Mohon tunggu...
dimas muhammad erlangga
dimas muhammad erlangga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Aktivis GmnI

Baca Buku Dan Jalan Jalan Live In

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

Refleksi 79 Tahun Merdeka: Bisakah Pendidikan Indonesia Mengisi Kemerdekaan? Serta Positioning Perjuangan GMNI dalam Mengawal Pendidikan di Indonesia

19 Agustus 2024   06:13 Diperbarui: 19 Agustus 2024   06:15 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat Indonesia merayakan 79 tahun kemerdekaannya, banyak pertanyaan mendasar yang muncul dalam benak kita. Salah satunya adalah mengenai sejauh mana pendidikan Indonesia telah mengisi kemerdekaan yang diperjuangkan dengan darah dan air mata. Apakah pendidikan kita sudah mencerminkan cita-cita kemerdekaan yang diimpikan oleh para pendiri bangsa? Dalam konteks ini, sangat penting untuk mengevaluasi peran pendidikan sebagai alat utama untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial yang diamanatkan oleh UUD 1945.

### Pendidikan sebagai Alat Pembebasan

Soekarno, dalam banyak pidatonya, sering menekankan pentingnya pendidikan sebagai alat untuk membebaskan bangsa dari segala bentuk penindasan. Kemerdekaan bukan hanya berarti terbebas dari penjajahan fisik, tetapi juga penjajahan mental dan intelektual. Oleh karena itu, pendidikan harus mampu melahirkan individu-individu yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki kesadaran sosial yang tinggi.

Namun, ketika kita melihat kondisi pendidikan Indonesia saat ini, masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Kesenjangan akses pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan, kualitas pendidikan yang belum merata, serta komersialisasi pendidikan yang semakin menggerus nilai-nilai kemanusiaan menjadi beberapa masalah utama. Pendidikan sering kali menjadi barang mewah yang sulit dijangkau oleh masyarakat marhaen, padahal seharusnya menjadi hak dasar setiap warga negara.

### Apakah Pendidikan Indonesia Telah Mengisi Kemerdekaan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu melihat beberapa indikator. Pertama, akses pendidikan. Selama 79 tahun merdeka, Indonesia telah mengalami peningkatan dalam hal partisipasi sekolah. Namun, masih ada banyak anak-anak di daerah terpencil yang belum menikmati hak mereka untuk bersekolah. Selain itu, kualitas pendidikan di Indonesia juga menjadi sorotan. Dalam banyak survei internasional, kualitas pendidikan Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Kedua, relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat. Pendidikan di Indonesia sering kali terlalu fokus pada aspek akademik dan kurang memperhatikan pengembangan karakter serta keterampilan hidup. Akibatnya, banyak lulusan yang tidak siap menghadapi tantangan dunia kerja maupun kehidupan bermasyarakat. Ini bertentangan dengan semangat kemerdekaan yang seharusnya mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang berkualitas.

Ketiga, komersialisasi pendidikan. Pendidikan yang seharusnya menjadi hak bagi semua warga negara, kini banyak diwarnai oleh kepentingan bisnis. Sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sering kali lebih mementingkan profit daripada misi pendidikan itu sendiri. Akibatnya, hanya mereka yang memiliki kemampuan finansial yang bisa menikmati pendidikan berkualitas, sementara masyarakat marhaen harus puas dengan pendidikan seadanya. Ini tentu saja bertentangan dengan prinsip keadilan sosial yang menjadi salah satu pilar utama kemerdekaan Indonesia.

### Peran GMNI dalam Mengawal Pendidikan di Indonesia

Dalam konteks ini, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) memiliki peran strategis. Sebagai organisasi yang mengusung ideologi marhaenisme, GMNI memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa pendidikan di Indonesia benar-benar menjadi alat pembebasan bagi seluruh rakyat, bukan hanya segelintir elit. GMNI telah lama memperjuangkan pendidikan yang demokratis, nasionalis, dan berpihak kepada rakyat kecil.

Perjuangan GMNI dalam mengawal pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari berbagai aksi dan advokasi yang dilakukan. Misalnya, GMNI aktif dalam menolak komersialisasi pendidikan yang semakin masif di Indonesia. GMNI juga gencar mengadvokasi pendidikan yang inklusif dan merata, sehingga tidak ada lagi anak-anak Indonesia yang tidak mendapatkan akses pendidikan hanya karena faktor ekonomi atau geografis.

Selain itu, GMNI juga mendorong adanya kurikulum pendidikan yang tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik semata, tetapi juga pengembangan karakter dan kesadaran sosial. Pendidikan harus mampu mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini, GMNI berperan sebagai penggerak perubahan yang berorientasi pada tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

### Pendidikan sebagai Upaya Melanjutkan Perjuangan Kemerdekaan

Di usia 79 tahun kemerdekaan, Indonesia harus terus berbenah dalam sektor pendidikan. Pendidikan adalah salah satu kunci utama untuk mengisi kemerdekaan dan mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa. Pendidikan yang merdeka, demokratis, dan berkeadilan sosial harus menjadi prioritas utama. Di sinilah peran GMNI menjadi sangat penting, sebagai organisasi yang terus mengawal dan memperjuangkan pendidikan yang berorientasi pada rakyat.

GMNI harus terus menjadi garda terdepan dalam mengadvokasi kebijakan pendidikan yang pro-rakyat. Dalam situasi di mana pendidikan sering kali menjadi komoditas, GMNI harus berdiri teguh untuk memastikan bahwa pendidikan tetap menjadi hak setiap warga negara, sesuai dengan semangat Pasal 31 UUD 1945. GMNI juga perlu terus berjuang untuk menghapus kesenjangan pendidikan yang masih terjadi di Indonesia, baik dari segi akses maupun kualitas.

Sebagai penutup, refleksi 79 tahun kemerdekaan Indonesia harus menjadi momentum untuk merenungkan kembali peran pendidikan dalam mengisi kemerdekaan. Pendidikan yang berkualitas, merata, dan berkeadilan sosial adalah kunci untuk melanjutkan perjuangan kemerdekaan yang telah diawali oleh para pahlawan bangsa. Dan di sinilah GMNI harus terus memainkan perannya, sebagai penjaga dan pengawal pendidikan yang benar-benar membebaskan dan memajukan seluruh rakyat Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun