Melakukan pekerjaan rumah tangga adalah sesuatu yang ribet. Pekerjaan rumah tangga sering juga dipandang sebelah mata. Hehehe...Tampaknya sebagian orang menyepelekan pekerjaan ini padahal kalau dipikir-pikir pekerjaan ini adalah suatu pekerjaan yang bernilai luhur dan mulia. Mengapa ? Karena disana akan nampak jelas dan nyata bukti dari ketulusan dan pelayaanan seseorang. Bagaimana dengan kita ? Sudah kah kita sanggup melakukan pekerjaan rumah tangga itu sendiri atau malah memberikannya kepada orang lain . Siapa yang bertanggung jawab melakukan pekerjaan rumah tangga tersebut? Ya,tentulah seisi rumah itu ,hehe.
Komunitas saya adalah komunitas studi dimana para suster yang tinggal disana adalah mahasiswa aktif setiap harinya. Sebelum pandemi kami memiliki seorang karyawan untuk membantu urusan rumah tangga. Akan tetapi selama pandemi karyawan tidak ada lagi dan kami harus mengerjakan semuanya pekerjaan itu mulai dari hal-hal kecil hingga hal-hal besar. Kami tidak hanya memperhatikan tugas pribadi dan studi akan tetapi juga kepentingan bersama.
Langkah pertama yang kami lakukan adalah membagi beberapa pekerjaan kedalam beberapa pos sehingga setiap orang mendapatkan satu pos untuk dipertanggungjawabkan selama satu minggu. Di komunitas saya ada lima pos pekerjaan antara lain : Dapur ( memasak,belanja). Kamar cuci ( Mengurus kain dan merapikan barang-barang), Kamar makan ( Membersihkan kamar makan,menghidang), ruang tamu ( Membersihkan kamar tamu,kapel dan lain-lain), Kebun ( Mengurus taman dan jemuran)
Di sela kesibukan kami dalam perkuliahan kami mencoba membagi waktu untuk memperhatikan tugas dan tanggung jawab kami. Sampai saat ini,ternyata kami mampu melakukannya tanpa melalaikan prioritas kami yakni Hidup doa,kebersamaan dan tugas studi. Pekerjaan itu menjadi salah satu bentuk pelayanan dan pemberian diri kami demi kebersamaan.
Ada sebagian orang bertanya,bagaimana caranya mengerjakan itu semua sementara perkuliahan selalu dimulai pkl 08.00 wib ? Belum lagi tugas kuliah atau urusan komunitas atau urusan yang lain ? Nah,jangan khawatir teman-teman ! Berikut saya berikan tips suksesnya untuk kalian agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik .
1. Buatlah schedule
Membuat daftar pekerjaan rutin akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Jangan sampai waktu kita terbuang tanpa melakukan apa-apa. Membuat schedule kemudian tempelkan pada papan info di kamar sendiri. Schedul akan membantu kita untuk memanage waktu dengan baik. Sehingga segala pekerjaan dapat kita lakukan tanpa terburu-buru. Mulailah dengan pekerjaan yang ringan .
2. Jangan menunda pekerjaan
Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan yang harusnya dilakukan. Dengan berkata nanti kita akan terbuai dan semua pekerjaan bisa terlalaikan. Oleh karena itu utamakan pekerjaan yang menyangkut kepentingan bersama atau pribadi. Menunda untuk bepergian atau bersantai,boleh.
3. Membagi pekerjaan
Biasanya saya membagi pekerjaan saya kedalam beberapa kategori misalnya yang urgent,tidak mendesak dan lain-lain
Tentu saja dari semua pekerjaan kita itu ada yang bersifat urgent dan tidak. Maka pekerjaan yang membutuhkan waktu yang cepat ,membutuhkan tenaga dan pemikiran harus dikerjakan dengan serius. Maka perlu pembagian waktu dan tempat  yang pas. Kalau misalkan urusan yang lain-lain barang kali bisa dikerjakan setelah pekerjaan utama.
4. Â Jangan memaksakan diri
Pekerjaan memang harus cepat diselesaikan. Akan tetapi kita hanya dapat melakukannya dengan baik apabila kita sehat. Jangan pernah memaksakan diri untuk melakukannya secara sendiri. Lakukanlah semampumu dan kalau tidak sanggup lagi rendah hatilah unuk meminta bantuan orang lain.
5. Istirahat yang cukup
Istirahat sejenak sangat perlu. Pekerjaan itu tidak akan pernah habis. Dengan istirahat yang cukup kita akan memperoleh kembali tenaga dan semangat yang baru. Kita bukan robot. Tubuh,dan otak kita perlu juga istirahat.
6. Refreshing
Refreshing adalah salah satu hal yang penting dlam hidup. Dikomunitas saya hal ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Jika sudah merasa penat dengan pekerjaan ,ambillah waktu untuk beristirahat sejenak. Luangkan waktu untuk menikmati keindahan alam atau mungkin kebersamaan dengan anggota keluarga. Barnagkali waktu yang singkat untuk menikmati alam atau kebersamaan bisa mendatangkan semangat yang baru.
Itulah tips sederhana yang saya lakukan di komunitas dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan tugas studi.
Semoga bermanfaat
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H