Mohon tunggu...
dimas muhammad erlangga
dimas muhammad erlangga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Aktivis GmnI

Baca Buku Dan Jalan Jalan Live In

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

Marhaenisme dan Fenomena "Yaman-Phobia" di Indonesia Hari Ini

22 November 2024   07:15 Diperbarui: 22 November 2024   07:29 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.istockphoto.com/id/foto/bendera-yaman-berkibar-di-langit-cerah-gm486969266-73864789

Fenomena “Yaman-Phobia” adalah isu yang mencuat akhir-akhir ini di tengah masyarakat Indonesia. Istilah ini merujuk pada kecurigaan, prasangka, atau ketakutan terhadap individu atau kelompok yang dianggap terpengaruh ideologi ekstremis, sering kali dengan ciri tertentu seperti gaya berbusana khas Timur Tengah. Kondisi ini semakin nyata dengan merebaknya stereotipe terhadap individu yang bercadar, berjanggut lebat, atau mengenakan atribut Islami lainnya. Ironisnya, dalam konteks negara dengan mayoritas Muslim, fenomena ini menggambarkan ketegangan internal yang perlu ditangani serius.

Akar Fenomena “Yaman-Phobia”

Sejak meningkatnya kasus terorisme global, terdapat stigma bahwa atribut keislaman tertentu dikaitkan dengan radikalisme. Di Indonesia, hal ini tercermin dalam pandangan sebagian masyarakat yang menyamakan pakaian khas Timur Tengah dengan sikap intoleran atau ekstrem. Berdasarkan beberapa laporan, istilah ini sering mencuat sebagai bagian dari narasi yang memperuncing perpecahan antarumat Muslim sendiri. Padahal, data menunjukkan bahwa stigma ini tidak berdasar kuat pada realitas.

Selain itu, tren global Islamofobia turut memengaruhi persepsi masyarakat Indonesia. Salah satu survei Runnymede Trust menunjukkan bagaimana prasangka semacam ini berkembang dari stereotipe dan minimnya pemahaman tentang Islam yang rahmatan lil alamin.

Marhaenisme: Sebuah Alternatif Pandangan

Marhaenisme, dengan dasar ideologinya yang menitikberatkan pada kemandirian rakyat kecil dan kesetaraan sosial, menawarkan pendekatan berbeda dalam melihat fenomena “Yaman-Phobia.” Ajaran ini menolak diskriminasi berbasis stereotipe dan menyerukan solidaritas antarindividu berdasarkan nilai kemanusiaan, terlepas dari atribut keagamaannya.

Menurut Marhaenisme, prasangka berbasis identitas seperti ini bertentangan dengan prinsip Pancasila, terutama sila “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.” Dalam konteks ini, pendekatan Marhaenis mengedepankan dialog antarbudaya dan penguatan pendidikan inklusif untuk mengikis prasangka.

Dampak Sosial Fenomena Ini

Fenomena “Yaman-Phobia” memiliki dampak sosial yang signifikan. Selain memperburuk disintegrasi masyarakat, hal ini juga menciptakan ketidakpercayaan antara komunitas Muslim dengan masyarakat umum. Data dari survei internal lembaga keagamaan menunjukkan adanya peningkatan laporan diskriminasi berbasis penampilan di tempat umum, termasuk tempat kerja dan sekolah.

Dalam lingkup global, stigma semacam ini sering kali digunakan untuk menghambat mobilitas sosial kelompok tertentu, yang pada akhirnya memengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia, situasi ini bisa menjadi ancaman nyata bagi integrasi nasional.

Fakta dan Upaya Penanganan

Pemerintah Indonesia sebenarnya telah melakukan berbagai langkah untuk mencegah meluasnya fenomena ini. Misalnya, regulasi yang melarang diskriminasi berbasis agama dan inisiatif dialog lintas agama yang terus digalakkan. Namun, akar permasalahan seperti rendahnya literasi keagamaan di masyarakat belum tertangani secara maksimal.

Peningkatan pendidikan lintas budaya dan agama dapat menjadi salah satu solusi efektif. Penguatan narasi Islam moderat, sebagaimana dianjurkan oleh para ulama dan akademisi, juga berperan penting dalam mengikis stigma yang melekat pada atribut tertentu. Dalam hal ini, media sosial dan platform digital harus digunakan secara bijak untuk menyebarkan pemahaman yang benar tentang nilai-nilai Islam yang toleran.

Menatap Masa Depan: Sinergi Islam dan Marhaenisme

Marhaenisme dan nilai-nilai Islam sebenarnya memiliki titik temu dalam perjuangan melawan ketidakadilan sosial dan diskriminasi. Fenomena “Yaman-Phobia” bisa dijadikan momentum untuk merefleksikan pentingnya solidaritas sosial yang melampaui sekat identitas. Dalam kerangka ini, umat Islam di Indonesia diharapkan mampu menjadi teladan dalam menjunjung toleransi dan solidaritas nasional.

Penanganan isu ini membutuhkan komitmen bersama antara pemerintah, masyarakat, dan organisasi keagamaan. Pendidikan karakter yang berbasis nilai Pancasila dan Marhaenisme perlu ditekankan, dengan tujuan melahirkan generasi yang mampu menerima keberagaman tanpa prasangka.

Fenomena ini juga menjadi pengingat bahwa keberagaman Indonesia adalah kekuatan, bukan kelemahan. Dengan mengadopsi nilai-nilai universal seperti yang diajarkan dalam Marhaenisme, masyarakat Indonesia dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan harmonis, bebas dari stigma berbasis identitas.

Kesimpulan

“Yaman-Phobia” bukan hanya isu keagamaan tetapi juga tantangan sosial yang memerlukan pendekatan holistik. Dalam semangat Marhaenisme, masyarakat Indonesia diajak untuk mengedepankan prinsip kesetaraan, toleransi, dan solidaritas guna melawan diskriminasi berbasis stereotipe. Dengan kerja sama lintas sektor, fenomena ini dapat diatasi, menciptakan Indonesia yang lebih adil dan beradab.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun