnya kemampuan berbahasa anak,tumbuhnya rasa percaya diri serta saling menghargai.Program ini akan terus dilaksanakan secara kontinyu dan konsisten.Dan tentunya tetap senantiasa berkolaborasi dengan semua pihak terkait seperti kepala sekolah dan rekan sejawat , serta dengan orang tua murid untuk menyamakan persepsi.

Monitoring dan evalusi terus dilakukan untuk meminimalisir risiko risiko serta hambatan hambatan yang ada agar tujuan program tercapai dengan optimal

Terima Kasih 

Guru Bergerak Indonesia Maju

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun