Pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli baik barang ataupun jasa. Secara luas, pasar merupakan sebuah proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi dalam menentukan harga keseimbangan atau kesepakatan atas harga berdasarkan permintaan dan penawaran.
Pasar memiliki beragam jenis, mulai dari jenis barang, bentuk kegiatan, waktu dan cara transaksi. Selain itu terdapat juga struktur pasar. Struktur pasar merupakan hal-hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja dalam perusahaan pasar. Struktur pasar dibedakan menjadi 2, pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
Pasar persaingan sempurna merupakan pasar yang memiliki banyak penjual dan pembeli yang mengerti akan keaadan pasar, barang yang diperjual belikan bersifat homogen atau sejenis dan harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna:
- Memiliki banyak pembeli, namun tidak dapat mempengaruhi harga
- Banyak penjual
- Tidak ada campur tangan pemerintah
- Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna
- Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah
- Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan.
Pasar persaingan sempurna tidak jauh berbeda dengan pasar lainnya dalam kegiatan ekonomi. Pasar persaingan sempurna juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Kelebihan pasar persaingan sempurna:
- Harga produk dipasar cenderung stabil
- Informasi tentang pasar tersebut jelas untuk mencegah kecurangan dalam pasar
- Menghindari resiko persaingan bisnis yang tidak sehat
- Menghindari  resiko persaingan harga karena penjual dan pembeli tidak dapat mengontrol harga produk
- Dapat memanfaatkan sumber daya secara efisien.
Kekurangan pasar persaingan sempurna:
- Produk sangat terbatas karena bersifat homogen.
- Ketidakpuasan masyarakat dengan harga produk yang berada dipasaran.
- Tidak adanya kreatifitas dari penjual atau perusahaan
- Membuat penjual dan perusahaan mendapatkan untung yang sedikit.
- Tidak adanya keadilan dalam memanfaatkan sumber daya karena hanya yang mempunyai modal besar yang mendapat sumber daya lebih banyak
Contoh pasar persaingan sempurna;
Ketika anda sedang  pergi ke pasar untuk membeli seekor ayam potong dengan harga Rp.30.000, kemudian anda berkeliling pasar dan bertanya harga seekor ayam potong  ke tempat penjual ayam potong yang berbeda, pastinya anda akan mendapatkan harga yang sama, karena di pasar persaingan sempurna ini harga dan kuantitas yang ditawarkan tersebut pastinya akan sama.
PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna:
- Harga dapat ditentukan oleh penjual
- Tidak adanya campur tangan pemerintah
- Ketidak seimbangan antara penjual dan pembeli
- Tidak mudah masuk dalam pasar (pelaku usaha)
Kelebihan pasar persaingan tidak sempurna:
- Dari Segi Barang, barang yang terdapat dipasar persaingan tidak sempurna memiliki kualitas yang bagus, sehingga tidak mudah mencari penggantinya
- Dari Segi Keuntungan, pelaku monopoli pasar akan sangat mudah meraih keuntungan yang lebih besar
- Sebagai Pendorong Untuk Lebih Kreatif, dengan memliki hak penjual tunggal dan bersifat hak paten yang ada di pasar tidak sempurna ini akan membuat beberapa produk inovatif sebagai penunjang untuk lebih kreatif
- Berdasarkan Perkembangan, dalam sebuah monopoli pasar, pihak yang bersangkutan akan lebih berfikir keras untuk mendapat kedudukan dalam pasar, karena monopoli pasar tidak sempurna ini dapat berkembang dengan cepat.
Kekurangan pasar persaingan tidak sempurna:
- Adanya Sebuah Permainan Harga
- Adanya Diskriminasi Harga
- Tidak Adanya Alternatif Lain
- Terdapat Exploitasi Konsumen
Contoh pasar persaingan tidak sempurna
- Pasar Monopoli, dimana pelaku usaha dapat menentukan harga, karena tidak ada yang menyaingi dan barang yang dihasilkan tidak memiliki barang subtitusi, contohnya: PLN, PDAM, Pertamina dan lain-lain.
- Pasar Oligopoli, sejumlah perusahaan memiliki barang yang ditawarkan bersifat homogen atau sejenis, seperti industri rokok, industri motor, industri air mineral dan lain-lain.
- Pasar monopolistis, sejumlah produsen memiliki jenis barang yang sama, namun berbeda karakteristik, seperti produsen sabun, sampo, pasta gigi dan lain-lain.
PERBEDAAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DAN TIDAK SEMPURNA
- Saat ini pasar persaingan sempurna jarang sekali ditemukan di dunia nyata, namun sebaliknya, pasar tidak sempurna merupakan hal yang sering ditemukan di dunia nyata
- Ada lebih banyak pelaku usaha di pasar persaingan tidak sempurna daripada di pasar persaingan sempurna
- Dalam pasar persaingan sempurna ini, sifat produknya adalah homogen atau sejenis. Namun, dalam pasar persaingan tidak sempurna, produk yang ditawarkan oleh penjual mungkin berbeda atau juga homogen
- Dalam pasar persaingan sempurna, pengunjung dapat dengan mudah masuk dan keluar pasar. Pada saat yang sama, di pasar persaingan tidak sempurna, konsumen sangat banyak, sehingga sulit untuk mereka ingin keluar dan memasuki pasar.
- Dalam hal harga di pasar persaingan sempurna, banyak orang mengatakan bahwa perusahaan tidak mempengaruhi harga produk (price taker). Namun dalam pasar persaingan tidak sempurna, suatu perusahaan dapat mempengaruhi harga suatu produk (price maker).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H