Mohon tunggu...
Dimas Pratama
Dimas Pratama Mohon Tunggu... Lainnya - Analis Bisnis di enciety Business Consult

Penikmat kopi, menganalisis bisnis dan pasar di "Enciety Business Consult", bercerita di "Podcast Surabaya Unboxing", kadang suka nulis, dan jual kopi juga di "ButuhKopi Home Delivery Coffee". Salam kenal!

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Waspadai! Tech Deck bikin Pelanggan Indomaret pindah ke Alfamart

24 Januari 2025   14:10 Diperbarui: 28 Januari 2025   11:16 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Tech Deck di Rak Mainan Minimarket (Sumber: “Anes Tokusatsu” Youtube Channel)

Oleh: Tim Analis enciety Business Consult

(dimuat di enciety.co pada 30 Mei 2024)

Catatan: enciety.co adalah portal berita dan artikel bagian dari enciety Business Consult (enciety.com) yang saat ini belum bisa diakses kembali karena sedang dalam perbaikan

---

Seorang pelanggan setia Indomaret tampak merasa senang menemukan Tech Deck di Alfamart secara tidak sengaja. Menemukan Tech Deck di berbagai Alfamart lainnya ternyata mampu mengubah kebiasaan belanjanya. Meskipun pelanggan ini belum tentu berniat membeli Tech Deck setiap kali berbelanja di minimarket, mendadak menjadi lebih suka berbelanja di Alfamart hanya karena untuk melihat-lihat koleksi Tech Deck yang ada. Pelanggan ini akhirnya menjadi jarang mengunjungi Indomaret kembali.

Kisah pelanggan Indomaret yang menemukan Tech Deck di Alfamart dan beralih menjadi lebih suka berbelanja di Alfamart mungkin bukanlah kejadian yang unik. Pertanyaannya, apakah cukup banyak pelanggan yang beralih tempat belanja hanya karena alasan pengalaman saat berbelanja?

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk berpindah tempat belanja antara lain:

  • Ketersediaan Produk: Penemuan produk yang menarik dan tidak tersedia di tempat lain.

  • Pengalaman Pelanggan/Customer Experience (CX): Keseluruhan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan atau memuaskan.

  • Kualitas Layanan: Pelayanan yang lebih baik dan lebih responsif.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Analisis Selengkapnya
    Lihat Analisis Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun