Mohon tunggu...
Dina RatuHikmah
Dina RatuHikmah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Bisnis di Usia Muda

Sebaik-baiknya pekerjaan ialah Berdagang. Berdagang yang baik bukanlah mencari keuntungan yang sebesar-besarnya akan tetapi mencari keuntungan yang seberkah-berkah nya.

Selanjutnya

Tutup

Money

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Menghadapi Digital Marketing dan Metaverse

11 Februari 2022   11:14 Diperbarui: 11 Februari 2022   11:22 1099
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

DIGITAL MARKETING DAN METAVERSE

Saat ini dunia teknologi sedang diramaikan dengan fenomena metaverse. Metaverse diartikan sebagai literasi internet masa depan dimana hal ini mencakup beberapa ruang virtual 3D yang cakupannya tak terbatas. Dilansir dari USA Today, metaverse adalah suatu kombinasi dari berbagai elemen teknologi yang diantaranya meliputi virtual reality, augmented reality dan video di mana seluruh pengguna dapat merasakan dunia digital terasa hidup dan nyata menemani keseharian para pengguna.

Sebagai masa depan dari suatu internet, metaverse menawarkan banyak ruang untuk bekerja, bermain dan berinteraksi lainnya secara virtual. Jadi jika kamu memiliki bisnis, kamu bisa memanfaatkan fenomena metaverse ini dalam segi pemasaran suatu produk secara digital. Metaverse bisa menjadi salah satu channel marketing yang baru dan mampu menjadi pusat untuk menarik perhatian para konsumen.

Dari berbagai fenomena diatas tentang metaverse, dapat diketahui bahwa ada beberapa keuntungan dalam melakukan strategi pemasaran melalui metaverse, dimana pada digital marketing ini metaverse memberikan harga pemasaran dan periklanan masih relatif sangat rendah karena teknologi ini tergolong teknologi baru dan memberikan pelayanan yang sangat mudah bagi para penggunanya.

Para pelaku bisnis dapat dengan mudah memanfaatkan metaverse ini sebagai suatu cara baru dalam menargetkan para generasi milenial dan generasi Z dalam memasarkan suatu produk atau barang melalui digital marketing, dimana cakupan konsumen yang ditargetkan pada platform online juga bisa lebih besar dari segi ukuran yang dipasarkan. Menurut Analytics India Magazine, saat ini ada sekitar 3,4 miliar pemain game online dimana 27% dari pemain berusia 21 hingga 30 tahun. Terlebih, popularitas Non-Fungible Token (NFT) yang kian meningkat juga menambah permintaan akan koleksi barang-barang digital.

Hal ini membuat semakin meningkatnya penggunaan digital marketing guna memenuhi kebutuhan para pengguna digital marketing. Keuntungan lain dari adanya digital marketing pada metaverse yang bisa kamu nikmati dan rasakan langsung adalah memudahkan kampanye marketing dengan kreativitas yang tak terbatas. Dimana pada zaman ini kamu bisa dengan bebas berkreasi dengan menemukan ide-ide fantastis yang tidak bisa diwujudkan pada dunia nyata sebelumnya. Ini memudahkan seluruh pengguna untuk dapat mewujudkan keinginan dan kebutuhan nya pada dunia digital melalui metaverse ini.

Pada dasarnya dalam memasarkan suatu produk tentu ada strategi yang dapat memudahkan suatu produk yang kita pasarkan dapat dinikmati oleh para pengguna digital marketing, pada hal ini dalam dunia metaverse ada 5 strategi pemasaran diantaranya sebagai berikut :

Metaverse World

User experience optimisation

NFT (Non Fungibel Token)

Gamification Strategies

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun